Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Hemat Kuota Internet di HP Android Terbaru

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, koneksi internet jelas sudah menjadi kebutuhan semua orang terutama pengguna Smartphone. Hampir setiap hari semua orang mengakses internet entah itu untuk browsing mencari informasi, untuk eksis di sosial media atau hanya sekedar untuk hiburan dengan bermain game online maupun streaming video.


Belum lagi sosial media, ada banyak sosial media yang sekarang ini sangat populer dan hampir semua orang punya seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya. Hal tersebut pun berimbas pada pembelian paketan internet yang semakin tinggi, semua provider atau operator seluler juga sekarang menyediakan berbagai layanan paket kuota internet murah terbaru yang bisa digunakan semua pengguna smartphone untuk berselancar di dunia maya.

Kali ini admin akan membahas salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh banyak orang yakni masalah kuota internet yang cepat habis di hp android. Artikel ini mendapat referensi dari blog KuotaHape.com. Saat ini mayoritas orang memang memakai android sebagai ponsel andalan, banyak orang yang tidak tahu kalau ada beberapa hal yang membuat pemakaian kuota boros. Berikut ini cara mengatasinya.

1. Merubah Fitur Maps Google ke Offline Mode

Semua merk smartphone android dari mulai Asus, Lenovo, Samsung dan lainnya pasti ada aplikasi bawaan Google Maps di dalamnya. Aplikasi ini memang bisa dibilang apk wajib untuk smartphone karena sekarang memang banyak yang butuh aplikasi penunjuk arah untuk bepergian ke suatu tempat. Namun sadarkah anda? Fitur maps yang terus menyala tentu bisa membuat pemakaian kuota internet di hp android menjadi boros? Untuk menonaktifkannya, anda bisa merubah pengaturan maps ke modeoffline dengan cara menyentuh search bar di atas aplikasi maps lalu geser atau scrool ke bawah dan pada pilihan save map to use offline, klik pilihan tersebut untuk membuat fitur maps jadi off.

2. Pilih Browser Android yang Hemat Kuota

Ada banyak aplikasi browser mulai dari Google Chrome, Mozilla, UC Browser maupun Opera Mini, tentu saja masing masing browser punya kelebihan dan kekurangan masing masing salah satunya mengemai pemakaian data saat digunakan untuk berslancar di internet.Maka dari itu pastikan browser yang anda gunakan adalah browser yang hemat kuota, untuk tepatnya apa tentu tergantung, namun kalau menurut admin, opera mini bisa lebih irit kuota dibanding chrome dan mozilla.

3. Matikan Opsi Sinkronisasi di Android

Bagi anda yang seringkali login akun facebook dan berbagai sosial media sudah pasti sinkronisasi akan aktif, ada banyak akun yang tersinkron otomatis pada sebuah smartphone android dan fitur ini jelas membuat pemakaian kuota internet menjadi boros. Untuk mematikanya, andahanya perlu membuka menu pengaturan ponsel, account dan silakan nonaktifkan akun yang jarang dipakai.

4. Batasi Penggunaan Aplikasi yang boros Kuota

Tentu saja ada banyak aplikasi yang terinstall di smartphone anda kan? Sebaiknya sekali kali anda identifikasi aplikasi apa saja yang boros kuota dan apabila terlalu boros, silakan batasi pemakaian aplikasi tersebut. Biasanya apk yang boros kuota adalah aplikasi yang selalu tersambung ke internet seperti Instagram misalnya, dan masih banyak lagi aplikasi yang menyedot kuota terlalu besar.

Itulah informasi mengenai beberapa tips cara hemat paket kuota internet di hp android, semoga dengan adanya tips diatas bisa membantu anda untuk lebih hemat kuota karena bagaimanapun sekarang harga kuota memang cukup mahal.