Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tahapan Awal Menjadi Seorang Blogger

Blogger, menurut Saya sebutan bagi seseorang yang mempunyai dan biasa mengelola sebuah blog di internet. Blog itu sebuah sarana digital bagi seseorang yang ingin atau suka menulis, baik itu tentang tutorial, berita, kesehatan, dan lain sebagainya.


Tahapan Awal Menjadi Seorang Blogger


Saya sendiri mulai bergabung di dunia blogging pada tahun 2016 (2 tahun kebelakang). Pertama kali Saya membuat blog tentang tutorial dan teknologi, karena itu adalah bidang yang Saya sukai. Seperti pada kesempatan kali ini, Saya ingin memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana sih menjadi seorang blogger ? atau tahapan awal menjadi seorang blogger. Just blogger ya, masih proses untuk blogger sukses aamiin.

Buat Sebuah Blog


Tentu kita harus membuat blog untuk menjadi seorang blogger. Ada banyak platform blog gratis yang bisa Anda gunakan seperti Wordpress, Blogger, Tumblr, Weebly, dll. Namun yang paling populer yaitu Wordpress dan Blogger. Anda tinggal pilih saja, semuanya gratis tidak memerlukan biaya untuk pendaftaran.
 

Tentukan Topik Blog


Topik blog atau sering disebut dengan "niche" sangatlah penting kita terapkan. Topik blog akan mempermudah pengunjung untuk mengenali dan mengetahui isi keseluruhan sebuah blog. Misalnya ketika Anda ingin membeli obat - obatan, tentu yang akan Anda kunjungi adalah sebuah Apotek, seperti itu juga dengan blog. Blog yang mempunyai satu topik dan membahas secara mendalam sangatlah bagus dan terlihat lebih professional. Namun suka ada juga yang memiliki blog gado - gado atau membahas banyak topik.

Tidak apa - apa sih, tapi ya lebih baik menurut Saya jangan terlalu banyak topik yang dibahas. Untuk menentukan topik blog Anda bisa mulai dari membaca diri Anda sendiri, dalam artian hal apa yang Anda sukai. Karena ketika kita membuat sebuah blog dengan topik yang kita sukai, maka ketika menulis artikel tidak terlalu bingung bahkan bisa mendapatkan ide baru.

Belajar SEO


SEO (Search Engine Optimization) arti singkatnya adalah sebuah optimasi yang dilakukan terhadap blog yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas sebuah blog di mata mesin pencari, semakin meningkat semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan trafik (visitor). Anda bisa mempelajari ilmu - ilmu seo di internet, banyak sekali asalkan kita bisa mencoba dan terus mencoba. Ilmu seperti cara menanam backlink, cara menulis artikel seo, optimasi on page, optimasi off page, sangat berguna untuk peningkatan blog Anda.

Menulis Artikel


Menulis di blog sangat berbeda dengan cara menulis yang diajarkan oleh guru - guru Anda di sekolah. Di blog kita tidak perlu memperhatikan ejaan bahasa yang benar, pokoknya terserah deh, mau pake bahasa alay atau bahasa alien sekalipun gakpapa. Tapi yang harus diperhatikan adalah seo artikel tersebut. Pengunaan Heading, seperti H1, H2, H3, H4,.., keyword (kata kunci) sangatlah penting dalam sebuah blog. Lagi - lagi semua itu bisa Anda pelajari secara mendetail di internet.

Mencari Referensi


Ketika menjadi seorang blogger sebuah referensi sangatlah dibutuhkan untuk memunculkan ide baru tentang "mau kemana blog kita nantinya". Biasanya Saya mencari referensi di beberapa blog terkenal yang satu topik dengan blog Saya. Sebuah referensi juga bisa memunculkan ide baru ketika kita bingung mencari "apa yang akan kita tulis", biasanya kebingungan ini muncul di tengah - tengah. Nah Saya sendiri biasa mendapatkan referensi di kehidupan nyata, ketika ada permasalahan dan Saya mempunyai ilmu baru, hal tersebut biasanya Saya tulis di blog.

Jalin Hubungan Sesama Blogger


Percayalah sebuah tali silaturahmi atau pertemanan sesama blogger sangatlah berguna, walaupun kita tidak kenal persis orang tersebut. Saya sendiri mempunyai beberapa teman blogger di sosmed, biasanya kita sharing, bahkan suka berbagi template demi kemajuan blog masing - masing. Ada banyak sekali grup sosmed yang membahas mengenai ilmu blogging dan seo.

Jangan Malu Memperkenalkan Blog Anda


Sebuah blog akan maju ketika kita mulai meperkenalkan blog kita ke semua orang. Jangan malu untuk memperkenalkan walaupun blog kita masih biasa saja. Saya sendiri suka share artikel terbaru ke beberapa grup di sosmed untuk memperkenalkan blog Saya. Selain itu, Anda bisa juga membuat sebuah fanspage di facebook sebagai alat untuk share blog Anda.

Penutup


Sebelumnya perkenalkan Saya (Siddiq Rasyid Nufauzan) seorang blogger muda Tasikmalaya yang memulai dari tahun 2016 dan kali ini Saya menulis di Blog SiddiqRN (Adsense, Blogging, SEO, Tekno). Mungkin sekian yang bisa Saya bagikan kali ini dan semoga bermanfaat