Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Set Top Box Tidak ada Sinyal, Jangan Dulu Beli Baru

Mastimon.com - Saat ini Set Top Box menjadi salah satu barang yang banyak dicari dan digunakan. Bagaimana tidak, TV digital sendiri merupakan solusi dari langkah pemerintah dalam mematikan siaran TV analog secara bertahap. Namun, seringkali sewaktu memasang atau menggunakan Set top box tidak ada sinyal, tidak ada gambar, tidak ada suara atau program yang dimunculkan. Jika Anda mengalami ini jangan buru buru beli baru, cobalah cara mengatasi Set top box tidak ada sinyal berikut ini.

Tahukah Anda, Set top box sendiri merupakan alat untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang kemudian ditampilkan pada TV analog biasa. Umumnya Set tp box bisa digunakan untuk TV analog tabung dan datar. Tidak heran kalau alat satu ini menjadi kian populer. Tapi bagaimana kalau kita mengalami masalah dan berpikir apakah Set top box kita mungkin sudah rusak dan harus diganti?

Jangan kesal dulu karena tidak bisa menonton TV. Sebenarnya, supaya Set top box bisa bekerja dengan baik, Anda hanya perlu memperbaikinya berdasarkan penyebabnya. Meskipun mungkin tidak terlalu mudah, namun solusinya bisa dikerjakan sendiri sehingga kemungkinan tidak memerlukan bantuan teknisi.

Ada berbagai faktor mengapa STB tidak ada sinyal, nah pada artikel kali ini kita akan membahas cara mengatasi Set Top Box tidak ada sinyal sesuai dengan penyebabnya. Mari simak.

Cara Mengatasi Set Top Box Tidak ada Sinyal, Jangan Dulu Beli Baru


1. Kabel Longgar

Salah satu penyebab mengapa tidak ada sinyal pada Set top box adalah karena adanya masalah pada kabel. Bisa jadi kabel yang menghubungkan antara Set top box dan TV longgar sehingga tidak dapat terhubung dengan baik. Solusinya adalah tentu saja Anda perlu mengecek kondisi kabel yang terhubung. Pastikan kabel dalam kondisi baik dan tidak longgar. Kabel yang tidak layak pakai akan sulit dalam menerima sinyal siaran TV digital dengan baik.

2. Memperhatikan Antena

Antena memiliki peranan yang penting supaya Set top box bisa bekerja dengan baik, jadi adanya masalah pada antena juga bisa membuat Set top box tidak ada sinyal. Jadi cobalah untuk memperhatikan mulai dari posisi antena, apabila posisinya tidak pas maka Set top box tidak dapat menerima gelombang sinyal.

Selain itu patut diperhatikan dari kualitas antena juga bisa mempengaruhi kekuatan penerimaan sinyal. Jika lingkungan sekitarnya banyak gedung bertingkat maka sebaiknya gunakan antena dengan ukuran besar yang mampu menangkap daya tangkap sinyal yang lebih besar.

3. Bersihkan Konektor

Selain hal hal diatas jangan lupa juga untuk membersihkan konektor dari antena, Set top box dan kabel. Jangan sampai konektor berdebu atau sampai berkarat, jika demikian maka Anda kemungkinan harus menggantinya dengan yang baru.

4. Melakukan Pengaturan pada Set top box

Jika Anda sudah memastikan semua hal diatas baik baik saja, tapi Set top box masih tidak menangkap sinyal maka mungkin bisa saja ada pengaturan Set top box yang salah. Coba baca kembali buku manual Set top box, kemudian lakukan pengaturan yang tertulis. Sebab umumnya setiap merek Set top box memiliki pengaturan yang berbeda beda. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara mengatasi Set top box tidak ada sinyal yang bisa teman teman ketahui. Dengan mengetahui informasi ini, Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya sendiri, siapa tahu kalau bisa Anda jadi tidak perlu memanggil teknisi atau bahkan membeli yang baru bukan? Simak informasi lainnya di omevan.com

Sekarang kita sudah mengetahui bahwa tidak munculnya sinyal saat Set top box tersambung bukan selalu berarti bahwa Set top box telah rusak melainkan ada banyak sekali penyebabnya. Jadi Anda bisa mencoba untuk melihat dan mencari tahu apa penyebabnya kemudian barulah melakukan tindakan penanganan yang tepat sesuai penyebabnya tersebut. Semoga bermanfaat.