Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman sirih memiliki daun yang sudah seringkali dijadikan obat herbal. Daunnya sendiri memang memiliki kandungan yang bagus dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia, apabila Anda tahu cara mengolahnya dengan benar. Tahukah Anda, apa saja manfaat dari daun sirih? 

Pernahkah Anda mendengar daun sirih cina? Ini adalah salah satu jenis daun sirih selain daun sirih biasa, daun sirih merah yang sering kita temui. Siapa sangka jenis daun sirih yang dianggap sebagai gulma ternyata adalah tanaman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Lantas untuk mendapatkan khasiatnya, bagaimana cara pemanfaatannya?

Tanaman sirih cina dapat dengan mudah ditemui, seperti banyak tumbuh dipekarangan rumah khususnya daerah tempat yang lembab. Selain itu daun sirih ini juga biasanya dapat ditemui di tanggul sawah dan tepi parit. Banyak orang tidak peduli dan membuangnya begitu saja, padahal Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk mencegah berbagai penyakit serta meningkatkan kesehatan tubuh.

Untuk tahu apa saja mamfaat dari daun sirih cina, kita akan mengulas informasinya dibawah ini satu persatu. Pastikan Anda menyimaknya dengan baik, supaya dapat memahami pemanfaatan daun sirih untuk kesehatan yang benar.

Inilah Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh


1. Mengobati sakit kepala

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya sakit kepala. Ada beragam cara yang dipilih untuk mengobati sakit kepala. Mulai dari mendiamkannya saja hingga sembuh, minum obat pereda nyeri sakit kepala dan lain sebagainya. Namun, banyak orang belum mengetahui bahwa daun sirih dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala loh.

Anda bisa memanfaatkannya dengan cara yang mudah. Pertama, Anda bisa menumbuk daun sirih sampai halus lalu menempelkannya ke bagian pelipis kiri dan kanan. Cara kedua, adalah dengan merebus daun sirih dengan 300ml air, saring airnya kemudian minum ramuan tersebut.

2. Menghilangkan jerawat, radang kulit dan bisul

Manfaat daun sirih cina yang digunakan untuk mengatasi jerawat ini sudah menjadi pencarian yang banyak diinternet. Bagi banyak orang satu dua jerawat yang timbul tentu sangat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, daun sirih akan membantu supaya kulit Anda mampu mengatasi jerawat dan menghaluskan wajah. Bagaimana caranya? Manfaatkan sebagai rebusan air daun sirih.

3. Mengobati sakit perut

Salah satu pilihan obat sakit perut yang aman adalah daun sirih cina. Meskipun daun sirih terkenal untuk mengobati jerawat, ternyata daun sirih juga berkhasiat dalam mengatasi sakit perut. Cara mengolahnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu menumbuk daun sirih cina sampai halus, lalu peras menggunakan air minum yang dingin. Air perasan daun sirih tersebutlah yang digunakan sebagai obat.

4. Mengobati luka bakar

Mungkin Anda baru mengetahui bahwa daun sirih cina dapat menangani luka bakar. Karena mudah didapat, Anda akan diuntungkan karena bisa mengatasi luka bakar dengan cepat sebagai langkah penolongan pertama. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci daun sirih sampai bersih, laku ditumbuk sampai halus. Jika sudah, tempelkan pada area tubuh yang sakit. Ulangi kegiatan ini sampai sembuh.

5. Mengobati sakit ginjal

Ginjal adalah salah satu organ bagian yang penting di dalam tubuh. Jika ginjal mengalami masalaj, dampaknya bisa fatal. Oleh sebab itu, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit ginjal, salah satu tanaman herbal yang bisa membantu adalah daun sirih cina. Cara pemanfaatannya adalah dengan merebus daun sirih dalam 1,5 gelas air. Sisakan lagi 1 gelas air. Setelah itu campur rebusan daun sirih dalam gelas. Anda bisa mengonsumsinya dua kali dalam sehari.

6. Mengatasi rambut rontok

Rambut yang kuat dan sehat adalah keinginan banyak orang. Namun, rambut rontok terkadang memang tidak bisa dihindari. Cobalah gunakan daun sirih cina untuk upaya mengatasi rambut rontok Anda. Cara penggunaannya adalah dengan menggiling daun sirih bersamaan dengan minyak wijen sampai halus. Kemudian oleskan dikulit kepala dan diamkan selama satu jam. Jangan lupa setelah itu cuci bersih menggunakan shampoo. 

7. Mengusir bau mulut 

Bau mulut termasuk dalam kecantikan dan juga mencangkup kesehatan yang perlu dijaga. Bagaimana cara mengusir bau mulut yang praktis tanpa harus mengeluarkan hiaya? Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan daun sirih sebagai pengusir bau mulut. Anda hanya perlu mengunyah perlahan daun sirih, lalu berkumur dengan menggunakan air biasa

Uraian diatas adalah informasi singkat terkait deretan khasiat daun sirih yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ini hanyalah beberapa manfaat yang diuraikan, masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa Anda temukan di dalam tanaman yang mudah ditemui di negara Indonesia ini. Pengolahan daun sirih yang tepat dapat memberikan khasiat yang optimal untuk Anda.

Dari sekian kelebihan atau keunggulan yang sudah dipaparkan, apakah sudah mengubah pemikiran Anda tentang daun sirih yang umumnya dikenal tanaman liar namun ternyate bermanfaat? Ingin mengkonsumsi daun sirih untuk kesehatan Anda? Jangan ragu untuk ketahui secara lengkap terkait kandungan daun sirih dengan segudang manfaat lainnya dan rasakan sendiri khasiatnya. Semoga bermanfaat.