Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android Otomatis

Saat ini menerjemahkan bahasa bukanlah hal yang rumit. Bahkan sangat mudah berkat teknologi yang terus maju di zaman modern sekarang. Di HP Android atau Smartphone kita bisa menerjemahkan bahasa ke bahasa lain dengan praktis. Misalnya Anda bisa mengaktifkan Google Translate di keyboard Android otomatis. Menarik sekali bukan? Lantas bagaimana caranya?

Bayangkan kemudahan ini, hanya cukup mengetikkan saja apa yang ingin Anda sampaikan, maka secara otomatis penerjemahan bahasa yang dituju akan segera dimunculkan. Hal ini pasti akan sangat membantu aktifitas Anda khususnya jika ingin berbicara menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa lainnya dengan mudah dan cepat.

Kalau biasanya mungkin Anda harus masuk ke aplikasi translate terlebih dahulu untuk menerjemahkan sebuah kata atau kalimat, kali ini Anda gak perlu repot repot lagi. Cukup hanya dengan menuliskannya saja di papan keyboard, Anda bisa menerjemahkan ke bahasa apapun yang Anda pilih. Seperti translate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya, Bahasa korea, Bahasa Mandarin, Bahasa Thailand atau bahkan Bahasa Jawa, Sunda, Dayak, Banjar dan masih banyak lagi.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkan google translate otomatis di keyboard ponsel Android Anda? Selengkapnya mari simak tutorialnya di bawah ini.

Simak Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android Otomatis


1. Memiliki Aplikasi GBoard

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan kalau HP Android atau Smartphone Anda memiliki aplikasi GBoard atau Keyboard Google. Apabila Anda memang belum memilikinya, Anda bisa download atau unduh terlebih dahulu melalui layanan resmi Google Playstore di ponsel pintar Anda. Setelah selesai mendownload, instal dan jalankan aplikasi.

Pada halaman awal saat membuka aplikasi GBoard, pilih opsi “Pilih Metode Masukan”. Opsi ini dipilih untuk mengubah tipe keyboard Anda yang awalnya keyboard biasa dialihkan menjadi tipe GBoard yang akan memungkinkan Anda untuk menerjemahkan kata kata.

2. Mengubah Keyboard ke GBoard

Setelah selesai masuk ke pengaturan dan mengubah Keyboard menjadi Gboard, maka kini papan ketik Anda sudah bisa digunakan untuk menikmati fitur translate Bahasa yang Anda inginkan. Untuk segera menggunakannya silahkan pergi ke layanan SMS, atau aplikasi catatan di Handphone Android Anda tersebut.

3. Memilih Bahasa Penerjemahan

Setelah pergi ke layanan SMS atau aplikasi catatan, sentuh tempat dimana Anda ingin menulis. Kemudian segera keyboard akan ditampilkan bukan? Saat keyboard tampil, arahkan perhatian Anda pada ikon translate yang tersedia di papan ketik tersebut. Biasanya letaknya di tengah diantara fitur yang lainnya.

Pada fitur tersebut Anda sudah bisa memilih Bahasa mana yang ingin Anda gunakan atau Bahasa yang dituju. Anda juga bisa memilih pilihan Bahasa secara langsung di keyboard tersebut dengan banyak pilihan Bahasa untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Tuliskan lah beberapa kata dalam Bahasa Indonesia di kolom yang disediakan pada keyboard. Maka secara otomatis bersamaan tulisan atau ketikkan Anda juga akan langsung diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris.

4. Translate Bahasa satu dengan yang lainnya

Jika sebelumnya menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, maka Anda juga bisa menerjemahkan sebaliknya dengan memilih ikon ditengah seperti tanda panah bolak balik. Jadi sangat praktis untuk menggonta ganti Bahasa kemudian menerjemahkannya secara otomatis.

5. Gunakan Bahasa resmi

Kalau Anda sudah biasa menulis percakapan atau catatan menggunakan Bahasa yang tidak formal seperti banyak singkatan atau kata kata sehari hari, cobalah sesuaikan untuk menggunakan Bahasa resmi. Mengapa demikian? Sebab supaya bisa diterjemahkan dengan baik, Bahasa Indonesia yang digunakan mesti teks resmi. Kalau Anda menggunakan kata yang sulit dimengerti oleh sistem maka kata tersebut tidak bisa diterjemahkan.

6. Digunakan sesuai kebutuhan

Anda bisa menggunakan dan mengaktifkan fitur translate otomatis ini sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa menggunakannya untuk berkirim pesan diwhatsapp, sms, telegram, Instagram, facebook dan lain sebagainya. Jika tidak menggunakannya lagi, Anda juga bisa dengan mudah menonaktifkannya saja atau cukup klik kembali untuk keyboard seperti semula.

Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membantu Anda terkait Cara Mengaktifkan Google Translate di Keyboard Android Otomatis. Mudah sekali bukan? Kini Anda bisa menerjemahkan Bahasa apapun dengan sangat mudah langsung di papan ketik Anda. Lihat informasi menarik lainnya seputar tips dan trik Android, komputer dan game terbaru di yannech.com

Segera manfaatkan fitur canggih google translate otomatis di keyboard Android Anda untuk kemudahan membuat catatan, mengirimkan teks pesan SMS, Wa, Telegram, Email, status media sosial bahasa asing seperti Bahasa inggris. Fitur ini juga bisa sangat membantu bagi Anda yang ingin belajar Bahasa asing, karena bisa sekaligus mempraktekkannya dalam kehidupan sehari harii. Semoga bermanfaat.