Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Lengkap Diagram Alur Disini

Apabila Anda berada dalam satu organisasi atau Anda bekerja di satu perusahaan atau di lembaga pemerintahan, maka butuh diagram alur. Ini adalah satu hal yang wajib dipahami dengan baik, karena baik organisasi atau lembaga itu sudah pasti mempergunakan diagram alur ini. Dan untuk bisa membuat diagram alur yang benar, maka harus memiliki pemahaman yang baik dan juga mendalam.

Orang pasti terbiasa melihat diagram alur karena di berbagai pusat pelayanan masyarakat itu sudah pasti ada diagram alur tersebut. Tapi tidak banyak orang yang benar-benar memahaminya dengan baik, mulai dari apa itu diagram alur, kegunaan, fungsi, cara buat, dan lain sebagainya. Simak penjelasan kami mengenai diagram alur disini untuk menambah pemahaman Anda.

Diagram Alur Itu Apa?


Diagram alur itu adalah sebuah diagram yang di dalamnya itu berisikan beberapa blok kotak persegi panjang yang terhubung dengan panah. Diagram ini biasanya akan menjelaskan suatu proses dan juga langkah demi langkah untuk satu prosedur tertentu. Diagram alur ini pun akan menyajikan dokumen yang dibutuhkan dan yang dihasilkan dari setiap proses dalam satu prosedur tersebut.

Proses Membuat Diagram Alur

Untuk orang bisa membuat sebuah diagram alur itu tentunya harus tahu dulu seperti apa sih proses dari pembuatannya. Dengan begitu orang akan bisa membuat diagram alur dan juga membuat yang kualitasnya itu cukup baik dan bisa memberikan informasi secara jelas. Berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai bagaimana sih proses pembuatan diagram alur dari awal sampai selesai.
  1. Proses yang pertama tentu harus membuat prosedur yang jelas terlebih dahulu dari awal sampai akhir sesuai dengan kesepakatan bersama
  2. Proses yang kedua adalah Anda mengumpulkan setiap proses ataupun langkah yang ada pada prosedur yang akan dibuat diagram alur. Sebisa mungkin langkah atau proses yang ada pada diagram alur itu harus singkat dan sederhana namun tetap mudah dipahami.
  3. Proses yang ketiga adalah Anda mengurutkan setiap proses tersebut dari awal sampai akhir, dan hal ini harus dilakukan secara teliti
  4. Proses yang keempat adalah Anda memikirkan dokumen yang dibutuhkan untuk setiap proses dan yang dihasilkan oleh setiap proses. Masukkan dokumen tersebut dalam proses yang membutuhkannya dan yang dihasilkan dalam proses itu di diagram alur.
  5. Anda buat alur dari dokumen tersebut kemana saja dan berakhir di mana
  6. Periksa kembali diagram alur yang Anda buat, apakah sudah lengkap dan tidak ada simpul yang masih terbuka
  7. Diskusikan juga dengan orang ataupun atasan Anda, sehingga nantinya diagram alur yang Anda buat itu akan sempurna

Kriteria Diagram Alur Yang Baik

Untuk Anda bisa membuat satu diagram alur yang terbaik itu tentunya Anda perlu tahu dulu seperti apakah kriteria dari diagram alur yang terbaik. Mungkin sampai sekarang pun masih banyak orang yang membuat diagram alur sejadinya saja, padahal sebenarnya lebih dari itu. Dan berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih kriteria dari diagram alur yang memiliki kualitas yang terbaik.
  1. Kriteria yang paling pertama itu sudah jelas adalah singkat ataupun ringkas setiap prosesnya dan tetap sederhana langkah detailnya. Sehingga lebih mudah untuk dipahami
  2. Kriteria yang kedua adalah bisa menggambarkan secara jelas kepada banyak orang mengenai satu prosedur yang dibuat dalam diagram alur
  3. Bagan terlihat sederhana atau tidak terlihat ribet, namun tetap bisa menjelaskan semua proses dan juga tahapan pada satu prosedur
  4. Ditampilkan secara rapi, sehingga orang pun akan nyaman untuk melihat dan membaca diagram alur tersebut.

Kegunaan Diagram Alur

Mengenai kegunaan dari diagram alus sendiri memang cukup banyak ya, namun tidak banyak orang yang memahami dengan pasti kegunaannya. Sebenarnya diagram alur itu bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal dalam kegiatan manusia ataupun suatu organisasi ya. Berikut beberapa kegunaan dari sebuah diagram alur.
  1. Untuk menjelaskan suatu prosedur
  2. Untuk menjadi satu sistem berpikir
  3. Untuk menemukan solusi
  4. Untuk membangun sebuah sistem organisasi yang baik