Cara menentukan target Negara pengunjung Blog yang tepat dengan Meta Tag

Cara menentukan target Negara pengunjung Blog yang tepat dengan Meta Tag

Cara menentukan target Negara pengunjung Blog yang tepat dengan Meta Tag

Mendatangkan Pengunjung atau Visitor Blog/Web dengan tujuan satu negara lebih baik jika blog tersebut menggunakan Bahasa Indonesia. Sebaliknya jika sobat membuat sebuah situs menggunakan Bahasa Inggris maka target bisa ke beberapa negara karena Bahasa Inggris merupakan bahasa komunikasi untuk seluruh dunia. Lalu apa untungnya menentukan sebuah target negara bagi performa blog !!!

Blog mastimon.com sebenarnya belum saya setting target sasaran negara karena masih menggunakan settingan awal. Berawal dari komentar salah satu sahabat di Facebook yang menanyakan target sasaran pengunjung sebuah blog apakah bisa menargetkan ke beberapa negara. Secara logika saya menargetkan ke salah satu negara itu lebih bagus sama seperti saat anda membuat artikel dengan sedikit persaingan.

Informasi yang kita sampaikan apakah bisa dicerna oleh bahasa lain saat dilakukan translate. Selain itu apakah blog anda ada tombol atau widget traslate bahasa. Setau saya saat pengunjung pusing dengan tulisan yang kita buat maka dengan cepat pengunjung tersebut akan menutup artikel tersebut. Hasilnya performa blog anda akan menurun karena waktu tayang artikel terlalu singkat.

Ada 2 cara menentukan Target Negara Pengunjung sebuah blog yaitu dengan pengaturan di webmaster tools dan menggunakan Meta Tag yang kita simpan di Edit HTML Blogger. Jika anda menargetkan ke satu negara  silahkan menggunakan cara 1 saja tetapi jika anda inggin menargetkan ke banyak negara silahkan menggunakan cara ke 2. Berikut ini adalah tutorial lengkapnya.

Cara Pertama

Cara menentukan Target Negara pengunjung Blog yang tepat melalui Pengaturan Google Webmaster Tools :
  1. Silahkan anda masuk ke Webmaster Tools.
  2. Pilih blog yang akan anda rubah pengaturan target pengunjung negaranya.
  3. Pilih Lalu Lintas Penelusuran >> Penargetan Internasional >> Pilih Negara >> Conteng Pengguna Tujuan >> Klik Pilihan Negara >> Simpan
  4. Selesai.
Baca juga : Cara daftarkan BLOG/WEB ke Google Webmaster Tools dengan mudah

Cara Kedua

Cara menentukan Target Negara pengunjung Blog yang tepat melalui Pengaturan Meta Tag :
  1. Silakhan masuk ke akun Blogger anda.
  2. Pada daskboard blogger silahkan pilih Tema >> Edit HTML
  3. Silahkan pencet Ctrl + F untuk mencari kode <head> dan silahkan copy paste Meta Tag di bawah ini tepat dibawah kode <head> sejajar dengan Meta Tag yang sudah ada. Ganti Ganti ID dan Geo Position dengan negara tujuan atau target lalu klik Simpan Tema.
<meta content='US' name='geo.region'/>
<meta content='37.09024;-95.712891' name='geo.position'/>
<meta content='GB' name='geo.region'/>
<meta content='55.378051;-3.435973' name='geo.position'/>
<meta content='DE' name='geo.region'/>
<meta content=’51.165691; 10.451526' name='geo.position'/>
<meta content='CA' name='geo.region'/>
<meta content='56.130366;-106.346771' name='geo.position'/>
<meta content='FR' name='geo.region'/>
<meta content='46.227638;2.213749' name='geo.position'/>

Itulah Cara menentukan Target Negara pengunjung Blog yang tepat menggunakan pengaturan Webmaster Tools dan menggunakan Meta Tag. Saran mastimon.com jika blog anda menggunakan bahasa indonesia silahkan menggunakan Target Negara Indonesia saja tetapi jika situs anda adalah informasi dunia menggunakan Bahasa Inggris maka gunakan Meta Tag dengan beberapa negara tujuan.
Buka Komentar