Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Khasiat Daun Sirsak yang bermanfaat bagi Kesehatan

Sirsak adalah salah satu jenis buah buahan yang banyak digemari. Rasa sirsak yang bercampur antara asam dan manis memang sangat disukai. Selain itu nutrisi dan vitamin yang terdapat dalam buah sirsak ini, memiliki segudang manfaat. Namun, siapa sangka tidak hanya dari buahnya yang bermanfaat. Daun sirsak juga mempunyai khasiat dan bermanfaat baik bagi kesehatan manusia. 

Sebagian orang mungkin sudah pernah memanfaatkan daun sirsak ini untuk berbagai kepentingan terutama kesehatan. Namun, sebagian besar lagi belum mengetahui secara saksama apa manfaat mengonsumsi tanaman herbal yakni daun sirsak. Padahal sejak dulu, daun sirsak kerap digunakan sebagai pengobatan herbal dalam menjaga kesehatan sampai bahkan mengobati berbagai penyakit.

Pemanfaatan bahan alami memang lebih dianjurkan dalam menjaga kesehatan. Hanya saja, Anda tetap perlu mengetahui secara tepat cara mengolah atau teknik pemanfaatan bahan alami seperti daun sirsak dengan baik dan benar. Oleh sebab itu, pada informasi sebagai berikut akan dibahas deretan keunggulan dari pemanfaatan daun sirsak dalam kehidupan sehari hari. Mari simak.

10 Khasiat Daun Sirsak yang bermanfaat bagi Kesehatan


1. Menghilangkan kutu rambut 

Keberadaan kutu menjadi masalah bagi beberapa orang. Selain karena merasa gatal, kutu memberikam kesan bahwa rambut kita tidak bersih. Rasa percaya diri pun bisa turun. Daun sirsak sudah dipercaya sebagai obat herbal untuk menghilangkan kutu rambut. Namun, masih ada yang belum tahu bagaimana cara memanfaatkannya.

Caranya cukup mudah yakni dengan menghaluskan daun sirsak terlebih dahulu dengan cara ditumbuk atau diulek. Kemudian langsung saja aplikasikan pada sisi kepala dan rambut Anda. Biarkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Menyembuhkan penyakit kencing manis

Kencing manis disebut juga diabetes militus yang dapat terjadi akibat gula darah di dalam tubuh yang terlalu tinggi. Supaya tidak terus terus terjadi penumpukan gula darah dibutuhkan beberapa senyawa seperti flavonoid dan tanin yang akan meningkatkan aktivitas pengubahan gula menjadi energi. Kedua zat tersebut ada di dalam buah sirsak. Oleh sebab itu, bukan hal yang rahasia apabila rebusan daun sirsak menjadi obat herbal untuk mengatasi kencing manis.

3. Menjaga kesehatan mata

Mata adalah salah satu bagian yang sensitif. Berbagai penyakit mata bisa terjadi seperti seperti halnya katarak. Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan yang baik sehingga dapat menunjang kesehatan mata itu sendiri. Khususnya apabila Anda juga mengkombinasikannya dengan bahan alami lainnya dengan kandungan beta karoten, vitamin C serta vitamin E.

4. Mengatasi Rematik

Rematik adalah penyakit umum yang tentunya sudah sering kita dengar. Penyakit ini ditamdai dengan rasa sakit pada persendian akibat dari peradangan. Untuk meredakannya dibutuhkan obat yang memiliki kandungan analgesik dan juga antiflamasi. Nah, di dalam daun sirsak terdapat alkaloid dan antosianin yang bekerja sebagai anti inflamasi secara alami.

5. Mencegah kanker

Siapa yang tidak kenal dengan penyakit yang sangat berbahaya ini? Sebisa bisanya Anda perlu berupaya untuk terhindar dari penyakit ini. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan daun sirsak. Tanaman sirsak secara umum diketahui memiliki kandungan senyawa kimia antikanker. Senyawa tersebut akan menstabilkan kerja sel penghasil energi. 

6. Menyehatkan lambung

Punya penyakit lambung seperti halnya gerd dan maag? Jangan khawatir, bahan alami yaitu daun sirsak dapat dijadikan sebagai obat untuk menyehatkan lambung. Mengonsumsi olahan dari daun sirsak sendiri dilansir cara yang tepat untuk mengatasi masalah lambung atau pencernaan. Ini terjadi karena terdapat kandungan antiulcer di dalam tanaman sirsak.

7. Meningkatkan kesuburan

Bagi Anda yang sekarang sedang menjalani program kehamilan, bahan alami daun sirsak juga bisa membantu. Baik untuk pria maupun wanita, daun sirsak dapat memberikan manfaat dalam hal meningkatkan kesuburan. Dengan mengambil ekstrak pada daun sirsak akan mempengaruhi produksi sperma serta menjaga kesehatan pada rahim.

8. Menyembuhkan kista ovarium

Penyakit kista ovarium sebenarnya berpotensi menyerang semua perempuan. Kista berbentuk seperti benjolan yang muncul pada bagian reproduksi perempuan bernama ovarium. Benjolan ini akan sangat berbahaya apabila pecah. Selain mampu mencegah kanker, daun sirsak juga mampu dalam membunuh tumor seperti halnya penyakit kista.

Apabila dikonsumsi secara rutin pengaruh bahan alami ini bisa disamakan seperti pengobatan tumor melalui kemoterapi. Cara mengolahnya praktis yakni dengan merebus sekitar 10 lembar daun sirsak dengan air kira kira 4 gelas. Tunggu sampai air tersisa satu gelas, lalu minum air rebusan tersebut.

9. Meningkatkan sistem imun

Sistem imunitas tubuh adalah sistem yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Sistem ini akan melindungi tubuh dari berbagai bakteri dan virus yang bisa menimbulkan penyakit. Untuk itu, agar terhindar dari penyakit Anda perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat tersebut bisa di dapat dengan memanfaatkan daun sirsak.

10. Menyembuhkan anemia

Kekurangan hemoglobin atau juga disebut sel darah merah merupakan pengertian dari kondisi anemia. Gejalanya dikenali seperti mudah mengantuk, kelelahan, kulit pucat, dingin pada kaki dan tangan dan lain sebagainya. Air rebusan daun sirsak bermanfaat dalam meningkatkan zat besi. Sedangkan anemia sendiri merupakan kondisi kurangnya zat besi.

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang khasiat daun sirsak untuk kesehatan. Sebagaimana yang sudah kita bahas, umumnya daun sirsak mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang biasanya kerap dialami oleh orang orang. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa menggunakan metode alami untuk pencegah penyakit berbahaya serta menjaga kesehatan dengan optimal.

Untuk mendapatkan daun sirsak tidaklah sulit, bahkan cenderung sangat mudah. Di berbagai daerah pohon sirsak banyak ditemui dipekarangan rumah, kebun bahkan ada yang menjualnya. Selain mudah didapat, dari segi biaya juga sangat praktis. Jangan lewatkan begitu saja khasiat dari daun tanaman buah yang satu ini. Pemanfaatan yang baik dan benar akan memberikan manfaat yang optimal untuk Anda. Semoga bermanfaat.