Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Surat Keterangan Kerja, Pengertian hingga Fungsi

Apa sih fungsi Surat Keterangan Kerja dan bagaimana isinya yang benar? Lalu, siapa yang menerbitkan Surat Keterangan Kerja? Apakah bagian Human Capital atau Human Resource?


Di beberapa situasi mungkin Anda memerlukan Surat Keterangan Kerja, bukan hanya untuk mencari pekerjaan baru saja agar. Surat Keterangan Kerja ini sebenarnya adalah dokumen yang mudah diperoleh dan diterbitkan sederhana. Simak artikel ini untuk informasi lebih lengkap mengenai Surat Keterangan Kerja.

Apa Itu Surat Keterangan Kerja?

Surat Keterangan Kerja merupakan sebuah dokumen yang diterbitkan perusahaan saat ini Anda bekerja atau perusahaan lama untuk memberi tahu bahwa Anda adalah karyawan atau mantan pekerja di perusahaan mereka.

Isi Surat Keterangan Kerja sendiri mencangkup tanggal kerja, gaji, dan informasi lainnya, tergantung kepentingan dan status karyawan tersebut. Misalnya, bila yang meminta Surat Keterangan Kerja adalah mantan karyawan, bisa jadi dicantumkan alasan karyawan diberhentikan.

Surat Keterangan Kerja biasanya diterbitkan oleh departemen Human Resource. Namun, ini sebenarnya tergantung perusahaan masing-masing. Beberapa perusahaan bahkan ada yang memberikan wewenang pengeluaran Surat Keterangan Kerja kepada manajer atau supervisor, dikutip dari laman The Balance.

Siapa Saja yang Bisa Meminta Surat Keterangan Kerja?

Mengutip dari Corporate Finance Institute, ternyata yang berhak meminta Surat Keterangan Kerja bukan hanya karyawan yang bersangkutan saja, ada beberapa pihak yang bisa meminta Surat Keterangan Kerja, yaitu

1. Karyawan

Seorang karyawan atau mantan karyawan yang meminta Surat Keterangan Kerja harus jelas dokumen tersebut ditujukkan untuk apa dan harus profesional. Anda bisa langsung minta ke bagian Human Resource dan harus mendapatkan persetujuan dari manajer Human Resource.

Apabila departemen tersebut tidak menyediakan template Surat Keterangan Kerja, Anda bisa menyiapkan formulir di mana isinya mencangkup semua informasi yang dibutuhkan.

2. Calon Perusahaan Baru

Surat Keterangan Kerja adalah salah satu hal yang penting diperlihatkan saat proses lamaran kerja. Beberapa perusahaan akan meminta Surat Keterangan Kerja secara fisik yang berisi informasi terkait pekerjaan Anda di perusahaan lama.

Biasanya perusahaan baru akan menghubungi perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja untuk meminta menerbitkan Surat Keterangan Kerja tersebut.

3. Pihak Ketiga

Surat Keterangan Kerja tidak hanya dapat digunakan untuk urusan pekerjaan saja, namun beberapa pihak pun meminta dokumen tersebut untuk proses verifikasi, seperti lembaga keuangan, pemberi pinjaman, asuransi, dan lainnya. Hal tersebut berguna untuk lembaga yang bersangkutan mengetahui gaji karyawan dan kemampuan mereka saat membayar cicilan.

Apa Saja yang Harus Ada di Surat Keterangan Kerja?

Selanjutnya, Anda wajib tahu apa saja yang harus ada di Surat Keterangan Kerja, yang akan dibagi menjadi komponen-komponen berikut:

1. Informasi Tentang Perusahaan

Informasi mengenai perusahaan tempat Anda bekerja wajib dicantumkan, mulai dari alamat surat dan email, serta nomor telepon. Hal tersebut bisa mempermudah pihak ketiga atau calon perusahaan baru bisa menghubungi perusahaan tempat Anda bekerja dengan mudah.

Informasi tersebut juga menunjukkan jika Surat Keterangan Kerja benar-benar diterbitkan oleh perusahaan yang wujudnya ada, dengan kata lain Surat Keterangan Kerja tersebut tidak palsu.

2. Informasi Karyawan

Tentu saja informasi karyawan penting dimasukkan ke dalam Surat Keterangan Kerja, karena memang fungsi dari dokumen ini adalah memberikan informasi sejelas-jelasnya terkait karyawan yang bersangkutan.

3. Detail Pekerjaan

Detail pekerjaan dari karyawan yang bersangkutan harus dijelaskan secara rinci, mulai dari posisi yang dipegang karyawan tersebut, tanggung jawab, jenis pekerjaan (full time, part time, dan lainnya), penghargaan yang pernah diterima karyawan, hingga kompensasi.

4. Tanda Tangan dan Stempel

Terakhir, jangan lupakan tanda tangan dan stempel yang membuktikan jika Surat Keterangan Kerja adalah dokumen dari perusahaan resmi.

Apa Fungsi Surat Keterangan Kerja?

Fungsi Surat Keterangan Kerja pun bermacam-macam, yaitu:

1. Melamar Pekerjaan Baru

Calon perusahaan baru yang sedang dalam proses rekrutmen biasanya membutuhkan Surat Keterangan Kerja untuk proses verifikasi dan melihat latar belakang calon karyawan dan perusahaan lama tersebut. Mereka akan mencari tahu mengenai di mana kantor karyawan terdahulu, jabatan, hingga tanggung jawab pekerjaannya.

2. Beli Rumah atau Tanah

Selain untuk proses rekrutmen pekerjaan, Surat Keterangan Kerja juga bisa dipakai untuk syarat beli tanah atau rumah secara mencicil. Lembaga peminjam membutuhkan dokumen tersebut untuk konfirmasi pekerjaan Anda dan pendapatan tahunan yang Anda peroleh. Sehingga, mereka bisa tahu apakah dengan pendapatan tahunan tersebut cukup untuk membayar cicilan bulanan.

Sekian informasi mengenai Surat Keterangan Kerja yang ternyata cukup penting dimiliki. Setelah mendapatkan Surat Keterangan Kerja, Anda bisa langsung melamar pekerjaan lewat platform-platform lowongan kerja seperti KitaLulus.

Kenapa harus melamar kerja di KitaLulus? Di KitaLulus, ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lamar, tersebar di seluruh Indonesia. Semua lowongan yang masuk di KitaLulus sudah melewati proses verifikasi yang ketat sehingga tidak ada lowongan bodong dan penipuan.

KitaLulus bisa Anda buka lewat website atau dari aplikasi yang tersedia gratis di Google Play Store. Tak hanya menghadirkan lowongan pekerjaan saja, Anda bisa dapatkan beberapa tips dan informasi lain terkait dunia pekerjaan. Jadi, yuk langsung buka KitaLulus sekarang juga!