-->

Cara Melamar Kerja di PT sebagai Karyawan

Memiliki pekerjaan yang bagus di Perusahaan merupakan impian sebagian besar orang. Namun, lowongan yang tersedia di PT belum dapat mampu menampung jumlah tenaga kerja yang baru lulus sekolah ataupun kuliah. Dengan demikian dunia kerja memang penuh persaingan. Anda perlu memiliki tips dan cara berhasil untuk bisa melamar kerja di PT sebagai karyawan. Dimulai dari bagaimana cara membuat contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Menjadi seorang karyawan di PT adalah salah satu pilihan terbaik bagI mereka yang hanya memiliki ijazah lulusan SMA, SMK  dan sederajat. Selain sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan tetap, bekerja di Perusahaan tentu bisa mendapatkan pengalaman yang bermanfaat untuk karir selanjutnya. Namun, seringkali sebagian orang melakukan beberapa kesalahan saat melamar pekerjaan di PT sehingga gagal.

Perjuangan Anda untuk masuk menjadi karyawan di PT dimulai saat Anda membuat surat lamaran, membuat CV (Curicullum Vitae) atau riwayat hidup dan dokumen lain yang menyertainya. Apabila Anda tidak hati hati dalam membuat surat lamaran yang tepat, maka Anda tidak bisa mengikuti tes masuk karyawan perusahaan selanjutnya. Jangan khawatir, untuk sukses membuat surat lamaran kerja di PT yang baik silahkan simak uraian sebagai berikut.

Cara Melamar Kerja di PT sebagai Karyawan

1. Lamaran kerja di PT untuk posisi karyawan pabrik

Umumnya menjadi seorang karyawan pabrik merupakan pekerjaan yang umum banyak dipilih lowongannya oleh para lulusan. Terutama bagi mereka yang belum memiliki keahlian atau ketrampilan khusus dalam bekerja. Hal ini dikarenakan posisi sebagai karyawan pabrik terbilang cukup mudah. Jika Anda ingin memulai karir Anda dari sini, mulailah dengan membuat surat lamaran yang baik dan benar, lengkap dengan mencantumkan posisi pekerjaan tersebut.

2. Lamaran kerja di PT bagi lulusan SMK

Bagi Anda yang adalah lulusan SMK memiliki potensi kerja yang lebih baik dibandingkan mereka yang lulusan SMA. Mengapa demikian? Karena Anda sudah bisa memfokuskan pekerjaan Anda yang berkaitan dengan jurusan sekolah yang Anda ambil. Biasanya lulusan SMK mungkin merasa minder saat akan melamar pekerjaan sebagai seorang karyawan, namun Anda bisa yakin dengan keahlian yang dimiliki.

3. Lamaran kerja di PT bagi lulusan SMA

Nah, apabila Anda adalah seorang lulusan SMA, jangan berkecil hati juga sebab Anda juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai karyawan di PT. Namun, Anda harus pandai dalam memilih mana perusahaan yang sesuai dengan jurusan yang Anda ambil ketika masih SMA. Lebih baik lagi kalau Anda memiliki ketrampilan disuatu bidang sehingga Anda bisa melamar di bidang tersebut.

4. Lamaran pekerjaan sebagai sekretaris

Umumnya posisi sekretaris adalah profesi yang cukup menjanjikan di suatu perusahaan atau PT. Pasalnya peran sekretaris sangatlah penting disebuah perusahaan karena harus menangani beberapa hal untuk membantu dalam berbagai kegiatan kantor. Inilah sebabnya penampilan sekretaris harus selalu prima dan profesional. Sekretaris juga disebut sebagai presentasi dalam perusahaan.

Tidak hanya unggul dalam hal berpenampilan, seorang sekretaris harus memiliki kecakapan komunikasi yang baik. Sebab ruang lingkup pekerjaannya akan berhubungan secara langsung dengan para investor, relasi, atau pihak lainnya yang menjalin kerjasama dengan perusahaan. Citra perusahaan yang baik dimata publik dilihat dari bagaimana kualitas sekretaris dalam bekerja.

Setiap PT atau perusahaan mempunyai kriteria, regulasi atau peraturan masing masing terkait tugas, cara kerja yang dijalankan oleh sekretaris apabila diterima. Jika Anda memiliki impian sebagai seorang sekretaris cobalah pahami hal hal kecakapan apa saja yang perlu Anda miliki atau tingkatkan.

5. Lamaran Pekerjaan untuk posisi bagian Administrasi

Ada yang beranggapan bahwa tugas sekretaris dan bagian administrasi adalah sama. Benarkah demikian? Sebenarnya berbeda. Untuk bagian administrasi sebuah PT memiliki posisi yang berbeda dengan sekretaris, untuk secara spesifik tugas bagian administrasi adalah untuk mengolah data, mengatur jadwal kegiatan, membuat laporan pekerjaan dan masih banyak lagi.

Menjadi seorang karyawan admnistrasi diperlukan kepribadian yang detail, teratur dan teliti. Sedangkan untuk kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah berkomunikasi, dapat mengetik dan mengolah data dengan baik. Disebuah perusahaan kecil misalnya tugas administrasi adalah memastikan jadwal kegiatan atasan, mencatat pemasukan dan pengeluaran dan lain lain. Jika, Anda melamar di PT yang besar maka tugas yang diberikan juga akan semakin banyak.

6. Lamaran Pekerjaan untuk posisi karyawan operator

Karyawan operator bekerja sebagai seorang yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan sebuah mesin atau alat supaya kegiatan pekerjaan bisa berjalan dengan lancar. Berbeda lagi dengan operator produksi yang mempunyai tugas untuk mengoperasikan alat dengan tujuan memproduksi sesuai dengan jenis perusahaan tempatnya bekerja.

Ada beberapa daftar tugas operator. Beberapa diantaranya adalah perakitan atau Assembling, Die Casting (Molding), Machining, Final Inspeksi, Mesin Press, Molting, dan Pengemasan. Surat lamaran yang Anda buat sebagai seorang karyawan operator harus jelas sebab ada banyak jenis pekerjaan untuk karyawan operator.

Demikianlah informasi terbaru yang membahas lengkap hal hal yang perlu diketahui terkait posisi pekerjaan untuk membuat contoh surat lamaran kerja di PT sebagai karyawan. Setelah membacanya, Anda perlu memahami hal hal penting apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk membuat surat lamaran kerja yang profesional. Baik itu adalah surat lamaran kerja tulis tangan, email, dalam bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Mungkin beberapa tips diatas adalah hal kecil yang sederhana tapi Anda perlu tahu bahwa dari hal kecil tersebutlah keterampilan Anda dinilai. Misalnya, dari tata cara penulisan, pemilihan kata, kalimat, susunan informasi yang diberikan bisa memberikan kesan seperti apa Anda. Para pemimpin PT atau perusahaan umumnya sudah terbiasa jeli menilai karakter orang dari surat lamaran yang diberikan. Tetap semangat dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel