Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Belajar Minim Stress Persiapan UTBK 2023 untuk Kelas 12

Padatnya aktivitas di sekolah maupun di luar sekolah membuat kamu para siswa kelas 12 cenderung sulit untuk membagi waktu. Berbagai aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para siswa kelas 12 seperti ekstrakulikuler, kursus, menghadapi berbagai ujian sekolah, menghadapi UTBK dan seleksi perguruan tinggi lainnya.

Terlebih lagi kamu harus mempersiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi, yang mana kamu harus mempersiapkan fisik sekaligus mental untuk menghadapinya. Jadwal yang menumpuk dan berantakan cenderung membuat kamu akan kurang mendapatkan waktu istirahat. Alhasil, kamu akan mudah terkena stress dan jatuh sakit.

Perbedaan Persiapan UTBK 2023 dan UTBK 2022


Ada perubahan penerapan peraturan di UTBK 2023. Di UTBK 2022, ujian terbagi dalam dua kelompok, yaitu Tes Kemampuan Akademik dan Tes Potensi Skolastik. Namun, di UTBK 2023, kamu hanya akan diuji mengenai Tes Potensi Skolastik yang nantinya ujian ini akan memfokuskan kepada kemampuan bernalar dan bagaimana cara kamu memecahkan suatu permasalahan yang ada.

Nantinya, kamu tidak akan banyak mempelajari suatu rumus dan hafalan, melainkan kamu akan diuji dengan cara mengidentifikasi suatu masalah dan bagaimana cara kamu memberikan solusi.

Namun, kamu tidak perlu panik dan khawatir. Karena kamu masih bisa memanfaatkan waktu untuk menyicil persiapan UTBK dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Quipper.

Bagaimana Cara Meminimalisir Stres untuk Persiapan UTBK 2023

Selain rajin belajar, cara lain untuk mempersiapkan UTBK 2023 agar lebih efektif adalah dengan mencegah stress. Banyak sekali faktor stress ketika kamu sedang mempersiapkan masuk ke perguruan tinggi.

Seperti misalnya jadwal yang bentrok, kurangnya waktu istirahat dan lain sebagainya. Stress yang berlebihan tentu akan membuat kamu mudah jatuh sakit dan tidak bisa fokus kepada UTBK nantinya.

Nah, untuk kamu para siswa kelas 12 yang sekarang sedang mempersiapkan diri menuju UTBK, berikut ini ada beberapa tips belajar minim stress untuk persiapan UTBK 2023. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

1. Mempelajari Cara Manajemen Waktu yang Baik

Tips belajar minim stress yang pertama ketika kamu sedang mempersiapkan diri untuk UTBK 2023 adalah mengatur waktu dengan baik. Manajemen waktu yang teratur dan baik tentu sangat penting dan mempengaruhi proses persiapan UTBK kamu.

Buatlah jadwal yang teratur untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2023 semisal belajar, istirahat dan lain-lain. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk belajar juga akan membuat kamu mudah stress. Ingat, belajar memang nomor satu untuk persiapkan diri menghadapi ujian. Namun, jangan sampai belajar menjadi beban untuk kamu sampai kamu merasakan stress dan jatuh sakit.

2. Jangan Lupa untuk Beristirahat

Agar bisa menghadapi persiapan UTBK supaya hasilnya bisa memuaskan, tentunya kamu harus belajar yang rajin dan giat. Namun, waktu belajar kamu tetap harus seimbang dengan waktu istirahat.

Pastikan kamu tetap mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Menghadapi UTBK 2023 membutuhkan persiapan fisik dan mental, maka dari itu kamu juga perlu mendapatkan waktu istirahat yang cukup agar tidak terlalu kelelahan.

3. Hindari Belajar Berlebihan dengan Membuat To-do List

Salah satu tips belajar minim stress yang sudah dibahas di poin pertama yaitu mengatur waktu dengan baik. Salah satu cara supaya waktu kamu bisa termanage dengan baik yaitu dengan cara membuat to-do list.

To-do list merupakan sebuah daftar yang kamu tuliskan beberapa aktivitas yang kamu perlu lakukan. Aktivitas ini juga bisa memiliki fungsi sebagai pengingat agar kamu tidak lupa dengan apa saja aktivitas yang harus diselesaikan.

Agar bisa lebih mendapatkan waktu belajar yang efektif, kamu bisa membuat to-do list harian. Tujuannya adalah agar kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik, dengan cara memenuhi aktivitas yang sudah terjadwalkan seperti misalnya belajar untuk persiapan UTBK 2023. Membuat to-do list juga berguna untuk mengatur waktu kamu agar tidak mengalami yang namanya over-study.

4. Diskusi dengan Coach Quipper

Menghadapi persiapan UTBK 2023, tentunya kamu harus rajin belajar. Ada beberapa cara belajar yang bisa kamu coba sesuai dengan kemampuan dan minat kamu.

Seperti misalnya, belajar dengan bantuan lembaga kursus atau bimbingan belajar secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa belajar dengan menggunakan platform konsultasi belajar salah satunya adalah Quipper.

Quipper akan membantu kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK 2023 dengan cara memberikan berbagai tutorial belajar. Terdapat berbagai tutor profesional yang bisa membantu kamu. Kamu juga bisa mencoba konsultasi dan diskusi soal pembelajaran untuk UTBK 2023 dengan bantuan Coach Quipper.

5. Jangan Lupa untuk Apreasiasi Diri

Tips terakhir yang perlu kamu lakukan untuk menghadapi persiapan UTBK adalah jangan lupa untuk melakukan self-reward. Tips yang satu ini memang bukanlah tips belajar, namun cara yang satu ini bisa membantu diri kamu untuk tetap semangat dalam menghadapi hari-hari sebelum datangnya hari UTBK.

Self-reward merupakan suatu tindakan untuk berterimakasih kepada diri kamu sendiri, setelah melewati berbagai proses persiapan UTBK 2023 ini. Dengan cara ini, kamu juga bisa lebih menikmati proses persiapan UTBK dan terhindar dari stress yang berlebihan.

Nah, itu dia beberapa tips belajar untuk kamu para siswa kelas 12 yang harus mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK 2023. Tips belajar ini penting dan bisa kamu terapkan.

Segera persiapkan fisik dan mental kamu untuk menghadapi UTBK 2023 salah satunya adalah dengan cara belajar melalui platform Quipper. Quipper sebagai platform konsultasi belajar terbaik akan membantu kamu memberikan berbagai fitur pembelajaran secara online. Yuk, pelajari lebih lanjut mengenai platform Quipper untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2023!