-->

Cara Merawat Rambut yang baik supaya tidak rontok

Rambut yang rontok tentu telah menjadi permasalahan umum bagi sebagian besar orang. Khususnya bagi para wanita yang umumnya memiliki rambut yang panjang. Tahukah Anda? Apa penyebab dari rambut yang rontok, kusam, kusut dan ciri ciri rambut tidak sehat yang lainnya? Penyebabnya sebenarnya beragam. Namun, Anda bisa mengatasinya dengan perawatan rambut yang baik. Bagaimana cara merawat rambut yang tepat? 

Setiap orang mungkin sudah menerapkan tips perawatan rambut mereka sendiri. Seperti ada berbagai kebiasaan merawat rambut yang juga populer. Namun, tahukah Anda bahwa beberapa diantara kebiasaan merawat rambut tersebut berpengaruh tidak baik terhadap kulit kepala dan rambut?
 
Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mencari terlebih dahulu terkait perawatan terbaik yang mudah dan praktis untuk rambut Anda. Rambut yang rontok adalah kondisi dimana rambut kekurangan nutrisi, sedang stres, adanya permasalahan musim dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mencegah bahkan menghilangkan rambut rontok Anda, Anda perlu melakukan perawatan rambut dibawah ini. Mari simak.

Cara Merawat Rambut yang baik supaya tidak rontok


1. Mencuci rambut teratur

Perawatan rambut pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci rambut secara rutin. Namun, perlu diperhatikan untuk jangan setiap hari keramas, lebih baik tentukan hari dalam satu minggu Anda ingin berkeramas. Misalnya 3 kali keramas dalam seminggu. Jika memungkinkan pilihlah sampo herbal yang memiliki khasiat dalam menghindari infeksi dan iritasi terhadap kulit kepala.

Khususnya bagi Anda yang mempunyai kulit kepala sensitif, harus lebih selektif lagi dalam memilih jenis sampo tertentu. Hindari untuk memilih jenis shampoo yang terdapat kandungan silikon, sulfat serta paraben.

2. Menggunakan kondisioner sehabis keramas

Kalau fungsi shampoo adalah untuk membersihkan rambut, Anda bisa memperlengkapinya dengan menggunakan kondisioner yang berfungsi sebagai penjaga kelembutan dan kekeringan yang terjadi di dalam rambut Anda. Setelah Anda menggunakan kondisioner maka akan terbentuk lapisan pelindung untuk menjaga rambut supaya tetap sehat.

Untuk memilih kondisioner yang tepat sebaiknya pilih kondisioner dengan kandungan asam amino. Apalagi jika kondisinya Anda habis terkena air hujan, sebaiknya langsung mencuci rambut dan gunakan kondisioner.

3. Memilih sisir yang tepat

Jangan berfikir bahwa semua sisir sama saja baik yang bergigi rapat maupun longgar. Sebab sebenarnya untuk Anda yang memiliki permasalahan rambut rontok tidak disarankan untuk menggunakan sisir bergigi rapat. Untuk itu, pilihlah sisir dengan gigi yang lebar.

Sisir bergigi lebar tersebut akan mampu merapikan rambut dengan mudah serta mencegah rambut mengalami berguguran. Berbeda dengan sisir bergigi rapat yang tentunya akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menyisir, apalagi jika rambut sedang kusut akan mudah sekali rambut tersangkut sehingga menarik lebih banyak rambut yang rontok.

4. Menggunakan minyak rambut

Rambut rontok bisa terjadi karena berbagai hal. Salah satu penyebabnya adalah kondisi kekeringan rambut. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan alat bantu berupa minyak rambut yang akan menjaga rambut Anda tetap lembab dan tidak kering. Dengan demikian, minyak rambut juga menjaga kesehatan rambut.

Secara spesifik, minyak rambut akan memberikan manfaat seperti memperlancar sirkulasi darah dan menguatkan akar rambut. Untuk itu cobalah untuk mengaplikasikan minyak rambut di kulit kepala dan rambut sambil dipijat supaya ini bisa membuat kulit kepala teristimulasi.

5. Makan makanan bergizi

Apabila Anda mengalami rontok yang parah, hal ini bisa menandakan bahwa Anda kekurangan zat gizi seperti zat besi, protein dan omega 3. Oleh sebab itu, dokter menyarankan untuk lebih mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut saat rambut rontok. Protein dapat ditemukan pada makanan seperti telur, daging, susu, jeroan, ikan laut dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk zat besi terdapat dalam makanan seperti kacang kacangan, brokoli, kerang, bayam dan lain sebagainya. Lalu zat omega 3, bisa di dapat jika Anda mengonsumsi makanan seperti ikan teri, biji rami, kenari, kedelai, tiram dan masih banyak lagi. Hal ini berarti merawat rambut rontok tidak hanya dari luar saja, tetapi juga penting dari dalam.
 
6. Menghindari perawatan kimia

Di zaman yang modern ini, trend rambut memang tidak matinya bahkan cenderung selalu muncul model terbaru. Anda juga mungkin tergiur untuk mencoba tren rambut baru tersebut, namun patut diingat untuk jangan sampai mengesampingkan kesehatan rambut Anda. Anda perlu memperhatikan berbagai perawatan rambut seperti catokan, hair spray, blow dreyer dan lain sebagainya.

Berbagai perawatan tersebut sebenarnya akan membuat rambut berpotensi lama kelamaan menjadi kering sehingga rontok. Untuk itu, sebisa mungkin Anda perlu menimalisir penggunaan perawatan rambut dari bahan bahan kimia tersebut.

7. Masker rambut menggunakan bahan alami

Pernahkah Anda berfikir untuk menggunakan masker alami untuk meminimalisir rambut yang rontok? Penggunaan masker alami sebenarnya direkomendasikan untuk Anda. Sebab di dalam masker alami tentu ada bahan alami yang digunakan dengan kandungan nutrisi yang baik untuk rambut.

Sebagai contoh masker alami yang populer untuk rambut adalah masker putih telur, lidah buaya, air kelapa yang dicampur dengan garam dan lain sebagainya. Bahan yang mudah di dapat tentu akan sangat praktis dan tidak perlu harga mahal untuk melakukan perawatan rambut.

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang bagaimana cara mempertahankan rambut yang kuat dan sehat. Hal ini termasuk mencegah dan menghindari kondisi rambut rontok datang kembali. Cara dan tips diatas merupakan teknik yang sangat mudah dilakukan. Kita juga tahu bahwa kondisi kesehatan kita secara menyeluruh juga berpengaruh terhadap kesehatan rambut.

Rambut adalah mahkota Anda. Anda perlu menjaganya tetap sehat. Dengan memiliki rambut yang sehat bukan hanya akan menunjang penampilan tetapi juga kesehatan di dalam tubuh Anda. Investasi kesehatan adalah yang terpenting, dimulai dari rambut Anda. Jangan ragu dan terapkan tips sehat untuk Anda ini. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel