12 Cara supaya Loading Laptop / Komputer dapat bekerja dengan Cepat

12 Cara supaya Loading Laptop / Komputer dapat bekerja dengan Cepat

12 Cara supaya Loading Laptop / Komputer dapat bekerja dengan Cepat

Bagaimana rasanya saat sedang banyak Pekerjaan tiba tiba performa atau Loading Laptop anda bekerja dengan lambat. Jengkel dan bisa hilang semua ide yang sedang ada di pikiran kita tentunya. Hal ini sering saya alami di saat asyik menulis tiba tiba kursor tidak bergerak, menulis angka dan huruf juga tidak bisa. Yang awalnya lancar menulis atau mengerjakan sesuatu tiba tiba hilang begitu saja karena kita disibukkan dengan Laptop yang lambat. Berikut ini mastimon.com akan membagikan pengalaman pribadi tentang Cara supaya Loading Laptop dapat bekerja dengan cepat.

Performa atau cara kerja komputer tergantung dari spesifikasi laptop itu sendiri. Jika inggin semakin kuat dan proses kerjanya cepat maka anda wajib memiliki Laptop / Komputer yang spesifikasinya baik. Selain itu yang perlu anda perhatikan adalah penginstalan software atau aplikasi yang tidak perlu yang dapat mempengaruhi kinerja laptop. Seperti aplikasi permainan GAME jika sudah tidak digunakan alangkah baiknya di REMOVE saja. Ataupun anda menggunakan aplikasi yang mengandung Virus karena mengambil disembarang tempat sehingga proses kerja lambat karena virus.

Baca juga : Cara Install Bluestacks terbaru di komputer untuk menggunakan semua Aplikasi Android

Penggunaan Windows juga mempengaruhi kecepatan Loading laptop anda. Seperti penggunaan Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 10 ataupun menggunakan Windows 11 sangat berbeda pengaruhnya. Jika spesifikasi komputer anda rendah maka saya sarankan anda menginstal Windows XP atau Windows 7 tetapi jika spesifikasinya sudah tinggi anda bisa menggunakan Windows 10 keatas. Dengan memperhatikan pengunaan windows maka cukup efektif kecepatan Laptop / Komputer anda saat digunakan.

Berikut adalah TIPS untuk mempercepat Kinerja Laptop / Komputer

1. Memisahkan File System dengan Data Pribadi

Pada saat melakukan penginstalan Komputer anda akan diminta membuat Partisi. Pada tahap ini anda harus melakukan pemisahan pembuatan Partisi yang biasanya untuk File System mengunakan huruf C sedangkan untuk data Pribadi menggunakan huruf D atau yang lainnya. Pemisahan tersebut anda bagi total hardisk yang ada, untuk Partisi C anda sesuaikan dengan kebutuhan Software atau aplikasi yang dibutuhkan nanti. Dengan dibuatkannya partisi khusus ini, drive C: yang memuat file system tidak akan mengalami fragmentasi secara cepat sehingga mampu meminimalisir laptop lemot.

2. Menambah kapasitas RAM dan Hardisk

Menambahkan RAM atau hardisk membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena perangkat komputer yang satu ini membutuhkan dana ratusan ribu. Selain membutuhkan dana yang besar anda juga harus memperhatikan Spesifikasi Laptop / Komputer anda. Jika Spesifikasinya rendah anda paksakan menambah kapasitas Hardisk maka kecepatan Loading laptop akan lambat karena banyaknya File yang tersimpan di dalam komputer. Mungkin untuk penambahan RAM bisa anda lakukan tetapi untuk menambah kapasaita Hardisk jangan anda lakukan. Untuk File Pribadi silahkan simpan di Hardisk tersendiri.

3. Melakukan Disk Cleanup Secara Berkala

Disk Cleanup adalah proses untuk menghapus file file sementara atau Temporary, File sampah di Recle Bin dengan mudah. Anda bisa melakukan Disk Cleanup secara berkala, misalnya satu minggu sekali anda lakukan supaya kinerja laptop anda semakin baik. Saran saya jangan lakukan ini setiap hari supaya tidak mempengaruhi system komputer anda. Cara melakukan Disk Cleanup adalah anda buka My Komputer, Pada partisi atau Local Disc C silahkan anda klik kanan, Pilih Propertis paling bawah, Pilih General dan klik Disk Cleanup maka proses berjalan.

4. Melakukan Disk Defragmenter Secara Berkala

Disk Defragmeter adalah melakukan penyusunan file anda yang tidak teratur. Disini anda bisa melakukan ke Local Disc C dan File Data D. Dengan dilakukan Disk Defragmenter terbukti dapat juga mempercepat kinerja Komputer anda. Caranya cukup mudah yaitu anda buka My Komputer, Pada partisi atau Local Disc C atau File Data D silahkan anda klik kanan, Pilih Propertis paling bawah, Pilih Tools dan klik Defragment Now maka proses berjalan. Sama seperti melakukan Disk Cleanup jangan dilakukan setiap hari, saya sarankan anda melakukan Disk Defragmenter 2 minggu sekali.

5. Mengatur Program yang sedang berjalan pada StartUp

Mengatur program yang berjalan pada komputer anda wajib anda lakukan karena jika banyak aplikasi atau software yang bekerja maka Kinerja komputer akan melambat. Proses kerja RAM akan maksimal jika anda hanya menggunakan beberapa aplikasi yang penting saja. Bagaimana cara melakukan pengaturan program dengan StartUp, berikut caranya : Tekan Tombol Windows+R - ketik msconfig - Pilih Startup - Klik Open Task Manager - Disable program-program yang anda rasa kurang begitu dipakai. Anda juga bisa langsung tekan tombol ctrl+alt+del -  Pilih Task Manager - Disable program yang tidak dipakai.

6. Unistal Program yang tidak terpakai atau tidak penting

Unistal Program komputer adalah menghapus Aplikasi atau Software yang ada di komputer secara permanen. Silahkan anda hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan atau Game game yang tidak sudah tidak dimainkan lagi. Dengan anda menggunakan sedikit software maka kinerja RAM akan semakin ringan. Apabila anda menggunakan sewaktu waktu saja maka anda bisa menginstalnya lagi saat dibutuhkan. Cara unistal Program yaitu klik Start - Pilih Control Panel - Programs (Uninstal a program) - Pilih program - Klik Kanan - Uninstal/Change.

 7. Menggunakan Aplikasi/software Utilities

Aplikasi Utilities adalah sebuah aplikasi untuk membantu mempercepat kinerja laptop atau komputer hanya dengan sekali klik saja. Aplikasi Utilities banyak macamnya seperti tune-up utilities, ccleaner, ncleaner, glary utilities dll. Tiap aplikasi ini memiliki kelebihan tersendiri baik itu fitur maupun tampilannya, sehingga mempermudahkan pengguna untuk menggunakannya hanya dalam sekali klik. Saya sarankan komputer anda menggunakan aplikasi ini karena sama seperti handphone anda jika inggin ringan loadingnya saat digunakan seharian seperti saya menggunakan Super Cleaner.


8. Scan antivirus secara berkala menggunakan Smadav

Antivirus pada komputer wajib anda pasang supaya virus yang datang dari luar seperti Flasdisc tidak dapat masuk. Terlebih lagi buat anda yang suka bermain internet, sangat rawan saat anda mengunjungi situs yang dapat mendatangkan virus saat anda mendonlowad file disana. Antivirus yang baik digunakan cukup banyak macamnya, saran saya untuk yang standar dan ringgan gunakan Antivirus Smadav. Jika anda tertarik mendapatkannya silahkan baca : Smadav terbaru 2017 Rev 11.3.5 Full Keygen dan lengkap cara Instal.


9. Minimalisir Efek Tampilan pada layar Komputer

Dengan meminimalisir Efek Tampilan maka tampilan layar komputer anda terlihat jadul tetapi cara ini cukup efektif untuk membantu kinerja Komputer anda. Bagi seorang pekerja tampilan layar komputer tidaklah begitu penting cukup menggunakan gambar logo Perusahaan ataupun Logo Windows sudah cukup. Cara minimalisir Efek tampilan komputer yaitu File Explorer - Klik This PC/My Computer - Klik Kanan, pilih Properties - Klik Advance system setting - Klik Performance - Pilih Adjust for Best Performance/Custom (memilih sesuai pilihan anda) - Klik OK.


10. Menonaktifkan Screen Server pada layar Komputer

Screen Server adalah gambar yang ditampilkan bergerak dilayar komputer pada saat tidak digunakan atau posisi standby. Dengan anda menonaktifkan Screen Server komputer maka membantu kinerja RAM. Jika inggin tetap menggunakannya maka Gunakan Screen Server bawaan windows yang ringan dan jangan ambil banyak gambar. Berikut cara menonaktifkan Layar Screen Server yaitu Klik Start, Pilih Control Panel, Change The Theme maka akan tampil pilihannya.

11. Menghapus penggunaan Program atau aplikasi yang baru digunakan

Menghapus beberapa program atau file file yang baru anda buka atau gunakan. Mungkin cara ini banyak orang kurang mengerti apa Fungsinya. Setiap kali kita bekerja di Komputer atau Laptop maka file yang kita buka meninggalkan bekas. Nah file file inilah yang akan kita hapus setiap kali selesai menggunakan komputer. Caranya cukup mudah yaitu anda pencet gambar Windows di kyboard komputer anda lalu tekan R maka akan tampil RUN. Ketikkan Prefetch dan klik OK. Hapus semua File yang tampil seperti gambar di atas. Cara ini hampir setiap hari saya lakukan untuk membantu kinerja laptop supaya cepat.

12. Klik kanan pada layar dan pilih REFRESH

Cara ini sudah tidak asing karena banyak sekali yang menggunakannya. Entah karena terbiasa atau mengerti fungsi dari Refresh tersebut. Bagi anda yang baru menggunakan perangkat komputer pasti sedikit asing tetapi dengan cara ini cukup berpengaruh saat komputer terasa lambat. Setelah melakukan penghapusan dengan cara no.11 maka dilanjutkan dengan klik kanan pada layar lalu pilih Refresh maka kecepatan atau kinerja RAM semakin baik. Ada yang mengatakan cara ini hanya Mitos belaka tetapi menurut saya ada pengaruhnya walaupun hanya sedikit.

Saran : Untuk mempermudah pekerjaan anda dan supaya tidak banyak pengaturan, saya sarankan anda menggunakan aplikasi untuk membantu meningkatkan kinerja komputer anda. Anda bisa menggunakan tune-up atau ccleaner untuk menghapus file-file registry dan temporary. Yang lebih praktis lagi adalah lindungi file system di Local Disk C: dengan menggunakan Deep Freeze, jadi jika laptop anda terasa berat akibat aktifitas browing, mengetik ataupun komputer anda terkena Virus bisa lakukan restart saja.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar