Inilah hitungan mudah Biaya bangun Rumah per Meter

Inilah hitungan mudah Biaya bangun Rumah per Meter

Inilah hitungan mudah Biaya bangun Rumah per Meter

Rumah merupakan tempat bernaung dan pulang yang sangat diperlukan bagi semua manusia. Tanpa adanya rumah manusia akan hidup menjadi gelandangan yang tak memiliki tempat untuk kembali. Pembangunan sebuah rumah memerlukan biyaya yang besar dan waktu yang cukup lama. Kali ini, akan dibahas cara hitung mudah biaya bangun rumah per meternya.

Jika kita sudah paham bagaimana cara menghitung bangunan rumah dengan nilai uang maka saat akan dimulai anda tidak ragu berapa dana yang di siapkan. Tidak sedikit orang menyalahkan para tukan yang terlalu mahal memberikan harga per meter sebuah banggunan tetapi kenyataannya memang terjadi hitungan memberikan data yang benar.

Lihat saja saat anda akan membeli sebuah rumah maka dapat dipastikan harganya selangit. Terlebih lagi jika rumah tersebut berada dikawasan perkotaan. Investasi yang benar adalah membeli tanah lalu membangun sendiri dan dapat mendesain sesuai keingginan. Terakhir belajar berhitung cara berapa biaya membuat bangunan rumah yang benar dan tepat.

Baca juga : Kumpulan Denah rumah minimalis modern 3 Dimensi lengkap dengan detailnya

Ada beberapa hal yang perlu Anda cermati dan lakukan dalam menentukan biaya pembangunan rumah. Berikut ini, beberapa hal yang perlu Anda cermati dan lakukan :

1. Model Rumah

Gaya ataupun model rumah yang Anda inginkan, akan sangat mempengaruhi biaya yang akan dikeluarkan saat dilakukanya pembangunan. Tentukan model rumah yang Anda inginkan, dan perkirakan agar biaya total pembuatan rumah tidak akan melebihi dari modal yang Anda punya. Kemudian cobalah hitung tiap meter dari bangunan dengan model yang anda pilih, apa saja yang di butuhkan dan perkirakan lah biayanya. Cocokan juga model rumah yang akan Anda buat dengan luas tanah yang Anda miliki.

2. Pondasi Rumah 

Menghitung biaya untuk membuat pondasi untuk rumah Anda. Perkirakan berapa ketebalan yang dibutuhkan, gunakan cara hitung per  meternya agar lebih mudah. Misal jika Anda membuat pondasi ruumah dengan panjang 65 meter dan ketebalan 1/2 meter, semisal lagi biaya per meter dari pondasi itu sebanyak 30.000,- rupiah, untuk lengkap dengan biaya tenaga, maka untuk membuat pondasi biaya yang Anda perlukan kira-kira sebanyak 1.950.000,- rupiah, ada baiknya Anda menyiapkan dana lebih, jika ada kekurangan Anda tidak bingung lagi dalam mencari dana tambahan untuk rumah yang Anda buat.

3. Ruangan di dalam Rumah

Ruangan yang ada pada rumah adalah hal ketiga yang perlu Anda hitung. Berapakah ruangan yang ingin Anda buat dalam satu rumah itu, apa saja ruangan yang Anda buat dan berapa meterkah kira-kira tembok yang diperlukan untuk menyekat tiap ruangan yang akan Anda buat. Semakin banyak dinding dalam rumah maka perhitungan harganya semakin mahal. Yang umum dibuat adalah Kamar Utama, Kamar Tamu, Kamar Anak, Ruang Tenggah, Ruang Tamu, Dapur dan WC.

4. Lantai Rumah

Lantai yang akan menjadi pijakan harus Anda perhatikan dengan betul. Bahan atau material yang akan Anda gunakan untuk lantai, berapa ketebalan lantai yang akan Anda buat dan berapa luas lantai yang diinginkan. Setiap lantai dalam rumah yang Anda inginkan pastilah berbeda-beda jenisnya. Rata-rata kan saja harga semua lantai agar sama. Misal, Anda akan membuat lantai dengan rincian :
  • Buah kamar ukuran 3 x 4 meter.
  • Satu ruang tamu dengan ukuran 5 x 6 meter.
  • Ruang keluarga dengan ukuran 5 x 5 meter.
  • Dua buah kamar mandi dengan luas 2 x 3 meter.
  • Dapur dengan luas 4 x 5 meter.
  • Teras rumah dengan ukuran 2 x 6 meter.
  • Dan terakhir ruang beribadah dengan luas 3 x 3 meter.
Jika di hitung semua ruangan beserta teras rumah seluas 144 meter persegi. Jika biaya permeter 40.000 maka biaya totalnya adalah 5.760.000,- rupiah,

5. Atap Rumah

Penghitungan terakhir adalah biaya untuk atap. Pilihlah material yang akan digunakan untuk atap rumah Anda. Hitung semua biaya dengan perkiraan biaya per meter dari atap tersebut. Misal Anda akan membuat atap dengan luas 12 x 20 meter. Jika biaya yang dikeluarkan sebanyak 25.000 tiap meternya maka biaya total pembuatan atap tersebut, ialah sebanyak 6.000.000,- rupiah.

Baca Juga : Kumpulan gambar foto Plafon Minimalis yang Keren dan Unik

Itulah beberapa hal yang perlu Anda hitung per meternya untuk menentukan berapa harga Bagun rumah yang akan Anda buat. Setelah semua biaya dasar itu sudah terbentuk dengan baik dan benar, setelahnya Anda hanya tinggal menentukan biaya untuk perabotan yang akan anda gunakan untuk mengisi rumah Anda.

Silahkan berikan komentar anda jika ada yang belum paham atau bisa juga berbagi pengalaman bagaimana cara menghitung biaya untuk bangun rumah dengan mudah dan cepat. Dengan memahami tentang membuat rumah maka anda bisa menjadi pembisnis perumahan yang saat ini banyak peminatnya. Sebuah situs tentang dunia beton dan turunannya, Teknik Sipil dan Konstruksi, membahas dari Bahan Beton Sampai menjadi Gedung Pencakar Langit boleh berkunjung ke Ilmu Beton.
Buka Komentar