-->

Sejarah Terbentuknya Uni Eropa lengkap Tujuan Didirikannya

Apa itu Uni Eropa? Uni Eropa merupakan perserikatan dari 27 Negara negara dari Eropa. Tahukah Anda bahwa Uni Eropa juga merupakan salah satu organisasi terbesar yang ada di seluruh dunia. Bagaimana sejarah terbentuknya Uni Eropa dan apa tujuannya didirikannya? Secara lengkap kita akan membahas latar belakang dari UE yang adalah singkatan dari Uni Eropa ini.

Uni Eropa juga secara umum disebut dengan European Union. Beberapa negara yang tercangkup di dalamnya adalah seperti Perancis, Italia, Jerman, Belgia, Belanda, Luvembourg dan lain sebagainya. Nah, beberapa pertanyaan yang populer terkait sejarah Uni Eropa sendiri mencangkup beberapa pertanyaan seperti kapan didirikannya? Siapakah pendiri Uni Eropa? Siapa saja anggota yang tergabung di dalamnya? Dan masih banyak lagi.

Sebenarnya Uni Eropa sendiri menjadi salah satu contoh sukses kerjasama antar negera negara dengan berbagai kepentingan yang berbeda beda tetapi bisa bersatu untuk meraih tujuan bersama. Contoh ini bisa menjadi salah satu bahan ajar sejarah dunia yang patut kita ketahui termasuk bagaimana perkembangannya dan pengaruhnya terhadap kita di jaman modern ini.

Nah informasi sebagai berikut kita akan membahas secara lengkap terkait sejarah terbentuknya Uni Eropa dan Tujuan didirikannya yang perlu Anda ketahui. Yuk kita simak dengan cermat.

Sejarah Terbentuknya Uni Eropa lengkap Tujuan Didirikannya


1. Sejarah Uni Eropa

Dilansir dari sebuah situs resmi Uni Eropa bahwa pada masa lampau negara negara di Eropa saling beradu perang. Perang yang terbesar adalah pada saat Perang Dunia 1 dan Perang Dunia II. Setelah terjadinya Perang Dunia II, barulah negara negara tersebut memutuskan untuk berdamai dan melakukan kerja sama.

Nah, Uni Eropa atau European Union ini merupakan suatu organisasi yang terbentuk sebagai bentuk kerja sama secara regional dalam bidang ekonomi dan politik di negara negara Eropa. Awal dari pembukaan Uni Eropa dimulai dari penandatanganan Traktat Roma terkait pendirian Komunitas Energy Atom atau disebut dengan European Atomic Energi Community.

Juga terdapat pendirian terhadap Komunitas Masyarakat Ekonomi Eropa yang disingkat dengan MEE. Nah, lembaga lembaga yang disebutkan ini mulai bergabung menjadi satu organisasi bernama Masyarakat Eropa atau ME pada tanggal 1 Juli 1967. Lalu berganti menjadi Uni Eropa pada tahun 1992.

Uni Eropa tergabung dengan anggota dari negara negara maju di Eropa. Tahukah Anda setidaknya ada enam negara yang mencetuskan Uni Eropa. Mereka dikenal sebagai The Inner Six, negara negara tersebut adalah Belgia, Perancis, Jerman, Luksemburg, Belanda dan Italia.

Sebelumnya berbagai upaya dilakukan untuk membentuk organisasi organisasi di negara Eropa, namun gagal. Sampai akhirnya di tahun 1952, barulah enam negara yang disebutkan tadi kecewa dengan kegagalan tersebut dan akhirnya membentuk European Coal and Steel Community yang menjadi cikal bakal Uni Eropa.

Melalui perjanjian Maastricht pada 1992, Uni Eropa terbentuk, sejak itu banyak negara Eropa lainnya yang kemudian ikut bergabung. Sekarang ini, Markas Uni Eropa berada di Brussels, Luksemburg dan Strasbourg. Setidaknya ada 14 bahasa resmi yang digunakan dalam Uni Eropa.

2. Tujuan Uni Eropa Dibentuk

Pada awalnya Tujuan Uni Eropa dibentuk adalah untuk mengakhiri semua perang antar saudara di negara negara Eropa. Namun, belakangan Uni Eropa memiliki tujuan utama untuk menyatukan negara negara Eropa dari sisi politik dan perekonomian dengan perdamaian antar negara tetangga di Eropa. Dengan demikian seluruh anggota yang tergabung dalam Uni Eropa memastikan :
  • Masyarakat hidup dengan layak
  • Adanya Keadilan bagi semua
  • Bahasa dan Budaya dalam masyarakat harus dihargai dan dihormati
  • Setiap Negara menggunakan mata uang yang sama yakni Euro
  • Perekonomian yang kuat
  • Perdamaian di Eropa

Selain hal hal ini, Masyarakat di Eropa juga memiliki kebebasan untuk bergerak seperti diciptakannya wilayah tak terbatas yang disebut dengan Schengen Area. Sebagai contoh seorang pelajar dari negara Italia akan pindah ke sekolah di negara Perancis, maka tidak ada pemeriksaan visa secara ketat.

Sejalan dengan perkembangan dan pertambahan anggota Uni Eropa maka kerjasama yang dilakukan semakin luas dalam bidang kebijakan perindustrian, perpajakan, politik dan pertanian. Berbagai upaya ini lalu dilanjutkan dengan membentuk pasaran bersama yakni sebuah perjanjian dimana bertujuan untuk menghapus halangan adanya mobilitas faktor produksi antara sesama negara yang tergabung dalam Uni Eropa.

Inilah informasi terbaru  yang mengulas tentang Sejarah terbentuknya Uni Eropa dan tujuan didirikannya yang dibahas secara singkat untuk bisa kita ketahui. Informasi dan pengetahuan ini hanya sebagian kecil dari wawasan internasional. Ingin tahu informasi lainnya secara lebih lengkap tentang topik yang berkaitan dengan Hubungan Internasional lihat di hubunganinternasional.com

Hubungan Internasional sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai hubungan diantara bangsa bangsa atau antar negara dan secara Individu antara warga negara satu dengan warga masyarakat negara lainnya.

Hubungan Internasional ini telah menjadi jurusan di universitas yang membahas mulai dari sejarah, politik, organisasi dan hal lainnya yang berkaitan. Semoga topik bahasan ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel