Cara Promosi Jualan ONLINE yang terbukti Ampuh banyak Pembeli

Cara Promosi Jualan ONLINE yang terbukti Ampuh banyak Pembeli

Cara Promosi Jualan ONLINE yang terbukti Ampuh banyak Pembeli

Bisnis di dunia online saat ini sudah menjadi trending dan banyak disukai oleh konsumen. Bisa anda bayangkan bagaimana enaknya seorang konsumen tinggal memesan sesuatu Barang hanya melalui Ponsel Android. Berlomba lomba untuk menjadi pembisnis sukses di internet saat ini banyak dilakukan terutama melalui media sosial Facebook. Lalu bagaimana seorang pengusaha yang menjual barang dagangannya melalui media internet supaya memancing pembeli untuk bereaksi.

Menurut saya bahwa melakukan jualan melalui media online lebih cepat menarik perhatian konsumen dibandingkan dengan membuka toko dipinggir jalan. Membuka Toko di dunia nyata memerlukan tempat untuk disewa dan itupun biayanya tidak sedikit. Membutuhkan waktu untuk membuat konsumen dapat tertarik mampir, terlebih lagi toko tersebut baru dibuka. Berbeda dengan melakukan jualan Online. Tidak perlu biaya tempat, hanya menggunakan pulsa kuota sudah bisa menarik perhatian konsumen.

Jika membuka sebuah toko di dunia nyata sudah pasti waktu kita terkuras habis untuk menjaga barang dagangan. Sedangkan memiliki bisnis di internet kita dapat mengontrolnya hanya melalui Handphone, Tablet ataupun Laptop. Semua aktifitas bisa kita lakukan secara bersamaan seperi ibu rumah tangga bisa sambil mengasuh anak ataupun memasak makanan untuk keluarga. Lalu bagaiman cara melakukan Promosi Jualan Online supaya menarik perhatian Pembeli ?

Langkah pertama yang perlu anda perhatikan untuk pertama kali adalah memilih Produk yang tidak banyak dijual di minimarket ataupun toko-toko. Salah satu contoh anda bisa menjual Zernii Filter Air (Saringan untuk Kran Bak Mandi). Itu adalah produk jualan online saya yang jarang sekali penjualnya. Pengambilan produknyapun langsung dari Jakarta secara partai sehingga jika dijual secara eceran masih bisa kita jual dengan harga murah.

Jika sudah memiliki Produk yang akan kita jual secara Online maka langkah selanjutnya adalah menetapkan Harganya. Buat harganya lebih murah dari Jualan Online milik penjual di kota anda. Untuk permulaan mencobalah target di Kota anda terlebih dahulu karna jika jangkauan di luar kota maka harganya akan lebih mahal. Konsumenpun akan lebih memilih membeli langsung dari Penjual yang berada di Jakarta. Berikut adalah tahapan dalam melakukan Promosi Produk Jualanan Online anda agar banyak pembeli.

1. Promosi Melalui Akun Facebook Pribadi

Untuk menarik perhatian konsumen maka dibutuhkan kepercayaan secara khusus. Melakukan Promosi di akun Facebook sendiri adalah langkah awal yang baik karena akan ada interaksi anda dengan teman Facebook anda. Silahkan lakukan percakapan di Status yang anda buat supaya jika ada Orang bukan teman Facebook yang inggin memesan produk anda bisa percaya. Jika perlu anda bisa meminta teman anda yang sudah membeli Produk untuk mengupload foto Produk yang sudah dia beli.

Semakin sering anda melakukan transaksi di Beranda Facebook anda sendiri maka kepercayaan konsumen akan semakin meningkat. Produk yang anda tawarkanpun akan semakin terkenal melalui teman teman Facebook yang sudah anda kenal. Jangan buat kecewa konsumen, apabila ada produk yang rusak atau tidak bisa digunakan. Jika kepercayaan teman teman Facebook anda sendiri sudah anda dapatkan maka anda bisa membaca cara ampuh jualan Online berikutnya.

2. Promosi Jualan Online di Group Facebook

Jika anda sudah melakukan cara promosi nomor 1 maka anda bisa melakukan promosi melaui Group Facebook. Anda bisa bergabung dengan Group Facebook yang sesuai dengan Produk Jualan anda. Jika anda menjual Pakaian atau Sepatu maka coba bergabung dengan Group Umum. Seperti jika didaerah saya Group Facebook Umum adalah "BUBUHAN SAMARINDA". Jangan masuk di Group Facebook yang tidak sesuai karena akan berakibat akun anda akan di anggap Spam.

