Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Marine Loading Arm Beserta Fungsinya Lengkap

Mastimon.com - Jika Anda bekerja di pelabuhan kapal tanker dan gas pasti Anda mengenal dan paham apa itu marine loading arm. Namun, bagi Anda yang belum paham, informasi ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Marine loading arm merupakan alat yang berfungsi sebagai alat pemghubung antara kapal dan pipa terminal. Terutama untuk jenis kapal LNG dan LPG dalam proses kegiatan bongkar muat.

Awalnya mungkin kita mengenal proses bongkar muat disuatu tempat memanfaatkan cargo house, namun seiring dengan berkembangnya jaman kini semakin dipermudah dengan bantuan teknologi yang diberi nama loading arm. Alat ini dilansir lebih praktis, efesien dan aman untuk membantu sebagai alat bongkar muat kapal.

Nah, buat Anda yang belum paham apa sebenarnya loading arm dan fungsinya digunakan sebagai apa, akan dibahas secara lebih lengkap pada artikel ini. Kita akan mulai membahas mulai dari pengertian, fungsi, kemudian membahas kelebihan alat ini di dalam industri perkapalan itu sendiri. Selengkapnya silahkan disimak.

Pengertian Marine Loading Arm Beserta Fungsinya Lengkap 


Pengertian Loading Arm

Menurut pengertiannya, loading arm merupakan alat yang digunakan untuk menghubungkan antara bagian manifold kapal dengan pipa terminal pada saat dilakukannya transfer muatan jenis cair dan gas dengan tekanan yang besar. Tahukah Anda, teknologi ini adalah termasuk salah satu peralatan utama atau yang sangat dibutuhkan dalam industri perkapalan seperti LPG, LNG, serta oil tanker. Letaknya berada di jeti atau terminal tempat kapal berlabuh yang secara khusus dibangun pabrik minyak.

Tanpa adanya alat ini maka kemungkinan terjadinya kebocoran pada sambungan pipa terminal darat dan pipa kapal tidak dapat dihindari. Hal ini disebabkan oleh adanya proses transfer minyak dari darat ke kapal maupun sebaliknya yang menggunakan tekanan yang sangat besar. Jadi dengan adanya alat ini maka akan memberikan level keamanan yang tinggi dan cukup efektif.

Nah, penggunaan alat ini dilansir lebih baik daripada penggunaan house biasa yang umumnya digunakan pada jaman dulu sebelum digunakannya alat ini. Loading arm dalam sistem kerjanya jauh lebih baik dan safety karena bisa meminimalisir atau mencegah terjadinya kebocoran. Ini berkat kelebihan alat ini yang fleksibel dan secara leluasa bergerak mengikuti gerakan atau goyangan si kapal. Dan ternyata yang paling menarik adalah alat ini bisa menyesuaikan pergerakan kapal karena angin atau adanya gelombang air laut.

Sampai sini kita sudah membahas pengertian loading arm sekaligus beberapa kelebihan yang bisa Anda perhatikan dan dapatkan dengan adanya penggunaan teknologi yang satu ini. Sekarang mari kita lihat untuk fungsinya secara spesifik.

Fungsi Loading Arm
  • Loading arm memiliki fungsi sebagai alat yang mampu untuk transfer muatan gas dan cair dari kapal ke darat maupun sebaliknya yakni darat ke kapal.
  • Loading arm memiliki fungsi sebagai alat untuk menghubungkan dua bagian dengan tekanan yang tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya kebocoran pada kapal.
  • Loading arm juga berfungsi untuk mempercepat proses pembongkaran maupun pemasangan dengan memanfaatkan bantuan quick coupler.
  • Selain dari fungsi fungsi yang disebutkan diatas, loading arm juga berfungsi untuk meringankan pekerjaan manusia yakni surveyor secara khusus.

Nah, dari fungsi fungsi yang sudah dijabarkan, kita bisa menyimpulkan kalau sebenarnya alat loading arm ini memang bekerja jauh lebih baik dimanfaatkan sebagai alat penghubung atau transfer dalam proses bongkaran kapal secara khusus untuk muatan gas dan cair. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang pengertian marine loading arm beserta fungsinya secara lengkap yang bisa teman teman ketahui. Pengetahuan seperti ini sangat penting untuk diketahui oleh para pelaut yang ingin memiliki karir di kapal tanker. Ini akan menjadi salah satu perhatian ketika melakukan kegiatan bongkar muat barang di kapal yakni secara khusus bagi para deck officer. Ingin mengetahui informasi menarik lainnya seperti ini silahkan berkunjung ke karyapelaut.com

Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kepada setiap pembaca dan para pengunjung di web ini. Sebagaimana yang kita tahu, dalam dunia maritim keselamatan adalah hal yang sangat penting demi melindungi aset berharga yakni para pekerja dan juga harta benda yang sebenarnya menyimpan saham yang besar. Dengan menjaga keselamatan dalam dunia maritim, kita bisa terhindar dari kerugian yang besar.Semoga bermanfaat.