Contoh pidato HUT RI ke 72 saat upacara 17 Agustus 2017

Contoh pidato HUT RI ke 72 saat upacara 17 Agustus 2017

Contoh pidato HUT RI ke 72 saat upacara 17 Agustus 2017

Memperingati HUT RI yang ke 72 pada tanggal 17 agustus 2017 dengan cara melakukan apel pagi atau upacara bendera. Tidak hanya dikalangan anak sekolah ataupun pegawai negri saja tetapi dilingkungan masyarakat juga ada beberapa RT yang melakukan upacara bendera.

Ada upacara bendera sudah pasti ada yang Pidato tentang peringatan HUT RI ke 72 tersebut. Jika kita melihat pembicara dalam sebuah upacara ada yang menggunakan teks dan ada pula yang dengan santai melakukan pidato dengan lancar.

Bagi orang yang biasa berbicara di depan orang banyak pasti melakukan ini adalah hal yang biasa tetapi bagaimana jika itu terjadi dengan kita yang belum pernah berpidato. Grogi dan panas dingin tentunya.

Sebelum melakukan pidato saat upacara peringatan HUT RI ke 72 alangkah baiknya anda mempersiapkan segala sesuatunya. Pembicara dalam upacara adalah orang orang penting di instansi tersebut seperti jika di sekolah yang biasa melakukan pidato adalah kepala sekolah.

Kali ini mastimon.com akan berbagi sedikit contoh pidato yang singkat menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar dan sesuai dengan kondisi dan perjuangan kita saat ini. Selain saat ini kita sedang berjuang kita juga tetap mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan.

Contoh pidato singkat peringatan HUT RI ke 72 pada tanggal 17 Agustus 2017 di Sekolah

Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah SMU YPK 1 Tenggarong
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah
Dan semua kepada teman teman yang saya sayangi

Pertama tama marilah kita panjatkan puja dan puji Syukur terhadap Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat dan waktu yang baik ini dengan keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang senantiasa mendoakan umatnya ke jalan kebaikan dan keselamatan.

Teman teman yang saya sayangi, Hari ini tepat pada tanggal 17 agustus 2017 kita merayakan ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-72. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita lebih lagi untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat kita untuk belajar lebih rajin lagi, agar kita sebagai generasi muda bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tentram.

Masih Ingatkah? Betapa hebatnya para pejuang pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut  kemerdekaan Negara kita dari tangan penjajah? Kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai sekali jasa para perjuangan pahlawan bangsa kita.

Peranan Generasi muda sekarang ini sangatlah penting sekali demi kemajuan dan ketentraman negara kita untuk masa depan. Karena Generasi Muda sekarang ini lebih bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. Tentu negara ini menjadi seperti apa nantinya jika generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti yang luhur serta semangat untuk hidup bergotong royong dan saling membantu.

Semangat Nasionalisme generasi muda sangatlah penting, karena nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetian terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.Dengan adanya semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat.

Oleh Karena itu, hal tersebut bukan berarti kita lantas berputus ada dan berdiam diri saja dalam menghadapi kenyataan kehidupan yang seperti itu. Kita harus bisa membangkitkan semangat  para generasi muda dan memberi motivasi pendidikan terhadap generasi muda. Keyakinan harus senantiasa ditumbuhkan dan harus ada dalam tubuh generasi muda sekarang ini, untuk melakukan perubahan Bangsa yang rakyatnya berkeinginan sejahtera. Generasi muda bangsa Indonesi saat ini menjadi penompang bangsa indonesia, dan memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Marilah kita kaum muda Indonesia untuk bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah ait tercinta. Hal tersebut dapat kita wujudkan dengan belajar berprestasi dan serta mengharumkan nama bangsa dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Teman Teman Sekalian

Yakinilah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa dapat mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.

Dirgahayu IndonesiaKu!

Merdekaa !! Merdekaa!!

Wasalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh

Itu adalah salah satu pidato siswa di sekolah yang biasanya diwakili oleh ketua Osis. Untuk pidato bagi Kepala Sekolah tidak perlu diberikan contohnya karena sudah tentu pak Kepala Sekolah sudah terbiasa berbicara di depan murid dan guru lainnya. Tanpa tekspun Bp. Kepala Sekolah sudah dapat melakukan pidato dengan baik.

Untuk Pidato di Perusahaan yang biasanya di wakilkan oleh salah satu Pimpinan Perusahaan anda bisa mencontoh pidato di bawah ini. Tapi rata rata yang bekerja di Perusahaan sudah menguasai pekerjaan jadi untuk Pidatonya kadang membicarakan pekerjaan atau kondisi perusahaan dalam masa sekarang.

Contoh pidato singkat peringatan HUT RI ke 72 pada tanggal 17 Agustus 2017 di Perusahaan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang kami hormati segenap Pimpinan dan Staf serta seluruh karyawan dari semua perusahaan mitra kerja PT.IBP, antara lain PT.SJA, PT.KPP, PT.DCS, PT.Tekindo, dll. sebagai kontraktor maupun subkontraktor yang membidangi pekerjaan masing-masing di area PKP2B PT.IBP dimana secara administratif masuk ke dalam wilayah Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Dan hadirin sekalian peserta upacara yang kami hormati pula.

Pertama dan yang utama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala atas limpahan nikmat dan karunia-Nya, sehingga saat ini kita bisa menghirup udara kemerdekaan di negara yang kita cintai ini dan terlebih pada hari ini juga kita bisa mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72, 17 Agustus 2017.

Sudah seharusnya lah kita sebagai warga negara yang baik ikut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut dengan berbagai serangkaian acara, termasuk upacara bendera kali ini dan lebih daripada itu kita harus dapat meneladani semangat perjuangan para pahlawan kemerdekaan untuk diterapkan dalam kehidupan di masa sekarang.

Perjuangan masih terus berlanjut, dimana perjuangan di masa kemerdekaan membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit, baik berupa harta benda maupun jiwa raga untuk mendapatkan kembali kedaulatan bangsa Indonesia dari tangan para penjajah. Adapun perjuangan di masa sekarang adalah perjuangan untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang agar tercapai tujuan dan cita-cita kemerdekaan, yakni menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Sebagaimana tema yang kita ambil, yaitu: “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kesadaran Hidup dalam Kebhinnekaan untuk Kokohkan Persatuan Antar Karyawan Guna Mencapai Produktivitas Kerja dan Tercapainya Target Produksi secara Optimal”. Semangat 45 adalah semangat kebersamaan dengan mendahulukan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Oleh karena itu, peringatan HUT RI ke-72 tahun 2017, yang telah kita meriahkan melalui serangkaian acara perlombaan/pertandingan maupun upacara bendera ini, merupakan salah satu bentuk sarana untuk menjalin persaudaraan, kerjasama, persatuan dan kesatuan di antara karyawan yang ada di area pertambangan PKP2B PT.IBP Site Loa Janan, sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam rangka meningkatkan produktivitas kerja untuk mencapai target produksi sesuai yang diharapkan. Dengan persatuan dan kesatuan dalam arti umum, maka akan terbentuk sinergi pekerjaan dari masing-masing bagian, mulai dari pekerjaan eksplorasi, produksi, pengolahan dan pemurnian, pemuatan produk batubara yang kita hasilkan serta setiap pekerjaan support / pendukung lain yang tidak terlepas dari lingkup operasional pertambangan.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Mudah-mudahan dengan meneladani nilai-nilai dan semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, kita dapat memberikan bentuk pengabdian yang maksimal dengan berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam kelanjutan proses pembangunan bangsa dan negara kita menuju Indonesia yang makin maju dan sejahtera.

Terima kasih atas perhatian bapak/ibu/saudara/saudari, hadirin sekalian. Semoga, dengan momen peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 ini, kita kembali tersadarkan untuk senantiasa bersyukur atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa berupa kemerdekaan, yaitu melalui tindakan nyata untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan positif atau kegiatan yang bermanfaat baik bagi diri sendiri, orang lain, keluarga, agama, bangsa dan negara.

Sekian.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments