Cek kecepatan Loading Blog dan Cara memperbaikinya hingga 99%

Cek kecepatan Loading Blog dan Cara memperbaikinya hingga 99%

Cek kecepatan Loading Blog dan Cara memperbaikinya hingga 99%

Ada 3 situs untuk cek kecepatan Loading Blog yang bisa anda coba. Setiap situs memiliki penilaian sendiri dan skor yang diberikan berbeda beda. Sebagian orang mengabaikan tingkat kecepatan loading blognya karena melihat beberapa situs besar seperti Facebook dan Yahoo memiliki Skor tidak sampai 100% kecuali Google.

Buat anda yang baru terjun di dunia blogging pasti binggung untuk memperbaikinnya. Jangan kuatir karena pada artikel ini sedikit akan saya berikan tips untuk memperbaiki Loading Blog yang lambat atau masuk dalam zona Medium (Kuning). Sebenarnya tidak harus mencapai 100% Loading blog anda, cukup berwarna hijau (di atas 80%) itu sudah baik.

Cek kecepatan Loading Blog

Berikut ini adalah 3 situs untuk cek Kecepan Loading Blog anda, silahkan masukkan alamat situs anda di kolom yang disediakan. Lihat hasilnya jika keceparan loading blog anda di atas 80% itu sudah baik tetapi jika dibawah itu dan berwarna kuning bahkan berwarna merah maka cobalah untuk memperbaikinya supaya pengunjung blog merasa nyaman.
PageSpeed Insights
GTmetrix
Pingdom

Cara memperbaiki Loading Blog

Untuk mendapatkan Loading Blog yang super cepat maka cara cara dibawah ini adalah cara sederhana yang bisa dilakukan oleh Pemula Blogger. Saya tidak akan berbisacara tentang Kode HTML karena untuk pemula Blogger pasti pusing cara menerapkannya. Ini adalah cara dasar saya meneruskan dari template yang sudah saya gunakan supaya kecepatan loadingnya menjadi maksimal.

Pemilihan Template blog adalah langkah awal yang harus anda perhatikan. Bukan hanya tampilan blog yang enak dilihat baik versi Desktop maupun Mobile tetapi kecepatan Loding Blog juga harus anda perhatikan. Gunakan Template Premium dan jangan pernah anda ganti Template Pilihan anda yang sudah ditetapkan mulai awal karena jika itu dilakukan akan mempengaruhi visitor yang datang.

Pilihlah template dengan kecepatan di atas 80%, bila perlu pilih yang mencapai 90%. Seperti template yang mastimon.com gunakan adalah menggunakan Template Premium dari KompiAjaib.Com dengan nama Kompi Flexible. Sepengetahuan saya Template milik bang Adhy Suryadi ini memiliki Page Speed di atas 90% bahkan mencapai 99%.

Jika anda sudah mendapatkan template yang super cepat maka sekarang tinggal memaksimalkan template tersebut dengan menggunakan Widget dan Gambar seperlunya. Gunakan Widget Recent Post, Popular Post dan Label saja. Untuk iklan adsense gunakan jangan lebih dari 4 iklan adsense supaya loading blog semakin ringan dan CPC Adsense anda bisa maksimal.

Gunakan gambar dengan Format PNG dan jangan lebih dari 30 kb. Saat upload di blogger silahkan pilih ukuran gambar Medium atau Large. Apabila ukuran gambar masih besar silahkan kompress menggunakan aplikasi Photo Shop atau menggunakan situs Online seperti IloveIMG.com dan Compressor.io.

Terus lakukan percobaan perbaikan template anda untuk mendapatkan Loading yang maksimal. Jangan gunakan banyak widget Komentar seperti menampilkan semua Widget Disqus, Facebook dan Blogger sekaligus bersamaan. Gunakan Widget Komentar bawaan Blooger saja lebih baik atau jika inggin dilihat lebih Profesional gunakan Widget Komentar Disqus.

Widget yang tidak perlu juga bisa anda hapus seperti Histats karena untuk mengetahui statistik Blog bisa menggunakan Google Analitic. Dan yang paling terakhir adalah jangan banyak gunakan gambar atau banner, cukup daftar Artikel Terbaru blog anda, Artikel Popular dan iklan Adsense agar semua yang anda tampilkan di blog tidak menjadi sia sia.

Jika sudah dilakukan TIPS di atas tetapi masih saja kecepatan loading blog anda berwarna kuning maka sobat bisa menggunakan jasa Mas Jarwo (kodejarwo.com). Loading blognya mencapai 100% dan dia menerima jasa Pemercepat Loading Blog Non AMP. Selamat mencoba dan semoga blog sobat berhasil mencapai kecepatan yang di ingginkan.
Buka Komentar