10 Cara Mengatasi Game PC Lag Dengan Mudah

10 Cara Mengatasi Game PC Lag Dengan Mudah

10 Cara Mengatasi Game PC Lag Dengan Mudah

Bagi kebanyakan orang bermain game hanya  untuk sarana refreshing atau sekedar hiburan saja, tapi tak sedikit juga gamer yang berpenghasilan banyak dari game, mereka ini adalah orang yang biasanya mengikuti kompetisi-kompetisi game e-sport.

Nah bagi kamu gamer yang suka bermain game juga tentunya, pasti frustrasi jika game yang kalian mainkan mengalami lag ataupun stuttering, bisa jadi karena gamenya yang terlalu berat atau pcyang kurang bisa menangani game tersebut dikarenakan spesifikasi yang kurang memadai, kamu bisa mengatasi lag ini dengan mengikuti beberapa cara yang saya rangkum dibawah.

1. Menurunkan Resolusi

Dengan menurukan resolusi ke yang paling rendah pada game yang dimainkan, kamu bisa mendapat lebih banyak fps (frames per second). Mengapa bisa begitu? Karena sistem tidak memerlukan kinerja sistem yang lebih keras saat berada pada resolusi misalnya 800x600 dibandingkan pada resolusi HD ataupun full hd sehingga membuat game lebih playable.Namun, pengalaman bermain game pada resolusi tersebut tidaklah sebagus pada resolusi defaultnya.

2. Menurunkan Settingan Grafis Menjadi Low (Rata Kiri)

Menurunkan semua settingan grafis menjadi low juga salah satu cara paling efektif dalam menangani suatu game yang lag, kamu bisa masuk setting pada game lalu menurunkannya ke settingan yang paling rendah. Seperti halnya texture, shadow, motion blur dan sebagainya. Jika sudah maka fps akan naik dengan “signifikan” pada game yang dimainkan.

3. Ubah Mode Baterai Menjadi Best Performance

Jika sebelumnya power mode bateraipada better performance, maka kamu bisa menaikkan lagi ke mode Best Performance untuk mendapatkan performa windows yang lebih maksimal. Kamu hanya perlu ke kanan bawah lalu klik pada icon battery dan slide atau pilih menjadi Best Performance.

4. Ubah Game Menjadi High Performance Pada Graphic Settings

Menurut saya ini hampir sama dengan settingan Best Performance pada power mode. Namun, ini lebih spesifik pada aplikasi tertentu, kamu hanya perlu mencari Graphics Settings dan browse game apa saja yang akan kamu naikkan menjadi High Performance. (yang saya maksud adalah settingan Graphics Settings yang baru saja dirilis oleh Microsoft pada Windows 10 April Update kemarin)

5. Kurangi Program Latar Belakang Windows

Banyaknya aplikasi atau software yang berjalan di background (latar belakang) windows dapat menyebabkan sistem bekerja lebih lambat. Jadi,  nonaktifkan beberapa aplikasi yang sekiranya tidak kamu pakai dengan menuju ke Task Manager lalu klik pada program yang dipilihkemudian klik End Task. Program seperti antivirus dan browser juga memakan banyak resource hardware.

6. Hapus Aplikasi yang Tidak Berguna

Jika kamu menemukan aplikasi yang tidak penting atau tidak berguna di pc kamu maka hapus saja dikarenakan sistem dan harddisk akan terbebani dengan aplikasi-aplikasi tak penting tersebut. Pertahankan saja aplikasi yang sekiranya sering kamu gunakan.

7. Melakukan Pembersihan Sampah Windows

Sebenarnya cara ini terbilang umum. Tapi, ini juga cukup memengaruhi performa game yang kamu mainkan jika banyaknya sampah windows yang menumpuk pada sistem.Kamu bisa membersihkan Junk Files atau Cache dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner atau bisa juga dengan cara buka RUN lalu ketik $temp$ kemudian satu folder akan terbuka dan hapus file-file yang ada dalam folder tersebut. (Do with your own risk)

8. Scan Virus

Adanya virus yang menetap di pc kamu juga menjadi salah satu penyebab mengapa performa windows mengalami penurunan sehingga berefek pada game juga. Oleh karena itu, dibutuhkan scan berkala agar pc atau laptop kamu terbebas dari yang namanya virus. Saya pikir Windows Defender saja sudah cukup untuk menangani virus. Tapi, itu terserah kamu juga mau pakai yang mana.

9. Dinginkan CPU

Suhu panas pada laptop dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti banyaknya aplikasi atau program yang berjalan, game , dan lain-lain. Agar suhu CPU dan komponen lainnya tetap dingin, kamu perlu menggunakan cooling pad atau heatsink pada pc atau laptop kamu.

10. Upgrade Hardware

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan. Namun, belum juga bisa menangani lag pada game yang kamu mainkan, bisa jadi masalahnya ada pada hardware kamu yang terlalu rendah maka opsi satu-satunya adalah upgrade hardware seperti RAM, Processor, VGA atau Graphic Card dan lain sebagainya.

NOTE : Pastikan juga game yang kamu mainkan memenuhi system requirement game tersebut.

Penutup

Oke jadi itu saja kiat kiat dalam mengatasi game pc yang lag. Semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti terus blog ini agar tidak kelewatan artikel-artikel menarik lainnya. Terimakasih.

Penulis : BAIZURI TECH
Buka Komentar