Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Alasan Mengapa Investasi Emas Antam Menguntungkan Saat ini

Sebagaimana yang kita tahu emas merupakan salah satu barang yang berharga. Kehadirannya juga menjadi aset yang diinginkan di seluruh dunia. Emas tidak hanya dijadikan sebagai bahan perhiasan yang cantik namun juga kerap dijadikan sebagai bisnis investasi modern. Setidaknya ada beberapa alasan mengapa investasi emas antam menguntungkan saat ini.

Sejak mulainya wabah pandemi virus Covid 19, harga emas sendiri terus mengalami kenaikan sampai dengan hari ini. Beberapa para investor berpengalaman mengakui bahwa menyimpan uang mereka dalam bentuk investasi emas adalah salah satu keputusan yang tepat karena mampu memberikan keuntungan yang besar. Anda mungkin berpikir apa keuntungan dari investasi emas?

Sebenarnya ada banyak keunggulan yang bisa di dapat dari Investasi Emas Antam dijaman modern sekarang ini. Apalagi kini bisnis semakin dimudahkan dengan adanya Investasi Emas Online yang terpercaya dan aman. Hanya cukup bermodalkan perangkat ponsel canggih sekarang saja, Anda bisa terhubung dengan aplikasi untuk jual beli emas hanya dengan beberapa ketukan yang praktis.

Ingin tahu cara mudah investasi emas? Nah, sebelumnya mari kita simak alasan yang membuktikan apakah investasi emas memang menguntungkan saat ini. Yuk simak.

Simak Alasan Mengapa Investasi Emas Antam Menguntungkan Saat ini


1. Mengapa Emas Berharga?

Sudah sejak lama emas telah dikaitkan artinya dengan kekayaan serta kemakmuran. Sejak peradaban manusia, beberapa orang cenderung suka mengumpulkan emas sebagai aset harta yang berharga. Sebut saja di peradaban kuno seperti Lembah Indus, Firaun Mesir, Kekaisaran Romawi atau dinasti Cina. Tapi apa alasannya emas begitu berharga? Dan mengapa kita bisa investasi emas?

  • Pasokan Emas di dunia terbatas. Untuk persediaan emas di dunia sendiri adalah terbatas jika dibandingkan dengan sumber daya yang lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa emas lebih bernilai. Bahkan emas juga sulit ditemukan dan dihasilkan daripada beras.
  • Emas dapat diubah menjadi berbagai produk. Sebagaimana kita tahu emas dapat dicetak, disimpan atau diangkut serta dapat diubah menjadi benda benda cantik yang indah seperti halnya perhiasan.

2. Fungsi Emas

Tahukah Anda, setelah sistem barter, emas menjadi standar baru yang dipergunakan sebagai uang sebelum akhirnya uang kertas diperkenalkan di dunia. Emas sendiri memiliki banyak fungsi atau kegunaan sehari hari. Beberapa diantaranya adalah :

  • Emas sebagai Aset Investasi
  • Emas sebagai perhiasan
  • Emas sebagai produksi barang elektronik meski jarang digunakan
  • Emas untuk tambalan gigi
  • Emas digunakan dalam hal medis untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan termasuk arthritis dan juga digunakan dalam beberapa instrumen bedah.

3. Emas sebagai Investasi

Bagi Anda yang ingin berinvestasi emas, ketahuilah bahwa emas sendiri sekarang sudah populer sebagai aset investasi yang layak dicoba untuk :

  • Diversifikasi, emas memiliki sifat korelasi yang negatif dan rendah apabila dibandingkan dengan aset keuangan lainnya seperti halnya pendapatan tetap, ekuitas bahkan properti. Hal ini dapat diartikan bahwa saat ekuitas atau saham memiliki kinerja yang buruk, harga emas akan berubah atau bahkan memberikan kinerja yang baik.
  • Safe haven, dapat diartikan dalam masa penuh ketidakpastian misalnya karena perang, kehancuran ekonomi, perang dan lain sebagainya. Menariknya permintaan emas akan meningkat karena emas merupakan aset fisik yang tidak akan kehilangan nilainya meski berada dalam kondisi seperti ini. Tidak bergantung situasinya, emas menjadi investasi yang aman.
  • Perlindungan aset kekayaan dari pengaruh inflasi. Inflasi yang terjadi di pasar seperti kondisi semua produk yang mengalami kenaikan akan berdampak pada uang Anda di bank yang berkurang nilainya dengan jumlah uang yang sama. Berbeda dengan emas, ia akan tetap bertahan meski ada guncangan inflasi.

4. Jenis Investasi Emas

Jenis investasi emas ada beberapa macam yakni yang pertama adalah emas fisik berupa perhiasan, koin, ornamen dan emas batangan. Kelebihan emas fisik adalah memiliki nilai estetika yang menarik dan dalam bentuk perhiasan bisa dibeli oleh siapapun.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah terdapat jumlah investasi minimum, risiko keamanannya, biaya penyimpanan, ada biaya kirim serta kurang likuid daripada emas digital sehingga bisa membayar biaya perantara lebih tinggi.

Berikutnya adalah emas digital yang direkomendasikan untuk Anda. Selain karena merupakan cara baru dalam berinvestasi emas, prosesnya sangat mudah dan cepat. Dengan cara ini Anda bisa membeli emas dari sebuah platform atau aplikasi digital seperti halnya Pluang. Kelebihannya ada banyak, beberapa diantaranya adalah sangat likuid dimana Pluang akan bertindak sebagai broke.

Selain itu, tidak ada biaya penyimpanan, dapat ditukarkan dengan jenis emas fisik, tidak ada jumlah minimum dan sifatnya aman karena disimpan di kliring berjangka di Indonesia. Semua kemudahan ini akan Anda dapat di Pluang.

5. Investasi Emas Antam yang Aman

Seperti apa investasi emas yang aman itu? Melalui informasi yang sudah kita bahas pada poin poin diatas, kita sudah bisa memahami alasan mengapa Investasi Emas Antam menguntungkan saat ini. Ya, karena investasi emas bisa memberikan perlindungan terhadap pengaruh inflasi juga depresiasi rupiah sehingga cocok disebut sebagai safe haven.

Selain itu karena harga emas yang cenderung melesat naik pada masa ketidakpastian ekonomi atau masa kritis, maka banyak investor yang mencari aset yang aman dan memiliki nilai lindung seperti investasi emas di Pluang.

Anda bisa memiliki emas dengan harga terbaik untuk menabung atau tujuan investasi. Emas yang Anda beli di Pluang ini aman karena dikelola langsung oleh PT PG Berjangka yang sudah memiliki Lisensi BAPPEBTI. Tidak hanya itu, emas Anda juga akan disimpan di PT Kliring Berjangka Indonesia atau BUMN sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk berinvestasi emas antam karena terjamin keamanannya.

Uraian diatas adalah informasi terbaru yang membahas tentang beberapa alasan Investasi Emas Antam yang menguntungkan dan patut untuk dicoba. Masih pemula dan tidak tahu caranya? Mudah sekali, Pluang bisa jadi aplikasi buat Anda yang menyukai investasi emas setiap hari yang praktis dengan keuntungan yang besar dan aman.

Dampak pandemi Covid 19 yang dirasakan oleh hampir seluruh wilayah di belahan didunia tentu berpengaruh pada kondisi ekonomi yang semakin tidak pasti. Kita pun akan lebih berhati hati dalam hal berinvestasi. Nah, Anda bisa pilih investasi emas yang adalah salah satu jenis investasi yang dianggap aman dan dipilih banyak orang saat ini. Semoga bermanfaat.