Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Jadi Agen Pulsa, Cocok untuk Bisnis Anak Muda

Mumpung masih muda, belajar mencari uang sendiri adalah pilihan yang tepat. Selain melatih jiwa wirausaha sejak usia dini, kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu lainnya. Salah satu ide bisnis yang cocok untuk anak muda adalah menjadi seorang agen pulsa.

Cara jadi agen pulsa bisa dibilang cukup mudah. Hal ini karena kamu tidak perlu modal yang besar untuk menyetok produk, menyiapkan gudang, ataupun membuka toko fisik. Hanya dengan unduh aplikasi Mitra Bukalapak, jadi agen pulsa bisa kamu lakukan dengan mudah.

Jika kamu tertarik menjadi agen pulsa yang sukses di usia muda, cara berikut ini sangat penting untuk kamu ikuti. Simak dengan baik, ya!

Cara Jadi Agen Pulsa untuk Anak Muda

Ada beberapa cara jadi agen pulsa yang sukses, namun enam cara berikut sepertinya sudah cukup mewakili jika kamu berniat terjun di bisnis ini.

1. Daftar pada Aplikasi Jualan Pulsa

Langkah pertama yang harus dilakukan agar bisa jadi agen pulsa adalah mendaftar pada aplikasi jualan pulsa secara online. Kamu bisa menyaring aplikasi jualan yang terpercaya, memiliki harga termurah, layanan lengkap, hingga deposit terjangkau.

Proses filter tersebut sangat penting agar bisnis bisa berjalan dengan baik dan lebih stabil. Salah satu contoh aplikasi jualan pulsa yang sesuai dengan filter di atas adalah Mitra Bukalapak. Disini, kamu bisa mendaftar sebagai agen pulsa, paket data, hingga token listrik.

Setelah itu kamu tinggal isi deposit untuk memulai bisnis jualan pulsa secara online. Kamu juga bisa membuka konter untuk jualan pulsa secara offline.

2. Isi Deposit Secukupnya

Setelah terdaftar sebagai agen, langkah berikutnya adalah mengisi deposit secukupnya atau sesuai dengan modal yang kamu miliki. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal hanya Rp50.000 saja. Modal ini bisa untuk 10 kali penjualan dengan saldo pulsa seharga Rp5.000.

Seiring berjalannya waktu, kamu bisa mengisi deposit pulsa sesuai dengan ramainya bisnis yang kamu jalankan. Jika ingin mengisi deposit hingga jutaan rupiah, kamu tentu saja harus memiliki pangsa pasar yang jelas dan pelanggan dalam jumlah banyak, bukan?

3. Tentukan Harga Jual Pulsa

Setiap agen pulsa bebas menjual pulsa ke konsumen dengan harga berapapun. Sebagai agen pulsa pemula, kamu bisa belajar menentukan harga jual pulsa dari orang-orang yang lebih dulu terjun dalam bisnis ini, atau langsung mengikuti pasaran harga pulsa di sekitar.

Penentuan harga ini bisa jadi strategi pemasaran yang bisa menggaet banyak pelanggan. Jika kamu merasa sudah cukup untung dengan komisi yang didapatkan dari setiap transaksi, memberikan diskon kepada pelanggan setia adalah ide yang bagus dilakukan.

4. Lakukan Promosi yang Menarik

Meskipun terlihat sepele, bisnis jualan pulsa juga harus menggunakan strategi promosi yang menarik, lho! Kamu bisa membuat promo potongan harga 10% pada saat grand opening, ataupun aktif di sosial media dengan menawarkan layanan pulsa milikmu kepada orang lain.

Promosi ini harus kamu lakukan secara bertahap agar konsumen yang datang bisa menjadi pelanggan setia. Selain memberikan aktif dan memberi diskon, kamu juga bisa membuat sistem membership program agar bisnismu semakin besar dan dikenal banyak orang.

5. Lengkapi Layanan yang Dimiliki

Melengkapi layanan yang dimiliki adalah cara mudah untuk menjaga konsumen agar tetap berada pada pangsa pasar milikmu. Tidak hanya menjual pulsa pada operator tertentu saja, kamu juga harus mulai melengkapi seluruh operator yang ada di Indonesia.

Hal ini sangat penting untuk menghindari penolakan kepada konsumen. Bisa dibayangkan, jika ada konsumen yang datang kepadamu untuk membeli pulsa, tapi kamu mengatakan jika tidak ada pulsa untuk operator itu. Mereka pasti akan memasukkanmu ke daftar hitam, kan?

Selain melengkapi layanan pulsa menjadi all operator, kamu juga bisa merambah ke bisnis pendamping pulsa. Misalnya dengan menjual case HP, kabel USB, powerbank, token listrik, tempered glass, ataupun gantungan kunci khusus HP dengan model yang lucu.

6. Hindari Sistem Berhutang

Cara jadi agen pulsa sukses yang terakhir adalah menghindari sistem berhutang. Hal ini sangat penting diperhatikan karena hutang akan menghambat bisnis yang kamu jalankan. Jika tidak tegas, konsumen akan selalu berhutang dan membayar entah kapan waktunya.

Jika dibiarkan terus menerus, uang yang kamu dapat tidak akan bisa menutup biaya deposit saldo awal. Dengan begitu, kamu tidak akan memiliki saldo deposit dan tidak bisa menjual pulsa kepada konsumen yang lainnya. Jadi, sikap tegas sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Jadi Agen Pulsa dengan Gabung di Mitra Bukalapak

Nah, bagi kamu yang tertarik menjadi agen pulsa setelah membaca informasi di atas, kamu bisa langsung bergabung di Mitra Bukalapak. Caranya, unduh aplikasi Mitra Bukalapak di smartphone milikmu, lalu ikuti perintah pendaftaran yang ada sampai selesai.

Setelah pendaftaran berhasil, kamu bisa mulai melakukan transaksi pembelian saldo pulsa sesuai dengan jumlah yang kamu inginkan. Jika sudah, kamu bisa segera mengikuti cara yang ada di atas untuk mendapatkan pembeli pertamamu. Selamat mencoba, ya!