-->

Mengenal Teknik Dasar Permainan Softball lengkap Penjelasannya

Apa itu olahraga softball? Menurut pengertiannya Softball adalah salah satu jenis olahraga beregu yang mencangkup 2 kelompok regu atau tim yang bersaing untuk memperebutkan kemenangan. Anda mungkin sudah familiar dengan bola yang dilempar oleh seorang pelempar dan menjadi sasaran dari pemukul menggunakan tongkat. Inilah olahraga Softball. Namun, memainkannya tidak sembarangan sebab Anda harus mengenal teknik dasar permainan softball lengkap penjelasannya.

Sejarah softball sendiri sudah cukup lama dan sudah dikenal oleh berbagai negara di dunia. Umumnya Softball juga sudah masuk dalam daftar pertandingan olahraga di kejuaraan dunia yang bergengsi. Namun, tidak jarang juga dimainkan dalam kehidupan sehari hari untuk bersenang senang. Permainan Softball akan melatih keterampilan dalam melempar dan menangkap bola sebagai poin untuk mendapat nilai atau poin.

Softball seringkali disebut juga dengan permainan bola pukul. Apabila diperhatikan cara bermain softball memang mirip dengan permainan bola kasti, namun dalam hal ini softball membutuhkan ketangkasan serta menghabiskan banyak pikiran untuk sebuah tim bisa menang. Ingin belajar lebih jauh tentang olahraga Softball?

Yuk kita kenali apa saja teknik teknik dasar dalam permainan Softball yang perlu Anda ketahui lengkap penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Teknik Dasar Permainan Softball lengkap Penjelasannya


Teknik Dasar Melempar Bola

Teknik dasar pertama yang dibahas adalah teknik dasar melempar bola. Sekilas nampak sederhana dan mudah namun sebenarnya teknik melempar bola di permainan Softball tidak sembarang lemparan loh. Malah, teknik melempar bola perlu dicermati dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah seperti cara memegang bola dengan baik supaya lemparan bola bisa maksimal.

Cara memegang bola dengan benar dimulai dari memegang bola dengan sedemikian rupa yakni bola dan telapak tangan memiliki rongga dan tidak melekat pada telapak tangan. Perhatikan bahwa jari telunjuk dan jari tengah menekan bola, sedangkan untuk ibu jari dan jari lainnya menahan bola supaya tidak jatuh.

Nah dalam permainan softball terdapat tiga jenis lemparan yaitu :
  1. Lemparan atas, yang dilakukan dengan mengayunkan tangan dan langkah kaki yang saling bertepatan dengan berat tubuh pelempar bertumpu pada kaki di depan. Sedangkan posisi badan sedikit condong ke bagian belakang pada saat melempar.
  2. Lemparan Samping, yang dilakukan dengan posisi lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit ada lecutan pergelangan tangan pada saat melempar.
  3. Lemparan bawah, umumnya dilakukan pada saat kondisi yang darurat dan bisa di coba dalam waktu yang tepat. Untuk posisi tubuh adalah membungkuk dan kedua kaki ditekuk

 Teknik Dasar Menangkap Bola

Selain teknik melempar bola, ada teknik dasar menangkap bola yang tidak boleh disepelekan. Teknik dasar menangkap bola di bagi menjadi 3 macam yang didasarkan pada arah datangnya bola sebagai berikut :

  1. Bola datar, teknik menangkap bola dilakukan dengan posisi tubuh yang berdiri, lalu kaki kangkang serta pandangan yang lurus ke arah datangnya bola. Kedua tangan siap didepan dada. Bola ditangkap dengan tangan yang mengenakan glove dan tangan sebelahnya siap untuk melempar bola.
  2. Bola lambung, teknik menangkap bola yang memposisikan tubuh ditempat bola akan terjatuh. Bola ditangkap menggunakan satu tangan atau bisa juga dengan dua tangan secara bersamaan.
  3. Bola menggelinding, teknik menangkap bola ini dilakukan dengan datangnya bola yang menggelinding ditanah dan ditangkap dengan cara berlutut.
Teknik Dasar Memegang Tongkat Pemukul

Tongkat atau kayu pemukul disebut juga bat. Cara memegang tongkat pemukul softball juga ada tekniknya, dimana tongkat dipegang dengan erat erat dengan posisi kedua tangan yang merapat atau boleh sedikit renggang. Posisi tangan kanan memegang sebelah atas sedangkan tangan kiri dibawahnya.

Teknik Dasar Memukul Bola

Dalam teknik dasar memukul bola ada dua jenis pukulan yang perlu diketahui yakni :
  1. Pukulan Swing, dilakukan dengan cara memegang erat tongkat dengan kedua tangan, posisi memukul berada tepat diatas bahu, sehingga lengan kanan lebih rendah dari tangan kiri. Sedangkan untuk pandangannya adalah lurus kepada arah datangnya bola dari pitcher. Pada saat memukul, tongkat diayunkan dan bola segera dipukul. Sedangkan untuk sikap akhirnya setelah bola berhasil dipukul adalah mengikuti gerakan ayunan bat.
  2. Pukulan Tumbuk atau Bunt, adalah jenis pukulan yang dilakukan tanpa perlu melakukan ayunan tongkat pemukul. Jadi, pemukul hanya cukup menahan arah datangnya bola hingga bola akan jatuh dekat tidak jauh di area si pemukul.
Teknik Dasar Sliding atau Meluncur

Sliding adalah teknik gerakan dalam permainan softball yaitu gerakan meluncur badan dengan tujuan untuk mencapai base namun tidak mengurangi kecepatan dari tangan atau kaki ketika menyentuh base. Tujuan lainnya adalah untuk menghindari ketikan atau adanya sentuhan dari lawan dengan memegang base menggunakan kaki atau tangan atau menjatuhkan diri.

Teknik Dasar Base Running

Dalam permainan softball kita harus berlari segera setelah memukul bola ke base 1. Khusus di base 1, pelari yang sudah tiba tidak dapat dimatikan meski tidak menempal pada base. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk base 2 dan 3 kecuali base 4 karena merupakan home base dimana pelari langsung masuk. Base running membutuhkan kemampuan berlari yang gesit dan cepat.

Teknik Dasar Mematikan Lawan

Teknik mematikan lawan menjadi poin yang penting juga selain hal hal diatas. Ada dua jenis teknik mematikan lawan yang bisa Anda ketahui dalam permainan Softball, yaitu :
  1. Mematikan lawan sebelum pelari sampai di base dengan membuat tubuh pelari tersentuh bola.
  2. Membakar atau mematikan lawan dengan cara menginjak base yang akan dituju sipelari sambil memegang bolanya.
Uraian diatas adalah informasi selengkapnya yang membahas tentang teknik teknik dasar permainan softball lengkap penjelasannya yang wajib diketahui. Apabila Anda ingin bisa bermain softball dengan baik, tidak cukup hanya tahu pengertian, peraturan, bentuk lapangan dan lain sebagainya, melainkan belajar tekniknya juga sangat penting. Ingin tahu informasi update lainnya seputar olahraga dan tutorial terbaru lihat di dikaofficial.com

Setelah mengetahui informasi dasar tentang tata cara bermain softball, kini Anda bisa mempraktekkannya sendiri dan melatih teknik tekniknya dengan baik. Biasanya olahraga ini juga masuk dalam pengambilan nilai di sekolah. Kuasai teknik dasarnya supaya bisa mendapat poin dan nilai yang bagus dan buat regu menjadi pemenang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel