Apa saja yang mempengaruhi nilai CPC Adsense Rendah !!! Berikut Penjelasannya

Apa saja yang mempengaruhi nilai CPC Adsense Rendah !!! Berikut Penjelasannya

Apa saja yang mempengaruhi nilai CPC Adsense Rendah !!! Berikut Penjelasannya

CPC (Cost Per Click) Adsense anda rendah hingga mencapai angka di bawah Rp.100, menggapa ??? Berikut ini adalah penjelasannya. Beberapa bulan terakhir saya selalu berfikir bagaimana caranya menaikkan nilai CPC Adsense yang ada di blog mastimon.com. Mengapa saat visitor datang begitu banyaknya hingga mencapai ratusan ribu sehari tetapi nilai CPC menurun !!! Itu terjadi bukan hanya sekali tetapi semakin hari nilai CPC mastimon.com semakin menurun.

Terlintas dibenak saya untuk menganti template yang lebih ringan dengan tampilan minimalis. Bisa anda lihat template blog mastimon.com terlihat sederhana dan jadul. Tetapi rasa itu saya singkirkan terlebih dahulu karena menurut pengalaman saya jika menganti template blog akan mempengaruhi kepercayaan Google terhadap blog kita. Ada 2 yang bisa terjadi saat anda menganti template blog yaitu semakin di sayang google atau semakin sulit mendapat kepercayaan Google.

Memaksimalkan template yang ada adalah jalan satu satunya karena saat ini penghasilan utama saya adalah dari blog ini. Beberapa kali saya juga melakukan perubahan posisi pada penempatan Iklan Adsense, hasilnya cukup luar biasa karena penghasilan semakin meningkat dengan penempatan iklan adsense yang tepat. Seperti pada artikel ini : Cara memasang Iklan Link Tautan Adsense untuk meningkatkan penghasilan Blog.

Mungkin karena saya belum banyak pengalaman di dunia adsense karena baru 1 tahun ini saya mengenal Adsense sehingga banyak sekali yang perlu diperbaiki. Walaupun saya mengenal dunia blogging sudah 6 tahun yang lalu. Selama 5 tahun saya hanya mendapatkan penghasilan dari pemasangan Banner dan dari blog kliksaya yang saat ini sudah tutup. Nah pemirsa setia mastimon.com kali ini akan saya jelaskan beberapa hal yang mempengaruhi nilai CPC anda rendah berdasarkan yang saya alami.

1. Pemilihan NICE Blog

Pemilihan nice blog sangat mempengaruhi nilai CPC Adsense anda. Jika inggin memiliki CPC tinggi silahkan anda membuat blog asing menggunakan bahasa Inggris. Beberapa mastah group Sekte Karungan selalu menyarankan itu. Jikapun anda tidak bisa bahasa inggris untuk mendapatkan nilai CPC tinggi anda bisa menggunakan NICE Teknologi dan Bisnis. Memiliki satu nice khusus pada blog itu lebih baik dibandingkan dengan blog gado gado seperti blog mastimon.com.

Menentukan satu Nice pada blog itu baik tetapi cukup sulit untuk mendatangkan banyak visitor. Buat apa banyak visitor tetapi penghasilan minim karena nilai CPC rendah. Awalnya saya berfikir bagaimana mendatangkan banyak visitor sehingga penghasilan bisa menjadi besar. Ternyata cara berfikir saya itu perlu di perbaiki lagi yaitu bagaimana banyak visitor tetapi nilai CPC tetap stabil dan bisa tinggi. Salah satunya adalah saya mulai menentukan Nice pada blog ini supaya penghasilan bisa bersaing.

2. Loading / Kecepatan Template Blog

Template AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah template versi terbaru saat ini yang cukup efektif untuk meningkatkan nilai CPC Adsense anda. Jika kita cek berapa kecepatan persentase template AMP bisa mencapai di atas 95%, berbeda jauh dengan template non AMP yang hanya mencapai 85%. Untuk mengetahui kecepatan blog anda silahkan anda cek disini (PageSpeed Insights). Blog mastimon.com hanya mencapai 84% versi Mobile dan 81% verdi Desktop. bahkan dibawah 80% saat cek kecepatan artikel blog.

Yang mempengaruhi kecepatan blog adalah banyaknya widget dan tampilan gambar pada blog tersebut. Pertamakali yang saya lakukan adalah menghapus gambar banner yang tidak perlu dan mencoba menggunakan teks saja seperti artikel Popular Post. Saya juga mencoba menghapus widget HISTATS yang mana widget ini menjadi idola saya untuk melihat statistik blog. Tetapi tetap harus saya lakukan untuk menaikkan kecepatan loading blog agar nilai CPC Adsense meningkat.

3. Kualitas Konten atau Artikel tulisan Blog

Tidaklah mudah membuat sebuah artikel hasil karya pemikiran sendiri. Terlebih lagi kita adalah orang yang malas untuk membaca. Cukup dengan melakukan copy paste artikel dari blog lain maka urusan akan menjadi selesai tetapi dampaknya cukup buruk buat performa blog anda. Google sangat pintar untuk dapat mengetahui artikel anda Original atau hasil duplikat dari tempat lain. Melakukan penulisan ulang dari blog lain juga kurang Efektif menurut saya karena itu membuat cara  berfikir kita tidak berkembang.

Mengapa kualitas tulisan mempengaruhi nilai CPC Adsense !!! Dengan kualitas tulisan yang baik maka pengunjung akan betah berlama lama membaca artikel anda tetapi sebaliknya jika anda tidak menyajikan kualitas tulisan yang baik maka para pengunjung dengan mudahnya menutup halaman blog anda. Waktu rata rata kunjungan mempengaruhi para pengiklan untuk menampilkan Iklan mereka di blog anda. Selain mempengaruhi nilai CPC Adsense ternyata Kualitas Artikel juga mempengaruhi kepercayaan Google terhadap artikel yang kita buat.

4. Jumlah Iklan Adsense yang terpasang

Kebijakan Goggle dengan membebaskan banyaknya iklan adsense yang kita pasang ternyata berdampak tidak baik. Semakin banyak Iklan Adsense anda pasang maka dimungkinkan nilai CPC anda semakin rendah. Sebaliknya jika anda hanya memasang beberapa iklan saja di blog maka Nilai CPC anda akan meningkat, mengapa ??? Berdasarkan penelitian saya ternyata beberapa pengiklan di google Adsense juga bersaing untuk menampilkan iklan mereka di blog kita. Jika iklan Adsense yang kita pasang banyak maka persaingan menjadi kecil terlebih lagi visitor blog anda minim.

Dengan memasang Iklan Adsense hanya beberapa jenis dan menempatkan di lokasi yang strategis maka pengiklan akan bersaing mendapatkan posisi tersebut. Semakin banyak persaingan maka nilai CPC anda akan semakin tinggi. Pemilihan jenis iklan juga mempengaruhi, yang cukup efektif adalah memasang Iklan di atas postingan blog, di tenggah dan di akhir postingan. Iklan di lokasi Header juga memiliki nilai CPC tinggi berdasarkan pengalaman saya. Baca : 5 Posisi Penempatan Iklan Adsense di BLOG/WEB yang Efektif dan Berhasil.

5. Sumber visitor / pengunjung Blog

Visitor/Pengunjung blog mempengaruhi nilai CPC yang kita dapatkan. Beberapa kali saya baca dari blog mastah ternyata banyak sekali yang berkata bahwa lebih baik sumber trafik dari beranda google dibandingkan dari media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, WA dan BBM. Terlebih lagi blog anda baru seumur jagung jika sumber trafik lebih besar dari Facebook maka kemungkinan besar CPC anda rendah dan yang lebih apesnya lagi akun Adsense anda bisa di Banned.

Nah mulai sekarang jangan share ke Facebook dulu jika visitor anda masih minim. Terlebih lagi akun adsense anda belun di verifikasi. Ini terjadi juga dengan saya saat membagikan artikel Lowongan Kerja ke Group Facebook. Visitor yang datang cukup banyak tetapi nilai CPC turun drastis, berbeda saat saya biarkan sumber pengunjung dari Google nilai CPC semakin meningkat. Kecuali jika Trafik anda sudah tinggi maka boleh boleh saja membagikan atau promosi artikel blog ke Facebook.

KESIMPULAN

Untuk mendapatkan nilai CPC Adsense yang tinggin diperlukan Pemilihan Template Premium Khusus yang memiliki kecepatan loading template di atas 90% dan bila perlu gunakan template yang sudah AMP, Pemilihan Nice blog yang tepat, Membuat Kualitas Tulisan yang baik yang kita sajikan, Jumlah dan penempatan Iklan Adsense yang tepat serta mendatangkan Visitor dari beranda Google. Mungkin pengalaman saya berbeda dengan anda tetapi jangan lelah untuk terus melakukan percobaan supaya penghasilan Adsense anda semakin baik.

Jika CPC Adsense masih juga rendah anda bisa mencoba memblokir Iklan Adsense yang nilai CPCnya rendah. Untuk cara blokirnya anda bisa mengikuti tutorial berikut : Cara block iklan GA dengan nilai CPC rendah di google adsense terbaru. Selain itu anda juga bisa membuat Saluran Khusus Adsense agar pengiklan merasa beruntung karena iklannya dilihat oleh pengunjung yang tepat sehingga mengakibatkan nilai CPC Iklan Adsense anda menjadi tinggi. Ok Selamat mencoba sobat, semoga beruntung dan penghasilan Adsense anda semakin besar.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar