5 Cara Meredakan Hidung Tersumbat tapi Tidak Pilek

5 Cara Meredakan Hidung Tersumbat tapi Tidak Pilek

5 Cara Meredakan Hidung Tersumbat tapi Tidak Pilek

Bernafas dengan bebas dan tanpa hambatan membuat hidung kita terasa nyaman dan kita pun dengan mudah melakukan aktivitas sehari - hari. Namun, terkadang muncul beberapa masalah penafasan salah satunya adalah hidung tersumbat. Untuk itu diperlukan cara untuk mengetasi atau setidaknya mengurangi masalah ini.

Hidung tersumbat bukan berarti pilek tetapi penyakit itu adalah awalnya dan cukup menyiksa. Terlebih lagi sakit pilek ini dialami oleh bati atau anak kecil maka akan menyiksa mereka karena sulit bernafas. Hidung tertutup ini biasanya hanya sebelah saja sedangkan yang kanan atau kiri dapat bernafas.

Baca Juga : Tips cepat sembuhkan bayi dari PILEK dengan daun SIRIH

Untuk solusi dari masalah itu semua kita perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk meredakannya. Cara cara ini cukup sederhana dan sering kita lakukan. Tidak menggunakan obat, buah, sayur ataupun bahan bahan alami lainnya. Berikut ini 5 cara meredakan hidung tersumbat tapi tidak pilek.

1. Minum Air Hangat

Air hangat dapat memberikan releks sasi kepada tubuh selain itu juga dapat memberikan rasa lega pada penafasan. Caranya cukup dengan mengkonsumsi atau meminum air hangat setiao oagi atau setiap merasa hidungnya tersumbat. Usahakan air yang digunakan tidak terlalu panas juga tidak terlalu dingin sehingga dapat optimal untuk penyembuhan. Selain itu air hangat juga dapat digunakan sebagai obat dehidrasi.

2. Menghirup Udara dari Air Panas

Pada saat memasak air atau menuangkan air panas ke dalam wadah kita seing melihat ada uap air yang keluar dari air yang dituangkan tadi. Pada saat itu dekatkan wajah disekitar uap dan hirup udara disekitarnya untuk mengatasi hidung tersumbat. Pada saat kita menghirup udara dari air panas usahakan jangan terlalu dekat juga jangan terlalu jauh. Cukup Anda merasa tidak kepanasan dan merasakan udara yang keluar dari dalam air panas saja.

3. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat akan membuat Anda dengan otomatis menghirup udara dari air panas atau air hangat yang digunakan untuk mandi. Ini akan membuat hidung yang tadinya tersumbat menjadi lega dan tidak tersumbat lagi. Gunakan air hangat yang masih memiliki suhu cukup tinggi agar hasilnya efektif namun pastikan aman digunakan untuk mandi.

4. Tidur dengan Dua Bantal

Anda dapat mencoba cara yang satu ini yaitu dengan tidur menggunakan dua bantal atau lebih. Dengan media ini maka hidung akan dengan sendirinya menyesuaikan dan akan mengalami hal yang baik sehingga akan membuat pernafasan menjadi lega.

5. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak ini memiliki kandungan yang memang dikhususkan untuk obat sehingga Anda bisa menyembuhkan penyakit hidung tersumbat tapi tidak pilek Anda dengan cara ini. Perlu diperhatikan pilihlah merek yang memang terbukti menghasilkan hasil yang maksimal.

Baca juga : 10 Tips merawat anak saat sakit dan tidak perlu ke Dokter

Berikut tadi adalah beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat tapi tidak pilek. Gunakan cara diatas sebagai langkah awal untuk mengatasi hidung tersumbat. Jika dirasa memang belum ada perubahan Anda bisa langsung menanyakan pada dokter karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh gejala penyakit medis lain.

Yang perlu di ingat adalah jangan percaya dan langsung mempratikan suatu ilmu pelajari setiap hal yang masuk dalam pikiran Anda. Pastikan bahwa Anda mengetahui sebab dan akibatnya sehingga tidak ada lagi yang membuat Anda asal – asalan dalam melakukan sesuatu. Jangan lupa juga untuk selalu menanyakan pada keluarga Anda maupun teman dekat Anda yang lain. Siapa tau Anda memiliki riwayat penyakit menurun yang berkaitan dengan pernafasan atau penyakit lain yang membuat Anda mengalami hidung tersumbat.

Jangan terburu-buru memutuskan coba dulu langkah-langkah yang telah disajikan pada artikel ini. Karena pada dasarnya cara yang disajikan dalam artikel ini merupakan cara  yang bisa dengan mudah dipratikan tanpa adanya efek samping jika dilakukan dengan hati-hati. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Inggin membaca tips tentang Tutorial, Tips dan Trik, Kesehatan sampai dengan Berita Populer bisa berkunjung ke MASZAIN.com.
Buka Komentar