Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara buat iklan Adsense melayang di Kiri dan Kanan Blog yang Aman

Kode HTML untuk membuat Banner atau iklan melayang di samping kanan dan kiri Blog / Web. Mungkin jika kita membuat sebuah gambar yang di atur dengan ukuran tertentu untuk di tampilkan diam di samping kiri dan kanan blog walaupun artikel di scroll ke bawah cukup mudah dan aman. Tetapi bagaiman jika kita akan menampilkan iklan Adsense, apakah aman dan tidak kena Peringatan Pelanggaran.

Awalnya saya jalan jalan di salah satu blog ternama blogooblok.com, dimana situs tersebut banyak menyediakan tentang tutorial blogging mulai editing Template Blogger, Adsense dan tips internet lainnya. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Cara Memasang Sticky Ads Untuk Adsense di Kanan Kiri Blog.

Biasanya sebuah situs membuat tutorial tetapi belum tentu mempraktekkan informasi yang dibagikan. Nah di blogooblok menerapkan apa yang di jelaskan di sana tentang cara memasang iklan adsense di samping kiri dan kanan tetapi tidak membagikan script atau kode HTML untuk memasang iklan tersebut. Alasannya adalah karena bersifat rahasia dan hubungan kerjasama saya dengan Geniee.

Saya coba melihat FAQ kebijakan AdSense khususnya bagian 2 tentang Penerapan Iklan. Lihat saja pada pertanyaan ke 3.
  • Pertanyaan : Terkadang saya melihat iklan yang tetap berada di sisi kiri atau kanan saat scrolling ke bawah. Apakah hal itu termasuk pelanggaran kebijakan? 
  • Jawab : Iklan ini disebut sebagai "iklan melekat" dan pemasangannya terbatas bagi penayang yang telah disetujui. Kami akan mengambil tindakan jika menemukan penggunaan iklan semacam ini yang tidak disetujui.
Baca juga : Cara pasang Iklan PAGE LEVEL ADS Adsense yang tampil didepan dan dibawah versi Mobile

Sudah jelas bukan bahwa pemasangan iklan adsense di samping kanan dan kiri blog itu tidak melanggar tetapi dibutuhkan persetujuan dari pihak Google Adsense. Mencoba mengikuti tutorial yang dibuat oleh blog seciko.id dengan menekan CTRL + U pada halaman blogooblok.com dan hasilnya terdapat script yang bisa anda gunakan (sama persis dan terbukti tampil disamping).

Cara pasang Iklan Adsense di kiri dan kanan Blog

Langkah 1 : Masuk ke Tema >> Edit HTML >> Lalu tekan CTRL+F dan ketiikan kode "</body>".
Langkah 2 : Jika sudah dapat kodenya maka selanjutnya Kode dibawah ini letakkan di atas kode </body>

<script type='text/javascript'>
    window.setTimeout(function() {
        document.body.className = document.body.className.replace(&#39;loading&#39;, &#39;&#39;);
      }, 10);
  </script>
<script src='http://js.mtburn.com/advs-instream.js'/>
<script type='text/javascript'>MTBADVS.InStream.Default.run({&quot;immediately&quot;:true})</script>
<style type='text/css'>
            .geniee-sticky-ad
            {
                display:none;
                position:fixed;
                top: 0;
            }
            .geniee-sticky-ad.ad-left {
                left:0;
            }
            .geniee-sticky-ad.ad-right {
                right:0;
            }
            @media only screen and (min-device-width : 1280px) { /* minimum width to show stickey ad */
                .geniee-sticky-ad {
                    display:block;
                    top: 0px; /* offset from top */
                }
            }
        </style>
<div class='geniee-sticky-ad ad-left'>
Script Iklan Kiri disini
        </div>
<div class='geniee-sticky-ad ad-right'>
Script Iklan Kanan disini
  </div>

Langkah 5 : Simpan Tema (Save Template) tetapi jangan lupa ganti Script Iklan Kiri dan kanan disini ganti dengan iklan Adsense ukuran Widh 120 dan High 600.

Bagaimana cukup mudah bukan cara memasang iklan adsense berada di samping kiri dan kanan blog. Tetapi untuk keamanannya ditanggung masing masing ya, karena sudah jelas yang di utarakan kebijakan Google Adsense bahwa iklan tersebut terbatas dan dibutuhkan persetujuan. Jika anda tetap nekat seperti saya, silahkan coba saja karena blog mastimon.com juga mencoba kira kira ada email peringatan atau tidak.

Keuntungan memasang iklan tersebut cukup banyak karena jika pengunjung menggunakan Desktop dapat melihat posisi iklan secara terus menerus dan dimungkinkan besar akan mendapatkan respon. Sedangkan untuk versi mobile iklan ini tidak mengangu karena tidak tampil saat dibuka. Bagaimana apakah anda berani mencoba, jika ya atau tidak berikan alasan di kolom komentar, terimakasih.