10 Tips Mudik Lebaran Aman yang Harus Anda Coba

10 Tips Mudik Lebaran Aman yang Harus Anda Coba

10 Tips Mudik Lebaran Aman yang Harus Anda Coba

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Hal ini karena di dalam bulan Ramadhan terdapat banyak sekali ibadah yang apabila dikerjakan akan mendapatkan banyak sekali pahala. Selain beribadah, di bulan Ramadhan juga ada tradisi unik dan menyenangkan yang telah turun temurun dilakukan oleh masyarakat Indonesia.

Tradisi tersebut adalah tradisi mudik lebaran. Namun sebelum anda pergi mudik, tidak ada salahnya jika anda mempersiapkan segala sesuatunya agar tidak terjadi kendala yang dapat menghambat perjalanan anda.

Nah pada postingan kali ini saya akan membagikan Tips Mudik Lebaran yang pastinya dapat bermanfaat untuk anda semuanya. Yuk disimak ya 10 tips mudik lebaran berikut ini.

1. Catat Daftar Barang Bawaan

Sebelum berangkat mudik, hal pertama yang harus anda persiapkan adalah mencatat semua daftar barang bawaan yang hendak dibawa. Hal ini dilakukan untuk mencegah tertinggalnya barang bawaan penting yang nantinya bisa membuat mudik lebaran anda jadi tidak maksimal.

2. Cek Kendaraan Anda

Hal kedua yang wajib dilakukan adalah mengecek kondisi kendaraan anda. Pastikan anda telah menservis kendaraan anda sebelum berangkat mudik. Ini dilakukan agar perjalanan anda tidak terganggu karena masalah teknis pada kendaraan. Jangan sampai nanti anda mengalami kendala karena lalai dalam mengecek kondisi kendaraan.

3. Persiapkan Peralatan Kendaraan

Setelah mengecek kondisi kendaraan, anda juga harus mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki mesin kendaraan anda. Jika misalnya nanti di perjalanan anda mengalami ban bocor maka masalah tersebut bisa anda atasi dengan cepat dan tidak perlu capek-capek mencari bengkel terdekat.

4. Persiapkan Sparepart Cadangan

Setelah alat-alat kendaraan telah anda siapkan. Anda juga tidak boleh melewatkan untuk membawa sparepart cadangan yang dibutuhkan oleh kendaraan saat di perjalanan. Sparepart cadangan yang anda bawa nantinya akan sangat berguna jika mengalami masalah.

5. Bawa Kotak P3K

Saat perjalanan mudik pastinya anda akan mengalami yang namanya beberapa masalah kesehatan seperti masuk angin, badan pegal-pegal, dan juga pusing. Di sinilah pentingnya anda membawa kotak P3K yang berisikan perlengkapan obat seperti minyak angin, obat sakit kepala, dan juga lainnya sebagai pertolongan pertama yang dapat membantu anda saat di perjalanan.

6. Bawa Barang-Barang Hiburan

Untuk anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, macet tentu merupakan masalah yang pasti anda hadapi di perjalanan. Hal ini karena volume kendaraan saat mudik lebaran sangat tinggi dan dapat menyebabkan macet hingga berkilo-kilo meter. Maka dari itu untuk mengatasi kebosanan, ada baiknya anda membawa barang-barang yang dapat menghibur anda saat di perjalanan seperti MP3, buku, ipad, dan lainnya.

7. Bawa Peta Khusus Mudik

Agar anda tidak tersesat dan tetap berada di jalur mudik yang seharusnya. Bagusnya anda juga membawa peta yang memang dibuat khusus untuk para pemudik. Di peta tersebut anda akan mendapatkan banyak informasi tentang jalur mudik, posko lebaran, pom bensin, dan lainnya.
Namun jika anda tidak memiliki peta tersebut, minimal gunakan Google Maps agar anda tetap mengetahui jalur mudik yang benar.

8. Cari Informasi Posko-Posko Gratis

Hal penting dan dapat berguna untuk anda saat mudik lebaran adalah informasi mengenai posko-posko gratis yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik. Posko-posko inilah yang nantinya dapat membantu anda saat sedang mengalami masalah.

9. Baterai Cadangan dan Pulsa

Saat mudik lebaran komunikasi dengan keluarga di kampung halaman merupakan hal yang wajib dilakukan. Oleh karena itu anda juga harus mempersiapkan baterai cadangan dan juga stok pulsa yang banyak agar komunikasi anda dengan keluarga tidak terganggu.

10. Jaga Kondisi Tubuh

Sebelum berangkat mudik, anda juga harus mempersiapkan kondisi tubuh anda agar tetap fit dan sehat. Jika kondisi tubuh bugar maka anda akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, saat perjalanan nanti tenaga anda juga akan terkuras. Maka ada baiknya jika anda juga menyempatkan diri beristirahat di tempat-tempat peristirahatan yang telah disediakan di jalur mudik.
Demikian 10 Tips Mudik Lebaran yang harus anda coba. Semoga tips-tips di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk anda yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran. Selamat mudik! ?

Penulis : Jadwal Kapal Pelni
Buka Komentar