Contoh DOA Pembukaan saat Ibadah di Gereja

Contoh DOA Pembukaan saat Ibadah di Gereja

Contoh DOA Pembukaan saat Ibadah di Gereja

Doa pembukaan saat ibadah di Gereja, Ibadah rumah tangga, Ibadah Kaum Muda, Ibadah Kaum Pria, Ibadah Kaum Wanita dan Ibadah Sekolah Minggu adalah wajib dilakukan sebelum ibadah dimulai. Saat ini untuk DOA Pembukaan bukan hanya Pendeta tetapi bisa menggunakan Tua tua Sidang atau Jemaat yang sudah dipercaya bisa memimpin doa.

Doa pembukaan berbeda dengan Doa Syafaat karena DOA pembukaan lebih singkat atau pendek. Doa yang di ajukan hanyalah seputar Ibadah yang akan berlangsung dan mendoakan buat jemaat lain yang masih dalam perjalanan. Awalnya saya tidak pernah diberi kesempatan untuk berdoa di awal ibadah atau kegiatan rohani lainnya tetapi berjalannya waktu dan saya sudah semakin tua maka wajib untuk bisa bersoa dalam kondisi apapun.

Baca juga : Contoh DOA Syafaat Kristen

Doa pembukaan yang diberikan kepada saya baru seputar Ibadah Kaum Pria, Ibadah Doa Malam dan Ibadah Rumah Tangga. Rasa gugup dan gemetar sudah pasti karena saya tidak pandai merangkai kata kata yang indah. Doa yang biasa saya ucapkan tidaklah bertele tele karena saya lebih suka menyampaikan secara langsung. Berbeda antara berdoa sendiri dengan berdoa di depan jemaat atau orang banyak. Panas dingin, keringat jagungpun bermunculan.

Pengalaman saat pertama kali di suruh doa pembukaan juga mungkin sahabat pernah mengalaminya. Jika seorang pendeta sudah pasti terbiasa berdoa di Ibadah Raya atau Ibadah Umum dan juga doa pembukaan saat perayaan Natal dan Paskah. Berbeda dengan saya saat pertama kali diberikan kesempatan untuk Doa Pembukaan di Ibadah Rumah Tangga serasa kaget dan binggung. Tidak mau terlihat gugup maka saya fokus untuk mulai berdoa seperti pada saat saya sendirian.

Baca juga : Contoh DOA Makan Kristen

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat sahabat berdoa di depan orang banyak segeralah fokus dan jangan gugup. Anggaplah anda sedang berdoa sendiri di kamar dan mintalah seperti saat anda meminta kepada seorang Bapa. Doa awal dimulai dari anda mengucap ayukur terlebih dahulu baru anda ajukan permohonan kepada Tuhan apa yang akan di sampaikan. Doa pembukaan identik dengan permohonan penyertaan Tuhan dalam ibadah tersebut.

Contoh DOA Pembukaan saat ibadah orang Kristen di semua kegiatan ( Contoh ini doa pembukaan Ibadah Rumah Tangga).

"Bapa kami yang Ada di Surga kami mengucap syukur karana penyertaanMu pada hari ini kami boleh berkumpul di tempat ini. Bukan merupakan suatu kebetulan kami berkumpul di tempat ini untuk memuji dan memuliakan namaMu tetapi ini adalah kerinduan kami setiap saat bersekutu dan memuji Engkau. Sebelum kami memulai Ibadah Rumah Tangga ini maka kuduskan hati kami supaya kami layak dihadapanMu dan Ibadah Rumah Tangga pada hari ini juga mulai awal pertenggahan hingga akhirnya kami serahkan kedalam tangan Tuhan. Biarlah ibadah ini dapat berjalan dengan baik dan tidak ada ganguan dari pihakmanapun. Kuasa kegelapan yang inggin mencoba menggangu ibadah ini, kami usir dan kami tengking di dalam Nama Tuhan Yesus kuasa itu tidak berada di tempat ini. Bagi saudara saudara kami yang masih dalam perjalanan menuju tempat ini kami mohon Tuhan jagai perjalanan mereka agar sampai di tempat ini dengan sukacita. Bagi saudara kami yang belum sempat bergabung bersama kami karna suatu hal yang tidak bisa di tinggalkan kami mohon Tuhan berkati apapun pekerjaan mereka. Terimakasih Tuhan inilah Doa dan Ucapan Syukur kami pada hari ini dan kami akan mulai ibadah ini hanya di dalam satu nama yang Kudus yaitu Tuhan Yesus sebagai Juru Selamat kami yang hidup, Amin".

Itu adalah doa sederhana saat saya pertama kali diberikan kesempatan untuk berdoa Pembukaan di Ibadah Rumah Tangga. Pada dasarnya Doa Pembukaan pada semua ibadah terlihat mirip atau sama. Anda cukup menyesuaikan kata kata. Seperti doa saat penghiburan kematian, Doa saat perayaan ulang tahun atau Ibadah lainnya. Jika anda sudah terbiasa berdoa maka kapanpun anda diberi kesempatan untuk berdoa pasti dengan mudahnya anda akan berkata kata.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments