-->

Cara membuat video animasi keren di HP Android

Video animasi banyak kita jumpai dalam berbagai kesempatan. Di televisi, iklan, bahkan channel youtube. Apakah Anda juga memiliki kemampuan atau ketrampilan dalam membuat desain grafis? Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat animasi video keren yang hanya menggunakan HP Android atau Smartphone. Bagaimana caranya? 

Informasi ini khususnya diberikan untuk Anda yang menyukai desain grafis. Ingin belajar membuat video animasi yang bagus tapi tidak tahu caranya? Berbagai fasilitas canggih, modern dan lengkap untuk membantu Anda, bisa ditemukan dalam beberapa aplikasi desain grafis populer yang mampu menciptakan video animasi terbaik dengan mudah.

Di negara Indonesia sendiri, beberapa youtuber animasi yang cenderung sudah memiliki ratusan ribu sampai dengan jutaan subcriber menggunakan perangkat canggih ini untuk membuat video animasi keren. Sebut saja ada Animasinopal, Dalang Pelo dan lain lain. Bagaimana bisa? Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, sebagai berikut kita akan membahas daftar nama aplikasi untuk membuat animasi video keren yang mudah. Silahkan disimak.

Cara membuat video animasi keren di HP Android


1. Flipaclip (Aplikasi pembuat animasi video di HP Android)

Perangkat software pertama yang kita bahas dalam daftar ini adalah Flipaclip. Aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi pilihan oleh para editor dalam kepentingan membuat video animasi di Android. Jadi, Anda jangan meragukan kemampuan aplikasi animasi yang satu ini. Apa saja kelebihan yang ada di dalamnya?

Terlihat jelas dari user interface yang ditawarkan oleh Flipaclip adalah tergolong simple dan sederhana. Anda bisa membuat storyboard, sketsa dan animasi di dalamnya. Tahukah Anda, untuk aplikasi ini telah mendukung penggunaan untuk semua jenis perangkat Handphone maupun tablet termasuk bagi Anda para pengguna stylus seperti Samsung S Pen.

2. Draw Cartoons 2

Apabila Anda tidak ingin ribet dalam membuat suatu video animasi, aplikasi terbaik lainnya yang bisa membantu Anda adalah Draw Cartoon 2. Aplikasi ini telah menyediakan berbagai template dengan karakter yang bisa Anda dapatkan secara gratis loh. Jadi, Anda tinggal pilih saja, karakter seperti apa yang ingin Anda gunakan. Setelah itu, Anda bisa mengatur pergerakan dari karakter pada tiap frame nya.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini akan terasa semakin lengkap karena Anda bisa memasukkan voice over dan musik yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Selanjutnya Anda bisa konversikan ke video berformat MP4 loh.

3. Stick Nodes

Pernah Anda mendengar atau tahu sebuah karakter bernama stickman? Karakter ini sudah populer loh, bahkan sudah diadaptasi menjadi karya di berbagai media seperti halnya game stickman sampai dengan animasinya. Nah, Anda juga dimungkinkan dalam membuat animasi seperti ini dengan memanfaatkan sebuah aplikasi canggih bernama Stick Nodes.

Fitur di aplikasi stick nodes cukup lumayan kompleks. Anda hanya cukup dengan menggerakkan karakter stickman pada setiap frame untuk bisa menciptakan sebuah gerakan animasi. Untuk hasilnya, Anda bisa mengekspornya ke dalam bentuk GIF. Namun, untuk mengubah ke format MP4 lengkap dengan musiknya, Anda harus beralih ke versi premium atau pro terlebih dahulu.

4. Pencil 2D Animation (Aplikasi pembuat animasi sederhana)

Tidak hanya untuk perangkat Handphone saja, bagi Anda para pengguna PC dan laptop terdapat aplikasi bernama Pencil 2D Animation. Sesuai dengan nama yang diusungnya, aplikasi ini sangat berguna dalam merancang video animasi 2D atau 2 dimensi yang sesuai dan cocok untuk digunakan para pemula loh.

Apalagi bagi Anda yang mempunyai kegemaran menggambar komik maka, Anda bisa semakin mengupgrade skill tersebut dengan cara mengubahnya menjadi gambar yang bergerak. Menariknya, melalui aplikasi ini, Anda bisa menggunakan ragam fitur di dalamnya tanpa dipungut biaya alias gratis. Terlebih lagi aplikasi ini telah tersedia bagi para pengguna Windowsm MacOS, serta Linux.

5. Synfig Studio

Selanjutnya lagi ada Synfig Studio yang dirancang begitu canggih untuk Anda yang ingin membuat video animasi untuk para pemula yang mudah. Mekanisme perangkat ini hampir sama dengan perangkat Pencil2D yang sudah kita bahas sebelumnya. Perbedaannya bahwa aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa ada pungutan biaya.
Memang untuk user interfacenya masih sedikit jadul, namun tetap saja Synfig studio patut dipertimbangkan karena di dalamnya terdapat layanan video tutorial training yakni di laman resminya. Cocok sekali untuk Anda belajar dengan mudah menggunakan video.

6. OpenToonz

OpenToonz merupakan kustomisasi atau pengembangan dari aplikasi pembuat animasi 2D yang memiliki nama Toonz. Sifat yang dimilikinya adalah open source. Tahukah Anda, beberapa aplikasi seperti Princess Mononeke, Ghibli dan The secret world of arrietty dirancang dengan memggunakan aplikasi OpenToonz.

Terlebih lagi, aplikasi ini memberikan fasilitas seperti GTS, KumoWorks dan effect yang pernah dimanfaatkan oleh studio animasi terkenal berasal dari Jepang. Anda bisa dengan mudah mengunduhnya di Windows dan MacOS.

7. Blender (Aplikasi animasi dan multiplatform)

Nah, bagi Anda yang ingin tahu caranya membuat video animasi 3D, ada software yang dapat membantu Anda, namanya ada Blender. Bukan hanya ditujukan untuk para pemula sebab aplikasi ini juga bisa digunakan untuk kalangan yang sudah mahir atau profesional. Bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dalam membuat animasi.

Blender dikatakan sebagai salah satu aplikasi terbaik karena mampu membuat 3D modelling, motion tracking, membuat game dan lain sebagainya. Blender juga merupakan perangkat yang multiplatform untuk MacOs, Windows, dan Linux.

Uraian diatas adalah informasi singkat yang membahas terkait panduan cara membuat video animasi terbaik yang keren di Handphone Android atau Smartphone. Sudah menemukan yang Anda cari? Selain itu, sudah ada tersedia kursus online sebagai panduan membuat animasi terlengkap yang bisa Anda dapatkan.

Penawaran murah dengan diskon dan tambahan bonus pembelajaran praktis akan semakin membantu Anda mendapatkan ketrampilan membuat video animasi dengan baik. Apalagi peranan video animasi sekarang banyak dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Mulai dari bisnis ataupun hanya sekedar hobi. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel