Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Fitur Pencarian Google yang Diperbaharui Menjadi Semakin Canggih

Mastimon.com - Siapa yang tidak kenal dengan Google? Hampir semua orang mengenalnya, bahkan menggunakan produknya untuk berbagai macam kebutuhan. Salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan pencarian informasi hanya melalui ponsel, tab, ipad, laptop dan perangkat elektronik lainnya yang terhubung dengan jaringan internet. Nah, tahukah Anda, kalau ada fitur pencarian Google yang diperbaharui menjadi semakin canggih?

Google akan mengalami perubahan besar pada penelusuran selularnya. Yang patut Anda ketahui, selama acara Search On, mereka sudah mengumumkan bahwa banyak fitur baru yang akan diberikan pada tahun depan. Akan ada serangkaian tambahan dalam mesin pencarian Google di smartphone kita yang bisa mengubah kebiasaan kita. Yang mulanya adalah pencarian klasik berupa teks, gambar atau video beralih ke "Multi-pencarian".

Anda sebagai salah seorang pengguna setia mesin pencarian Google, mungkin sudah penasaran dengan apa yang berubah dalam pencarian Google tersebut? Jangan khawatir, coba kita lihat dan simak secara detail pada informasi lebih lanjut di bawah ini. Inilah beberapa fitur baru yang sedang dipersiapkan oleh Google untuk cara baru melakukan pencarian di ponsel kita. Silahkan disimak.

Inilah Fitur Pencarian Google yang Diperbaharui Menjadi Semakin Canggih


Apa yang akan berubah dalam pencarian Google terbaru? Nah, tujuan Google sendiri adalah untuk beralih dari pencarian yang biasanya kita lakukan dengan mengetikkan beberapa kata ke pencarian tetapi juga bisa menggabungan antara gambar, teks dan prediksi. Nah, Google Lens merupakan referensi hebat yang digunakan dalam hal ini. Google Lens sendiri sudah digunakan sebanyak 8.000 juta kali setiap bulannya.

Nah, sekarang Google Lens memungkinkan kita untuk mengunggah gambar dengan tujuan untuk bisa menemukan objek terkaitnya. Yang menarik lagi sistem pencariannya tidak hanya berdasarkan pada gambar, melainkan kita bisa menambahkan teks sebagai pelengkapnya loh. Hal baru ini akan segera ditambahkan.

Nah, dalam hal penggunaannya sebagai contoh situasinya seperti ini, misalnya kita bisa menggunggah foto seperti dasi atau sepatu lalu menambahkan kata "biru", nantinya untuk hasil pencarian akan memberikan hasil terkait dengan foto dan keterangan tambahan tersebut supaya kita bisa mendapatkan informasi dengan lebih tepat sesuai kebutuhan. Inilah yang disebut dengan istilah "Multisearch" yang kita sebutkan tadi, dimana ada kombinasi antara gambar dan teks tetapi juga konteks.

Nah, saat ini sementara waktu, opsi ini sudah berfungsi ke dalam bahasa Inggris dan kabar baiknya mulai bulan depan opsi ini akan segera tersedia ke dalam lebih dari 70 bahasa loh. Menarik sekali bukan? Tidak cukup hanya sampai disitu saja, Anda harus tahu hal baru lagi dalam pencarian Google.

Ya, hal baru yang akan tersedia di Google dalam bahasa Inggris adalah pencarian kedekatan. Maksudnya Google akan memungkinkan kita untuk bisa menemukan tempat tempat terdekat yang kita cari hanya dengan menggunggah foto serta sekaligus menemukan apa yang tersedia di dalamnya.

Selain itu, menyinggung soal Google Lens yang kita sebutkan tadi, Anda akan melihat peningkatan secara signifikan terhadap desain untuk menerjemahkan gambarnya. Dimana mulai akhir tahun 2022, Google Lens ini akan memungkinkan kita untuk bisa menerjemahkan gambar secara langsung dan tetap mempertahankan latar belakang asli. Meskipun perubahan ini mungkin tampak kecil, namun sebenarnya membutuhkan proses dan pembelajaran mesin yang sangat besar.

Secara umum, pencarian Google di perangkat ponsel kita akan menjadi lebih visual dengan adanya gambar dan kartu yang lebih besar. Penelusuran visual ini akan menyertakan pilihan mulai dari mengambil tangkapan layar, serta menyelesaikan persamaan atau menerjemahkan dengan kamera. Fitur ini akan tepat berada di bawah bilah penelusuran.

Dengan demikian pada prosesnya Google akan langsung menyediakan informasi yang kita cari, menempati seluruh lebar halaman termasuk juga video. Lalu di bagian navigasi juga akan disertakan saran pencarian dalam bentuk tag. Saran ini akan disertai tab gambar atau peta. Multisearch ini akan menjadi satu tab untuk berbagai format yang digabungkan.

Mulai dari kartu sampai video, melalui situs web, foto atau teks ditawarkan oleh Google, jadi semua format akan dicampur dalam tampilan yang sama. Nah, pembaharuan ini akan mulai diluncurkan dalam bahasa Inggris lebih dulu di Amerika Serikat, khususnya periode khusus sepanjang tahun 2023 cara baru menemukan informasi dari ponsel ini akan segera diluncurkan di Eropa. Terima kasih sudah berkunjung ke mastimon.com

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas inilah fitur pencarian Google yang diperbaharui menjadi semakin canggih untuk para pengguna setia. Bagaimana menurut Anda, apakah cara baru tersebut layak dicoba dan cocok untuk kebutuhan Anda? Pastinya kita bisa menantikan hal yang baru dari Google ini. Berita trending hari ini lainnya bisa Anda lihat secara update di buu.my.id

Peran teknologi dari hari ke hari menjadi semakin kuat,sehingga tidak heran kalau teknologi sudah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan. Semua menjadi mudah dengan teknologi yang ada. Jadi jangan sampai Anda terlewatkan mengenai apa yang baru dan bagaimana cara memanfaakannya untuk semakin mempermudah pekerjaan Anda. Semoga bermanfaat.