Apakah Widget HISTATS mempengaruhi performa Blog !!! Ini penjelasannya

Apakah Widget HISTATS mempengaruhi performa Blog !!! Ini penjelasannya

Apakah Widget HISTATS mempengaruhi performa Blog !!! Ini penjelasannya

Histats penyebab loading blog anda menurun ? apakah pertanyaan itu selalu ada di pikiran anda. Saya adalah pengemar berat widget Histats. Sudah hampir 6 tahun saya memiliki blog selalu saya pasang widget tersebut karena melihat visitor yang sedang online dapat memacu semangat saya untuk menulis. Selama itu juga saya tidak memperhatikan apakah Histats dapat mempengaruhi performa blog kita atau tidak.

Selama 5 tahun ngeblog saya hanya mengandalkan pendapatan dari pemasangan Banner blog/web orang lain dan juga sebelum kliksaya.com tutup usia saya mendapatkan hasil dari sana karena saat itu saya tidak mendaftar Google Adsense. Satu tahun terakhir inilah saya mulai menekuni Pendapatan Google Adsense. Memaksimalkan pendapatan tersebut dengan melakukan percobaan. Salah satunya adalah memperbaiki Loading Blog.


Banner dan Widget cukup mempengaruhi Loading dan performa Blog. Semua Banner dan widget yang tidak penting coba mulai saya hapus termasuk Widget Histats. Apakah Histats tidak penting !!! Menurut saya statistik histats sangat kita perlukan untuk melihat performa blog kita apakah ada peningkatan atau tidak. Disamping itu kita dapat melihat artikel mana yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Berikut ini Penjelasan sebelum dan sesudah memasang Histats.

Silahkan anda masuk ke Page Speed Insights dan masukkan URL blog anda untuk mengetahui SKOR Blog / WEB anda.

Histats terpasang dalam bentuk Hidden (tidak ada tampilan di blog), terlihat SKOR Page Speed hanya 84 pada tampilan Desktop atau Komputer.

Histats terpasang dalam bentuk Hidden (tidak ada tampilan di blog), terlihat SKOR Page Speed hanya 90 pada tampilan Mobile atau Handphone.

Setelah Histats dicopot atau dilepas dari Blog maka Page Speednya berubah drastis. Lihat saja pada tampilan PC atau Komputer Page Speednya bisa mencapai SKOR 91 dimana sebelumnya hanya 84. Ada sekitar 7 poin kita naikkan.

Loading blog pada versi Mobile juga berubah dari 90 menjadi 95 Point. Ini menunjukkan bahwa Widget Histats sangat mempengaruhi kecepatan Blog anda.

Dari penjelasan gambar di atas saja sudah cukup jelas bahwa Histats mempengaruhi Loading Blog anda. Jika loading blog sudah lemot atau lambat maka akan mempengaruhi Visitor atau Pengunjung yang datang. Saat loading tidak kunjung terbuka maka dimungkingkan pengunjung akan langsung menutup blog kita. Lamanya pengunjung berada di blog kita akan mempengaruhi peringkat blog secara dunia maupun Lokal Indonesia.

Jika anda sudah memiliki penghasilan melalui Iklan Google Adsense maka Page Speed blog akan mempengaruhi pendapatan. Kecepatan blog akan mempengaruhi iklan yang tampil karena jika loading blog anda lemot, iklan Adsense tidak akan tampil dengan sempurna. Masih untung tidak tampil sempurna, jika gara gara loading blog lambat yang mengakibatkan Iklan Adsense tidak tampil maka itu lebih parah lagi.

Kesimpulan

Buat anda yang sudah berkerjasama dengan Google Adsense maka mulai sekarang anda harus memperhatikan kecepatan Blog. Dengan kecepatan blog di atas SKOR 90 (Good) maka itu akan mempengaruhi Peringkat blog anda. Selain itu dengan Loading Blog yang cepat dapat mempengaruhi penghasilan Adsense Anda. Sebagai pengantinya anda bisa menggunakan ini : Menggunakan Google Analitic untuk melihat Statistik Blog dengan mudah.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar