-->

10 Manfaat Kumis Kucing yang jarang diketahui

Tanaman kumis kucing adalah salah satu tanaman hias yang belum banyak diketahui mempunyai manfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan sebenarnya tanaman kumis kucing masuk dalam deretan tanaman herbal tradisional yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita. Rupanya tidak hanya untuk keindahan, kumis kucing juga sebagai obat herbal yang jarang diketahui. 

Apa saja khasiat dari kumis kucing? Anda bisa mengetahuinya dengan melihat kandungan apa saja yang ada di dalam tanaman kumis kucing ini. Seperti halnya zat zat kimia maupun nutrisi yang dimilikinya akan mampu secara ampuh menncegah bahkan mengobati berbagai jenis penyakit yang berpotensi bahaya. Tentu, dengan keunggulannya ini akan menunjang hidup yang sehat dengan bantuan bahan alami dilingkungan sekitar.

Jika Anda belum mengenali tanaman kumis kucing itu seperti apa, Anda bisa mengamatinya dengan tampilan yang unik yakni benang sari memanjang hingga keluar bunga, inilah asal usul mengapa namanya diberi kumis kucing. Tanaman hias sekaligus tanaman herbal ini menyimpan keunikan bukan hanya dari penampilannya tapi juga kelebihan pada manfaatnya untuk kesehatan.

Sebagai berikut kita akan membahas deretan manfaat menggunakan kumis kucing sebagai obat herbal kepercayaan Anda. Penasaran? Yuk langsung saja simak.

10 Manfaat Kumis Kucing yang jarang diketahui


1. Mengobati batuk

Berdasarkan suatu penelitian, kumis kucing mempunyai kandungan kimia yang berfungsi sebagai antibakteri loh. Kandungan ini secara khusus mampu menghancurkan bakteri penyebab batuk. Secara alami kumis kucing akan membantu dalam menyembuhkan gejala batuk. Cara pemanfaatannya adalah dengan meminum rebusan air kumis kucing.

Cukup hanya dengan sekitar 15 sampai 20 gram kumis kucing yang direbus dalam segelas air mendidih, lalu minum air hasil rebusannya sebanyak tiga kali sehari. Setelah itu, Anda bisa merasakan sendiri bagaimana pengaruhnya.

2. Menyembuhkan gangguan nafas

Tidak hanya batuk, umumnya batuk juga akan disertai dengan gangguan sesak nafas. Namun, terkadang sesak nafas dapat terjadi juga khususnya bagi Anda yang mengidap penyakit asma. Nah, dalam hal ini kumis kucing juga tidak hanya menyembuhkan batuk, tapi dengan manfaat ganda daoat menyembuhkan gangguan nafas termasuk asma. Biasanya pemanfaatannya dilakukan bersama tanaman herbal lainnya seperti jahe dan kunyit.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Salah satu zat bermanfaat yang ditemui dalam tanaman kumis kucing adalah Methylripariochromene A atau disebut juga MRC. Kandungan ini mempunyai aktivitas anti hipertensi. MRC juga akan mendorong garam didalam tubuh untuk keluar melalui urin. Karena inilah dalam pengobatan tradisional, kumis kucing berkhasiat dalam menyembuhkan darah tinggi.
 
4. Menyembuhkan batu ginjal

Tahukah Anda? Gumpalan penyebab penyakit batu ginjal dapat dihambat dengan bantuan kumis kucing yang memiliki manfaat diuretik. Tidak hanya berkhasiat dalam mencegah, tetapi juga menghancurkan batu ginjal yang mengendap di dalam tubuh. Anda hanya cukup memimum air rebusan kumis kucing. Sangat praktis dan mudah membuatnya menjadi pilihan pengobatan tradisional yang efesien.

5. Mengobati diabetes melitus

Penyakit diabetes melitus kerap disebut juga dengan nama lain yakni kencing manis. Ini karena air kencing penderitanya mengandung gula. Meningkatnya kadar gula di dalam tubuh inilah yang menyebabkan terjadinya kondisi ini. Bagaimana proses kerja kumis kucing untuk mengobati diabetes melitus? Kandungan di dalam tanaman ini akan meningkatkan ekskresi glukosa sehingga nantinya gula darah bisa dikeluarkan dari tubuh.

6. Mengatasi rematik

Selanjutnya khasiat kumis kucing kali ini berkaitan dengan penyakit sendi. Adanya peradangan pada sendi dan otot akan mengakibatkan rematik. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri. Nah, kabar baiknya kumis kucing mampu mengatasi peradangan pada otot dan sendi sehingga mampu menyembuhkan penyakit satu ini.

7. Menghilangkan racun di dalam tubuh

Kumis kucing sebagai tanaman dengan kemampuan detoksifikasi ampuh dalam membersihkan racun racun yang hinggap di dalam tubuh sehingga dapat mengancam kesehatan. Tahukah Anda? Saat Anda mengalami keracunan makanan akibat bakteri staphylococcus maka bisa diatasi dengan baik menggunakan kandungan kumis kucing loh.

8. Mengobati gejala gatal akibat alergi

Apa yang Anda rasakan sewaktu mengalami alergi? Umumnya gejala yang paling sering adalah gatal gatal. Manfaat kumis kucing bisa Anda rasakan dalam mengatasi rasa gatal akibat suatu alergi. Kandungan yang berperan dalam hal ini adalah zat antijamur serta antibakteri yang dapat membantu meredakan rasa gatal tersebut.

9. Membersihkan wajah

Nah, dari sekian banyak manfaat kumis kucing untuk kesehatan yang sudah kita bahas, pada poin ini adalah khasiat kumis kucing untuk kecantikan. Tanaman herbal ini memiliki kandungan zat anti inflamasi yang membantu karena mampu menghilangkan peradangan jerawat. Apabila, kondisi wajah Anda menghasilkan minyak berlebih, kumis kucing bisa membantu secara praktis untuk mencegah timbulnya jerawat dan noda.

10. Meredakan masuk angin

Beraktivitas dilingkungan pada kondisi yang dingin bisa menyebabkan penyakit masuk angin yang umumnya terjadi. Sebenarnya dalam dunia medis tidak ada namanya penyakit masuk angin. Namun, penyakit ini sendiri memiliki gejala seperti mual, pusing, perut kembung, pegal pegal sampai dengan diare yang membuat tidak nyaman.

Pada saat Anda terserang masuk angin, cobalah untuk mengonsumsi air rebusan daun kumis kucing yang merupakan solusi yang efektif. Setelah itu barulah Anda bisa merasakan manfaatnya di dalam tubuh Anda.

Inilah uraian selengkapnya yang membahas tentang berbagai manfaat baik tanaman kumis kucing dari segi kesehatan. Masih meragukan tanaman obat yang satu ini? Jika Anda menanamnya sendiri dirumah, dapat dimanfaatkan untuk kesehatan selain fungsinya untuk memperindah halaman rumah Anda. Hanya saja, tetap ingat untuk melakukan cara pemanfaatan tanaman kumis kucing dengan tepat untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Berbagai keunggulan dari tanaman kumis kucing sudah kita bahas secara menyeluruh. Namun, tahukah Anda ternyata ini hanyalah beberapa manfaat dari kumis kucing, masih banyak lagi yang lainnya. Mari manfaatkan bahan bahan alami yang ada disekitar kita untuk menunjang kesehatan yang baik. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel