Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Penyebeb Wajah menjadi Kering

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tropis, keringnya kulit wajah seringkali menjadi salah satu masalah yang menyebalkan. Beberapa dari Anda khususnya kawula muda tentu merasa bahwa problematika remaja yang satu ini menjadi penekan rasa percaya diri. Pasalnya, kulit wajah kering akan ditandai dengan ciri pori-pori kulit yang mengecil, munculnya kerutan dan retakan pada wajah.

Baca Juga : 5 Tips supaya tidak Jerawatan dengan cara Mudah dan Praktis

Timbulnya rasa gatal, terlihat pengelupasan pada kulit, munculnya warna kemerahan pada kulit wajah, serta adanya rasa ketat pada kulit wajah sehabis mandi, berenang, atau mencuci muka. Sebagai tambahan, mereka yang menderita kulit kering kerap terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, lho! Menyebalkan, bukan? Lalu, apa sih penyebab wajah jadi kering? Dan apa saja yang harus Anda wapadai agar terhindar dari kondisi ini?


Berikut ini penjelasan lengkap penyebab wajah menadi kering :

Apa penyebab utamanya?

Sejatinya, penyebab utama dari kulit wajah yang kering adalah hilangnya kelembapan pada bagian kulit tersebut. Normalnya, kulit wajah Anda harus menyimpan sekitar 20 – 30% jumlah air untuk tetap lembap. Dalam kondisi ini, wajah Anda akan tetap kencang, bersih, dan muda. Namun, saat kelembapan pada wajah berkurang drastis, secara terus menerus, masalah kulit kering akan datang.

Lalu, apa saja yang menyebabkan kelembapan kulit berkurang?

Jawabannya: Bermacam-macam hal. Penyebab yang paling umum adalah kondisi lingkungan yang terlalu panas. Tak hanya itu, faktor genetis dan umur turut pula menjadi salah satu pemicu kulit menjadi kering. Mau tahu pemicu lainnya? Simak daftar berikut ini :

1. Berendam air hangat

Terdengar aneh? Nyatanya, berendam di dalam air hangat terlalu lama dapat menjadi salah satu penyebab wajah jadi kering. Tak hanya itu, berendam terlalu lama di sungai atau kolam air dingin juga dapat membuat kulit Anda kering. Jadi buat kalian yang inggin berendam air hangat jangan terlalu lama supaya perubahan pada kulit tidak terjadi.

2. Panas

Tahukah Anda bahwa terpapar panas secara terus-menerus merupakan penyebab paling umum keringnya kulit wajah? Terutama jika Anda sering berada terlalu dekat dengan sumber panas, seperti tungku pembakaran dan api unggun, yang mampu mengurangi kelembapan kulit wajah dan membuatnya kering.

3. Mandi air panas

Banyak dari Anda yang tidak tahu bahwa mandi dengan air panas apalagi jika dalam jangka waktu yang lama dapat menjadi penyebab wajah jadi kering. Karenanya, di pagi hari Anda lebih disarankan untuk mandi dengan air dingin yang menyegarkan. Berbeda jika saat anda kurang enak badan (Sakit) maka bisa menggunakan air panas supaya suhu tubuh tetap stabil.

4. Berenang terlalu sering

Sama dengan mandi air panas, berenang terlalu lama dan terlalu sering terutama di kolam renang umum yang mengandung klorin dapat membuat kulit Anda cepat kering. Nah jika anda berada di Pantai untuk berenang maka jangan terlalu lama juga supaya Kulit tetap sehat. Baca juga : 7 Cara Efektif Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

5. Sabun yang bersifat kasar

Biasanya, jenis sabun ini disarankan bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, guna mengurangi kadar sebum di wajah. Hati-hati! jika digunakan terlalu sering dalam sehari, sabun jenis ini justru dapat menjadi penyebab  wajah jadi kering, lho! Gunakan sabun yang sesuai dengan kulit anda dan jangan dipaksakan menggunakannya jika tidak cocok.

Perlu Anda ingat, selain kelima faktor umum di atas, kulit wajah yang kering biasanya juga dialami oleh penderita dermatitis atopik, alias eksema. Tak hanya itu, risiko Anda dalam menderita kulit wajah yang kering juga akan meningkat di umur 40 tahun ke atas, atau jika Anda tinggal di lingkungan beriklim kering, dingin, panas, dengan tingkat kelembapan yang rendah.

Baca Juga : Cara membersihkan KOMEDO dengan bahan Alami dan terbukti Ampuh

Itulah beberapa Penyebab Wajah menjadi Kering dan sedikit Tips menghindarinya. Jika anda inggin mengetahui lebih banyak tentang Kesehatan dan Perawatan Wajah bisa berkunjung ke situs Sehat Indah (esonsehat.info). Ada banyak Tips Kesehatan yang bisa anda dapatkan dan ada berbagai macam Produk Kecantikan yang bisa anda coba.