Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop sesuai Merk yang Mudah

Penggunaan laptop saat ini sudah banyak dipilih sebagai fasilitas kerja atau untuk mengerjakan tugas sekolah. Tidak heran, karena kebutuhan ini, perkembangan teknologi membuat berbagai jenis laptop juga dilengkapi fitur fitur canggih dan unik. Salah satunya adalah lampu keyboard laptop yang bisa menyala. Nah, cara menyalakan lampu keyboard laptop berbeda beda sesuai merk nya tapi mudah dilakukan.

Tahukah Anda, Fitur backlight keyboard di laptop berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan keyboard untuk mengetik pada tempat yang pencahayaannya kurang. Sehingga tombol tombol yang diketik bisa terlihat dengan jelas. Selain itu tampilan cahaya dari latar keyboard juga bisa membuat laptop terlihat lebih keren dan kekinian.

Namun, untuk memanfaatkan fitur ini Anda perlu mengetahui bahwa tidak semua jenis, tipe atau merek laptop terkenal mendukung fitur tersebut. Oleh sebab itu, sebelum mencobanya, Anda perlu mengecek terlebih dahulu kelengkapan fitur laptop milik Anda. Selanjutnya untuk menghidupkan lampu keyboard di laptop semua merk mulai dari Asus, Toshiba, HP, Lenovo, Acer dan lain sebagainya akan kita bahas cara dan triknya di bawah ini. Yuk simak.

Cara Menyalakan Lampu Keyboard Laptop sesuai Merk yang Mudah


1. Mengaktifkan lampu keyboard untuk Laptop Asus

Jika Anda menggunakan laptop Asus, Anda bisa menggunakan beberapa shortcut untuk mengatur backlight keyboard. Cara menyalakan lampunya dimulai dengan menekan tombol Fn + Page Up atau Fn + F7. Namun, jika Anda sudah mencobanya, tapi lampu keyboard tidak menyala berarti laptop Asus Anda tidak mendukung fitur tersebut.

Ya, tidak semua tipe seri laptop Asus memiliki fitur tersebut. Biasanya fitur ini ada di seri laptop Asus Vivobook, TUF Gaming, Asus ROG namun selain tipe itu, Anda tetap bisa mencobanya untuk memastikan apakah laptop Anda support backlight keyboard atau tidak.

2. Mengaktifkan lampu keyboard untuk laptop HP

Di laptop HP juga memiliki pengaturan yang sederhana dan mudah untuk menyalakan lampu keyboard loh. Apabila laptop HP Anda mendukung fitur backlight keyboard maka, setelah Anda menekan tombol F5 atau F2, lampu latar keyboard akan menyala. Namun di beberapa tipe Laptop HP lainnya berhasil dengan menekan Fn + Space. Jadi Anda bisa coba dengan kedua cara itu, mana yang cocok untuk laptop HP Anda.

3. Mengaktifkan lampu keyboard untuk laptop Acer

Untuk menghidupkan fitur backlight keyboard di laptop Acer berbeda dengan cara merek laptop yang sudah kita bahas diatas. Namun, caranya tidak kalah mudah. Kita hanya perlu menggunakan beberapa tombol untuk menyalakan lampu keyboard yaitu dimulai dari menekan tombol Fn + F9 atau kalau tidak berhasil gunakan tombol lainnya yakni Fn + F8. Setelah menekannya, jika laptop Acer Anda mensupport lampu keyboard, maka lampunya akan menyala secara otomatis.

4. Mengaktifkan lampu keyboard untuk laptop Lenovo

Berbeda dengan jenis laptop lainnya, para pengguna laptop Lenovo pasti menyukai tampilan desainnya yang yang sederhana dan simpel sebagai ciri khasnya. Nah, hal ini juga berlaku untuk fitur backlight keyboard di laptop Lenovo yang sangat mudah untuk dilakukan.

Jika Anda ingin mengaktifkan lampu keyboard di laptop Lenovo, Anda bisa mencobanya dengan menekan tombol Fn + Space, jika belum berhasil tekan tombol lainnya yakni Fn + Page Up. Jika laptop Lenovo support fitur ini, maka secara otomatis lampu keyboard akan menyala setelah menekan tombol.

5. Mengaktifkan lampu keyboard untuk laptop Dell

Laptop Dell juga banyak dipilih untuk membantu berbagai tugas harian. Nah, jika Anda juga pengguna laptop Dell dan ingin mengaktifkan fitur backlight keyboard, tutorialnya sangat mudah. Dimulai dari menekan tombol F11 atau bisa juga tombol F5.

Meskipun sebagaimana yang kita laptop tahu, laptop Dell tidak begitu sepopuler laptop lainnya, namun jangan kecewa karena ternyata laptop ini juga bisa memberikan fitur lampu keyboard yang kekinian seperti merek laptop lainnya. Jadi buat Anda pengguna laptop Dell, jangan putus harapan dulu ya.

6. Mengaktifkan lampu keyboard untuk laptop MSI

Nah, yang tidak ketinggalan kita bahas juga dalam artikel ini adalah cara menyalakan lampu di laptop MSI. Mungkin beberapa dari kita masih asing mendengar merek laptop yang satu ini, namun ada yang sudah menggunakannya untuk berbagai keperluan. Di laptop MSI, kita juga bisa mengaktifkan fitur backlight keyboard. Caranya adalah dengan menekan tombol Fn + Page Up. Jika Anda ingin menonaktifkannya tinggal tekan Fn + Dow.

Demikianlah informasi selengkapnya yang membahas tentang cara menyalakan lampu keyboard sesuai mereknya yang mudah. Lampu keyboard adalah salah satu fitur menarik yang sayang jika dilewatkan. Pastikan Anda bisa memanfaatkannya dalam penggunaan laptop secara maksimal. Dapatkan juga berbagai informasi terbaru seputar media online smartphone, aplikasi, tutorial Android secara update di halamantutor.xyz

Menemui kondisi dimana laptop tidak bisa menyalakan lampu keyboard? Sesuai yang sudah disinggung diatas, Anda diingatkan lagi untuk mengecek kelengkapan fitur laptop Anda apakah mendukung backlight keyboard atau tidak, kemudian sesuaikan cara menyalakan lampu keyboard sesuai dengan merek dan tipe laptop. Selamat mencoba.