Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sistem Pembayaran: Pengertian, Tujuan dan Fungsinya

Masing-masing negara mempunyai ketentuan dan peraturan sendiri dalam menjalankan berbagai aspek kehidupan, termasuk di Indonesia. Sistem pembayaran yang berlaku di tanah air tidak sama dengan yang berlaku di negara lain. Dengan ketentuan dalam melakukan pembayaran tersebut, masyarakat bisa bertransaksi guna memenuhi kebutuhan hidup.


Sistem atau metode dalam pembayaran ini memudahkan Masyarakat menjalankan bisnis, membayar tagihan dan kewajiban lainnya. Perkembangan teknologi dan support perbankan sangat penting dalam mendukung kelancaran proses pembayaran. Saat ini pembayaran dengan cashless atau tanpa uang kas menjadi pilihan banyak orang untuk memudahkan bertransaksi.

Pengertian Sistem Pembayaran

Berkaitan dengan sistem pembayaran, banyak yang masih bingung untuk membuat definisi namun paham dan bisa menjalankan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah sistem dalam pembayaran diartikan sebagai seperangkat aturan yang mencakup semua proses dari awal hingga akhir transaksi.

Sedangkan Bank Indonesia atau BI mendefinisikan sistem pembayaran sebagai proses pemindahan sejumlah uang dari satu pihak ke pihak lainnya. Proses pemindahan ini bisa secara cash maupun online dengan mutasi saldo ke rekening tujuan.

Perkembangan dunia digital dan bisnis secara global turut berpengaruh pada trend pembayaran. Karena lebih efektif efisien dan bisa dilakukan dari mana saja, proses pembayaran dengan cara online menjadi pilihan banyak orang. Namun untuk transaksi di pasar atau warung tradisional sebagian besar masih menggunakan cara konvensional, yaitu pembayaran dengan uang tunai.

Tujuan dalam Sistem Pembayaran

Pembayaran tidak bisa dipisahkan dari semua aktivitas kehidupan. Dalam satu hari bisa jadi seseorang melakukan berkali-kali transaksi pembayaran. Tujuan dari adanya sistem dalam pembayaran adalah menjadi media atau perantara pertukaran jasa atau barang dengan uang sebagai alat beli yang sah.

Uang menjadi alat yang memfasilitasi kegiatan perekonomian Masyarakat. Untuk memudahkan transaksi dalam negeri, pemerintah memberlakukan mata uang yang sama sehingga warga di satu wilayah bisa bertransaksi dengan warga dari wilayah lain tanpa kendala.

Sebagai pengatur atau media yang menjalankan transaksi, dalam pembayaran membutuhkan penyelenggara sistem pembayaran, seperti bank atau Perusahaan keuangan lainnya.

Fungsi Sistem Pembayaran

Sebagai instrumen yang tidak bisa terpisah dari kehidupan sehari-hari, sistem dalam pembayaran mempunyai peranan penting dalam semua sektor. Gangguan pada sistem yang biasa digunakan akan berdampak pada jalannya bisnis dan perkembangan ekonomi di semua sektor.

Karena itu, pemerintah perlu turut campur dalam pengaturan dan pengelolaan sistem yang digunakan masyarakat untuk melakukan pembayaran. Kelancaran sistem ini mendorong terciptanya masyarakat yang sejahtera. Fungsi dari sistem pembayaran adalah:

1. Mendukung stabilitas keuangan

Stabilitas keuangan di suatu negara berpengaruh pada banyak hal, mulai dari pendidikan, keamanan, kesejahteraan dan lainnya. Karena itu semua negara perlu mempunyai sistem yang kuat dan mendukung serta memudahkan semua transaksi yang dilakukan oleh Masyarakat.

Tidak sedikit negara yang mengalami masalah kemanusiaan, keamanan dan kesejahteraan karena sistem dalam pembayaran yang kurang mendukung kegiatan warganya. Digitalisasi dalam semua bidang turut memudahkan proses pembayaran sehingga lebih cepat, mudah dan aman.

2. Pengendali ekonomi

Fungsi kedua dari sistem pembayaran adalah sebagai pengendali dalam perekonomian. Perekonomian negara dan masyarakat merupakan PR bersama yang harus dipikirkan. Bank Indonesia yang berhak mengeluarkan berbagai kebijakan terkait keuangan mempunyai peran penting dalam menciptakan kondisi finansial masyarakat yang kuat dan tanggung.

Salah satu caranya adalah menciptakan sistem dalam pembayaran yang bisa diakses oleh banyak orang dan aplikatif sehingga mendukung semua aktivitas masyarakat. Setiap ada perubahan dalam sistem pembayaran tersebut akan berdampak pada ekonomi, karena itu pihak yang terkait selalu mendesain dengan sangat berhati-hati.

3. Pendukung efisiensi ekonomi

Efisiensi ekonomi merupakan hal penting dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan merata. Dukungan dari sistem dalam pembayaran mempunyai peran penting sehingga semua masyarakat bisa bertransaksi secara efisien dan aman. Pencapaian efisiensi dalam bidang ekonomi akan mempercepat terbentuknya masyarakat yang sejahtera.

Karena fungsinya yang sangat penting tersebut, para ahli selalu melakukan monitoring, evaluasi dan inovasi dalam sistem sehingga proses pembayaran lebih mudah. Ini sangat mendukung perkembangan dan pertumbuhan kualitas hidup Masyarakat ke arah yang lebih baik.

Salah satu Perusahaan keuangan yang mendukung perkembangan dan menyediakan layanan pembayaran yang modern dan efisien adalah Fazz Business. Perusahaan keuangan yang sudah berpengalaman dan melayani masyarakat di berbagai negara di Asia Tenggara ini terus melakukan inovasi.

Fazz Business memberikan pelayanan pembayaran secara online yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Metode pembayaran yang tersedia pun beragam. Mulai dari QR code, e-wallet, virtual account, dan transfer bank.

Dengan menggunakan Fazz Business pengguna bisa melakukan pembayaran melalui transfer ke 100 rekening tujuan hanya dalam satu klik saja. untuk memonitoring proses pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan juga mudah, cukup melihat dalam satu dashboard saja.

Proses pembayaran berjalan cepat karena terintegrasi secara otomatis. Fazz Business merupakan sistem pembayaran terpercaya yang bisa digunakan oleh pebisnis untuk mengembangkan usahanya.