Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips mempertahankan artikel Blog berada di Page One Google

Membuat sebuah artikel di Blog dan menargetkan berada di halaman pertama google adalah target utama seorang penulis. Lalu apa yang terjadi setelah sudah nangkring di Page One Google tetapi tiba tiba di geser oleh situs lain. Kejadian ini sering di alami saat memasuki awal tahun, awal bulan ataupun memang ada artikel baru yang lebih dipercaya oleh google. Mempertahankan artikel tetap berada di Page One google adalah wajib anda lakukan supaya dapat bertahan.

Persaingan di halaman utama google sama seperti persaingan orang berdagang. Semakin kita menyajikan konten yang berkualitas dan mudah di pahami maka akan semakin banyak pengunjungnya. Sama seperti saat anda jualan alat komputer jika pelayanan dan jenis komputer yang anda sajikan banyak dan berkualitas maka akan banyak pembeli yang datang. Persaingan seperti ini kita harus bisa mempertahankan dan harus diperbaiki jika ada kesalahan.

Lalu faktor apa saja yang menyebabkan artikel blog anda yang sudah berada di halaman pertama google tiba tiba hilang di telan bumi. Masih untung hanya di geser di urutan kedua tapi jika pindah di halaman 2 sudah pasti tidak ada yang lihat. Pengalaman ini saya alami saat membuat satu artikel tertentu dan sudah nangring manis di page one dan urutan pertama google tetapi tiba tiba saja pindah di halaman berikutnya. Kejadian ini hanya di kalahkan oleh satu situs saja yang membuat beberapa artikel dengan isi yang sama.

Faktor penyebab artikel Blog tergeser dari Page One Google :
  1. Kata dalam artikel terlalu sedikit (Lebih baik minimla 500 kata)
  2. Tidak ada gambar dan vidio pendukung (Gunakan gambar dan vidio milik sendiri lebih baik)
  3. Backlink blog sedikit (Berikan informasi yang bermanfaat supaya situs lain menulis ulang artikel anda dan memberikan backlink secara gratis).
  4. Blog sepi pengunjung (sedikit pageview). Silahkan tingkatkan membuat artikel original karena lebih baik visitor dari Google daripada dari media sosial.
  5. Tanggal dan tahun tidak di update. Artikel anda akan kalah jika visitor mencari artikel dengan kata kunci menuliskan bulan dan tahun.
  6. Usia blog masih muda. Harap sabar dan teruslah menulis, semakin tua usia blog anda maka kekuatan pondasi akan semakin kuat.
  7. Artikel di Copas atau di AGC. Untuk mengatasi ini silahkan atur Feed Situs dengan pengaturan Singkat dengan cara masuk ke Daskboard Blogger >> Setelan >> Lainnya >> Feed Situs >> Pilih Singkat.
  8. Silahkan tambahkan sendiri
Baca juga : Cara mendongkrak artikel lama naik ke halaman pertama google

Banyak faktor penyebab artikel blog anda di geser oleh artikel blog orang lain. Terlebih lagi jika isi dalam artikel anda bukan hasil tulisan sendiri. Merebut posisi pertama google itu sulit tetapi mempertahankan itu terbilang lebih sulit. Semakin hari akan semakin banyak situs yang akan ikut bersaing untuk menjatuhkan artikel anda. Ada saja dari sekian banyak orang yang jail dan merusak performa blog anda dengan melakukan tindakan tidak baik. Salah satu contoh melakukan copas, berkomentar tidak pantas dan menggunakan situs tertentu untuk menjatuhkan.

Jangan kuatir karna mastimon.com ada solusinya. Jangan remehkan artikel lama anda jika dulu tidak tampil di halaman pertama google. Seiring waktu jika artikel anda adalah murni dari ketikan jari anda sendiri maka ada saatnya artikel blog anda bisa mengeser posisi milik orang lain. Hal ini saya alami setelah satu tahun artikel saya tidak kunjung tampil di page one google tetapi setelah hampir satu tahun tiba tiba artikel tersebut muncul ke permukaan dan yang lebih keren lagi mendatangkan ribuan visitor.

Berikut ini tips mempertahankan artikel Blog agar tetap di halaman pertama Google :
  1. Rubah judul artikel anda jika menggunakan tahun dan bulan.
  2. Update isi artikel dengan cara menambahkan tulisan baru di bawahnya.
  3. Tambahkan gambar dan vidio youtube milik sendiri terbaru bila diperlukan.
  4. Perbaiki internal link yang mati dan jangan terlalu banyak memberikan Link keluar, terlebih lagi ke situs yang kurang baik.
  5. Tambahkan link artikel tersebut di dalam isi artikel lainnya untuk mendongkrak pageview.
  6. Setting singkat di pengaturan Feed Situs supaya tidak bisa di AGC.
  7. Memberikan sedikit kata kata memancing pengunjung untuk berkomentar pada artikel blog tersebut.
  8. Link artikel blog jangan anda sebarkan ke media sosial dengan cara yang tidak wajar. Bagikan seperlunya saja.
  9. Terus update artikel blog supaya performa blog anda tetap sehat.
  10. Terus berdoa dan berserah kepada Tuhan yang Maha Esa.
  11. Silahkan anda tambahkan sendiri !!!
Baca juga : Tips SEO Terbaru 2018 supaya artikel Page One Google

10 tips mempertahankan artikel blog agar tetap di Page One Google di atas adalah hasil pengalaman saya pribadi. Penggunaan bahasanya mudah dimengerti dan di pahami oleh seorang pemula seperti saya. Untuk para suhu dan master minggir dulu dan jika bisa berikan saran di kolom komentar. Selain 10 trik di atas sebenarnya masih banyak lagi seperti Optimalkan track record, menggunakan teknik Skyscraper, Mengoptimalkan kata kunci, Mengunakan Template AMP, Berkomentar di situs kompetitor demi inbound link dan mempercepat loading blog.

Banyak sekali ya yang harus dilakukan supaya artikel blog tetap bertahan di halaman pertama (Page One) google. Saya hanya sebatas manusia biasa yang hanya bisa berusaha dan berserah. Hasil tidak akan menghianati jika kita punya kemauan. Menyerah adalah salah satu sifat yang harus kita singkirkan. Terus berjuang dalam pertarungan berada di beranda Google. Jangan merusak atau menghancurkan blog pesaing anda karna hukum karma akan berlaku.

Teruslah berkarya dan menulis, jangan hiraukan suara di sekitar anda yang mengangu. Perbaiki setiap kesalahan yang anda lakukan baik secara langsung terhadap penulisan artikel ataupun hubungan anda dengan teman teman di internet. Semakin anda baik dengan orang maka akan banyak blog yang akan menulis tentang anda. Secara otomatis backlink blog akan semakin banyak dengan sendirinya. Tetap semangat, teruslah berjuang dan semoga artikel anda selalu berada di Page One Google.