Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya !! Dampak Negatif dari perkembagan smartphone canggih yang perlu anda ketahui

Tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone sudah mengambil peran penting dalam kehidupan manusia , hampir setiap hal penting mulai tergeser keberadaannya oleh kecanggihan smartphone, bahkan hampir 1x24 jam waktu setiap orang pada masa ini dihabiskan untuk bermain smartphone , mulai dari bermain game ataupun berselancar di dunia maya seperti facebook, twitter , instagram dll.

seperti sebuah pisau , setiap perkembangan memiliki dampak postif maupun dampak negatif  dan dari perkebangan smartphone yang setiap tahunnya semakin canggih-pun memiliki dampak negatif yang bisa dibilang berbahaya, namun sayangnya kebanyakan dari pengguna smartphone kurang mengetahui bahkan cenderung tidak tahu dampak neagtif maupun bahaya dari smartphone yang mereka gunakan.

Oleh karena itu saya pada kesempatan kali  ini akan menyampaikan Bahaya dan dampak negatif dari smartphone yang perlu anda ketahui.

1. Bahaya sinar biru pada smartphone

Sinar biru atau blue light adalah sinar yang dipancarkan dari layar smartphone , sinar biru tidak hanya ditemukan di smartphone namun bisa ditemukan dari gdget lain seperti PC dan Laptop.
Dan tanpa kita sadari Sinar biru atau blue light memiliki dampak negatif yang berbahaya, di antaranya :

A. Degenerasi Makula

American Macular Degeneration Foundation menyebutkan bahwa sinur biru yang terpancar langsung ke mata dalam jarak dekat dan waktu yang berlangsung lama dapat meyebabkan rusaknya retina mata yang disebut degenerasi makula. Degenerasi Makula adalah kerusakan retina mata yang menyebabkan hilangannya penglihatan sentral,yaitu kemampuan melihat benda yang ada di depan mata.

B. Katarak

Secara resmi memang belum ada pernyataan khusus dari badan kesehatan nasional maupun internasional yang menyebutkan bahwa katarak termasuk dampak dari paparan sinar biru smartphone, penelitian yang menyimpulkan bahwa sinar biru smartphone dapat menyebabkan katarak pun belum ada yang konkrit.

Namun survei kebanyakan setelah ada smartphone ataupun gadget canggih lainnya ,penderita katarak modern ini mulai mengalami mata yang tertutup lapisan putih seperti awan sejak umur 35 tahun sedangkan normalnya gejala ini terjadi mulai sejak seseorang berumur 75 tahun. Memang belum ada bukti konkrit namun dari hasil survei tersebut kita harus lebih waspada.

2. Menurunkan produksi melantonin

Melantonin merupakan zat yang dihasilkan otak dan berfungsi untuk membantu siklus tidur.
Zat melantonin mulai diproduksi ketika kita tertidur,dan kebiasaan kita saat bermain smartphone membuat kita mengabaikan rasa kantuk bahkan sampai begadang. Terganggunya siklus tidur tersebut membawa beberapa dampak diantaranya :

A. Gangguan kesehatan

Tidur adalah satu dari sekian banyak hal yang dibutuhkan tubuh,karna tubuh-pun membutuhkan waktu untuk beristirahat, kurangnya tidur menyebabkan menurunnya produksi melantonin yang bila secara terus menerus dapat menjadi penyebab gangguan kesehatan diantaranya masalah memori atau ingatan hingga obesitas bahkan gangguan genetik lainnya.

B. Resiko Kanker yang lebih tinggi

Tidak hanya berfungsi sebagai pembantu tubuh untuk tertidur ,melantonin juga berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat menangkal tumbuhnya penyakit kanker. Menurunnya produksi Melantonin dapat membuat perkembangan kanker menjadi lebih cepat karna kurangnya tubuh dalam menerima antioksidan alami. Meski belum ada hubungan sebab-akibat yang jelas,namun disebutkan bahwa kanker yang paling mungkin tumbuh karna menurunnya Melantonin adalah kanker Payudara dan Prostat.

C. Penyebab Depresi

Berdasarkan penelitian semakin kurangnya produksi melantonin dan semakin kacaunya siklus tidur seseorang dapat menyebabkan munculnya geajala-geajala depresi.

3. Radiasi smartphone yang berbahaya

Seperti yang kita ketahui bahwa semakin canggih smartphone maka semakin banyak pula fitur-fitur dari smartphone tersebut, dan fitur-fitur tersebut membuat smartphone terpacu untuk memperoleh daya seperti sinyal digital yang lebih sinyal radio , maka dari itu makin besar pula radiasi yang dihasilkan. Dan dari banyaknya radiasi yang berbahaya tersebut, saya berhasil merangkum diantaranya :

A. Sakit Kepala

Kebiasan kita meletakkan smartphone disamping atau didekat kepala ketika tertidur menyebabkan anda terkena pusing, mual bahkan vertigo.

B. Menyebabkan Kanker

Selain menurunnya produksi melantonin , radiasi smartphone yang besar dapat memicu perkembangan kanker. Namun untuk hal ini masih belum ada penelitian yang konkrit.

C. Gangguan Ginjal

Kebiasaan lain kita selain meletakan smartphone di dekat kepala ketika tidur adalah meletakkan smartphone terlalu lama dalam saku baju ataupun celana yang dekat daerah sekitar ginjal. Semakin lama dan semakin besar sinyal radiasi negatif yang diterima dapat menagnggu fungsi normal ginjal.

D. Serangan Jantung

Kebiasaan menyimpan smartphone didalam saku dekat dada adalah kebiasaan yang paling banyak dilakukan oleh setiap orang. Namun tahukah anda? sinyal radiasi negatif yang besar dan terus menerus terpancar didaerah sekitar jantung dapat menganggu fungsi normal jantung bahkan sampai terjadi serangan jantung.

E. Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit otak yang menyebabkan menurunnya kemampuan otak untuk mengingat alias pikun.

4. Menumbuhkan kesenjangan sosial

Banyaknya fitur canggih pada smartphone seperti fitur chat,internet dan game membuat orang cenderung terfokus dengan smartphone masing-masing , jika dahulu orang-orang sering bertegur sapa bahkan berbincang dengan orang lain walau tidak saling kenal sembari menikmati perjalanan dalam angkutan umum, maupun saat sedang mengantri untuk suatu hal.

Berbanding terbalik dengan kebiasaan pada sekarang ini dimana setiap orang terfokus dengan smartphone masing-masing sehinngga mengurangi interaksi sosial. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan smartphone yang semakin canggih membawa dampak positif yang besar terhadap kehidupan ,namun tidak dapat kita elakkan bahwa dampak negatif pun cukup banyak.

Dan dengan adanya artikel ini saya berharap anda selaku pembaca setia blog saya dapat untuk lebih waspada dan berhati-hati dalam penggunaan smartphone, karana kita harus bisa menjadi smartuser untuk smartphone yang kita gunakan.

Penulis : www.dirga.id