Cara memperbaiki HP OPPO Mati Total dengan mudah dan berhasil

Cara memperbaiki HP OPPO Mati Total dengan mudah dan berhasil

Cara memperbaiki HP OPPO Mati Total dengan mudah dan berhasil

Dewasa ini gadget bermerk Oppo memang sedang naik daun. Selain fitur selfie-nya yang sangat menarik, banyak lagi fitur Oppo yang membuat gadget buatan Cina ini laku keras. Antara lain seperti Screenshoot dengan 3 jari, terdapat mode Quit time(jangan ganggu), fitur timelapse pada kamera depan yang memungkinkan pengguna dapat mengambil foto jarak jauh dan masih banyak lagi.

Tapi apakah kalian tahu perusahaan pendiri Hp Oppo? Buat kalian yang belum tahu, Hp Oppo merupakan Smartphone buatan perusahaan OPPO Electronics Corp. yang memiliki kantor pusat di Dongguan, Guangdong, China. Tak hanya smartphone, Oppo Electronics Corp. juga memproduksi Audio-visual, teater rumah dan Hi-fi.

Dengan segudang keunggulan yang dimiliki hp Oppo, gadget yang satu ini juga memiliki kelemahan seperti baterai yang non removable. Nah masalah yang paling menakutkan bagi pengguna smartphone adalah bagaimana jika gadget yang digunakan mati total?

Baca Juga : Terbaru 10 Smartphone Android China terbaik dan termurah 2018

Sebelum dibawa ke tempat servis bukankah lebih baik jika bisa diperbaiki sendiri? Namun pasti para pengguna bingung bagaimana cara memperbaiki. Berikut adalah beberapa cara memperbaiki hp Oppo yang mati total?

1. Cara pertama yang bisa dicoba adalah Recovery Mode

Recovery Mode ialah fitur yang terdapat pada smartphone Android yang digunakan ketika gadget tiba-tiba tidak dapat masuk homescreen. Jika masih dapat masuk Recovery Mode berarti besar kemungkinan smartphone selamat dari mati total.

Nah untuk smartphone Oppo sendiri, bagaimana cara masuk Recovery Mode?
  • Dalam keadaan smartphone mati, tekan tombol untuk mengecilkan suara(volume down) bersamaan dengan menekan tombol power
  • Tunggulah sampai muncul gambar Android yang terdapat tanda seru 
  • Pilihlah bahas Inggris jika terdapat pilihan untuk memilih bahasa
  • Apabila sudah terlihat maka pengguna sudah masuk pada Recovery Mode 
  • Gunakan tombol volume up/down untuk mengakses menu dan gunakan tombol power untuk konfirmasi pilihan (pilih menu reboot).
  • Apa saja sih fitur yang terdapat pada Recovery Mode? Tak hanya reboot, Recovery Mode juga memiliki fitur lain loh. Berikut fiturnya
  • Wipe Data and Cache ialah untuk menyetel ulang smartphone seperti pertama dibeli. Risikonya ialah data yang ada dan aplikasi yang diinstall hilang. Maka dari itu, sebelum mengembalikan setelan ulang smartphone, sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu.
  • Install from SdCard / Apply Update from SdCard . Fitur ini dapat digunakan pengguna ketika ingin melakukan update dengan ketentuan data update tersedia pada SdCard.

Baca Juga : 10 Handphone Terbaik 2018 yang perlu anda ketahui !!!

2. Cara kedua adalah dengan cara install ulang atau metode flashing. 

Apa saja sih yang harus disiapkan sebelum melakukan flashing alias install ulang? Jelas harus ada yang disiapkan yaitu flashtool beserta dengan drivernya. Para pengguna bisa mendownload untuk mendapatkannya. Lalu bagaimana cara instalasinya?
  • Buka flashtool yang telah di download
  • Pilih scatter loading 
  • Kemudian pilih tempat ROM yang telah didownload tadi (apabila smartphone berada pada Recovery Mode, lakukan turn off. Lepaslah baterai kemudian sambungkan pada PC tanpa menggunakan baterai).
  • Apabila smartphone bergetar maka tekan tombol power bersamaan dengan menekan tombol volume down.
  • Proses flashing dimulai dan tunggulah hingga proses selesai 

3. Cara ketiga berbeda dengan kedua cara diatas. 

Jika kedua cara diatas adalah penanganan secara software(perangkat lunak), berikut ialah penanganan secara hardware(perangkat keras). Penanganan seperti apa yang dilakukan?  Jika anda paham mengenai elektronik walaupun sedikit, cobalah buka casing handphone lalu cek ic powernya.

Jika pengguna mempunyai alat tes voltase, periksa titik tegangan yang seharusnya memiliki tegangan hampir 4 volt. Jika tidak, jelas bahwa ic power bermasalah. Cobalah ganti baterai smartphone. Karena ada kemungkinan bahwa penyebab smartphone mati total dikarenakan baterainya yang rusak.

Baca Juga : 5 Smartphone Kamera terbaik dengan harga murah untuk Selfi

Nah bagaimana guys? Lumayan mudah bukan? Jika setelah melakukan cara diatas smartphone tetap tidak dapat hidup, bawalah ke tempat servis. Jangan lupa pilih Counter yang terpercaya, bilaperlu datang ke Toko Resminya, Selamat mencoba.

Jika anda memiliki pengalaman seputar tentang tips dan cara memperbaiki OPPO yang rusak bisa berbagi di kolom komentar. Buat kalian yang suka binggung mencari situs tentang Sosial Media, Teknologi tang seputar Ponsel bisa melihat di SOCIOTEKNO.
Buka Komentar