Promosi di Group Facebook cukup Efektif karena anggota Group Facebook rata rata mencapai Ratusa Ribu anggota. Bisa anda bayangkan dari sekian akun yang ada sudah pasti ada salah satunya yang tertarik. Semakin banyak komentar pada Produk jualan anda semakin Banyak yang melihat. Tips yang saya lakukan adalah membuat komentar seperti kata "UP" supaya produk jualan kita bisa naik ke atas beranda Group Facebook tersebut.

Jangan membuat Postingan di Group Facebook secara berulang kali. Buat status di satu group Facebook seminggu sekali atau beberapa hari sekali. Jika terlalu banyak promosi dengan Produk yang sama maka akun FB anda bisa dikeluarkan oleh Admin Group. Manfaatkan kepercayaan Admin Group agar anda bisa tetap melakukan Promosi.

3. Promosi Jualan Online melalui Fanspage (Halaman) Facebook

Halaman/Fanspage Facebook berbeda dengan Group Facebook. Jika Group Facebook semua anggota bisa membuat Postingan tetapi pada Fanspage FB hanya Admin yang bisa melakukannya. Jika Group FB anggotanya bisa ditambahkan oleh banyak orang dan mudah untuk memasukkan pengikut. Berbeda dengan Halaman Facebook yang menjadi anggota adalah murni dari akun Facebook orang tersebut yang klik Suka / Like pada halaman FB kita.

Memiliki banyak Likers pada Halaman Facebook cukuplah sulit. membutuhkan waktu dan pengorbanan. Jika anda tertarik inggin mencobanya bisa mengikuti tutorial berikut : Cara membuat Fanspage Facebook supaya ramai dan Banyak yang Like. Untuk jangka panjang memiliki Fanspage Facebook cukup baik untuk mempromosikan Produk Jualan anda.

4. Promosi Jualan Online melalui Instagram, BBM, WA dan Twitter

Selain Facebook masih banyak lagi media sosial untuk anda melakukan Promosi. Munggkin Twitter dan BBM sudah mulai banyak yang tidak menggunakan lagi. Saat ini yang paling Efektif untuk promosi adalah di Group WhatApp dan Instagram. Tapi harus anda batasi melakukan promosi di akun Pribadi karena itu akan berdampak buruk terhadap respon teman teman terhadap status yang anda buat. Baca : Cara membuat Siaran di WA ke banyak orang sekaligus.

Semakin sering anda melakukan promosi maka semakin akan dibaikan setiap status yang anda buat. Bukan hanya orang yang tidak mengenal anda tetapi teman terdekat andapun tidak akan melirik Status anda jika beranda anda dipenuhi dengan Produk Jualan. Promosi melalui Instagram dan WA bisa anda lakukan sesekali saja karena jika teman sudah membacanya sekali maka pada saat memerlukan produk tersebut bisa langsung menghubungi anda.

5. Promosi Jualan Online melalui Website

Banyak sekali website yang menyediakan kerjasama untuk menjual produk anda . Seperti Bukalapak.com, Blibi.com, Belanja.com, Lazada Indonesia, FJB Kaskus, Tokopedia, OLX, Bhinneka, Elevenia, Zalora Indonesia, MatahariMall dan masih banyak situs lainnya. Menjual di Website terkenal sudah pasti terjamin keamanannya tetapi saran saya produk yang anda jual adalah hasil karya sendiri (Bukan membeli dari daerah lain).

Seperti Produk Zernii Filter Air yang saya jual, mengapa tidak saya jual di website seperti OLX dan lainnya ? Disana saya harus bersaing dengan penjual yang langsung dari distributor kota tersebut. Secara otomatis harganya jauh lebih murah karena saya membelinya sudah menjadi satu dengan ongkos kirim. Jika produk julan anda berasal dari kota anda sendiri maka cukup efektif anda menjulanya pada website Toko Online.

Selain itu anda juga bisa melakukan promosi dengan cara membuat blog atau web sendiri. Cara ini bisa anda coba jika Produk yang anda miliki sudah memiliki jaringan di seluruh Indonesia. Jadi jika ada pembeli yang bertanya bisa anda arahkan ke blog atau web Jualan Anda. Cara ini lebih Profesional karena di blog tersebut sudah anda jelaskan secara lengkap tentang Produk Jualan anda dan cara memesan Produk Tersebut.

Nah itulan beberapa cara Promosi Jualan Online berdasarkan pengalaman pribadi saya. Kesuksesan membangun sebuah usaha membutuhkan pengorbanan dan waktu. Terus lakukan Promosi jualan online anda dengan berbagai Cara supaya anda mengetahui cara mana yang lebih Efektif dan banyak menguntungkan. Semoga Produk Jualan Online anda bisa laris dan banyak diminati oleh konsumen, selamat mencoba dan Sukses Selalu.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar