Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Daftar Tokoh Pemimpin Islam di Indonesia

Agama Islam adalah salah satu agama yang memiliki penganut terbesar di negara Indonesia. Di seluruh dunia, terdapat banyak sekali tokoh muslim yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan agama islam. Beberapa diantaranya berasal dari Indonesia. Nama mereka masuk dalam daftar tokoh pemimpin agama islam yang terkenal sebagai tokoh penting di Indonesia.

Tokoh muslim tidak hanya memiliki pengaruh secara global tetapi juga untuk negara Indonesia itu sendiri. Mereka menjadi panutan bagi banyak orang. Tidak hanya dinilai dari tutur kata atau ilmu terkait suatu hal yang diberikan, melainkan juga dari tindakan nyata sebagai bukti bahwa mereka layak menyandang status sebagai pendiri atau pemimpin agama terkemuka di Indonesia.

Mungkin Anda sudah tahu dan bisa menyebutkan deretan nama atau salah satu tokoh muslim yang sangat berpengaruh di Indonesia. Karena sebagian besar diantara mereka masuk dalam kategori tokoh ulama paling populer sepanjang masa atau dari waktu ke waktu. Ya, dari dulu sampai sekarang popularitasnya dikenal dari berbagai kalangan. Ingin tahu selengkapnya?

Sebagai berikut kita akan bahas nama nama tokoh pemimpin agama islam yang berpengaruh di Indonesia. Silahkan disimak.

Daftar Tokoh Pemimpin Islam di Indonesia


01. Abdulrahman Wahid

Nama Abdulrahman Wahid tentu sudah tidak asing lagi ditelinga saudara. Tokoh penting yang kerap dipanggil dengan nama panggilan Gus Dur ini telah menjadi salah satu Presiden yang begitu fenomenal dan sangat unik bagi masyarakat Indonesia. Beliau adalah seorang tokoh pemimpin liberal atau seorang pemimpin organisasi islam berbasis tradisi.

Tidak hanya itu saja, ia merupakan seorang cendikiawan yang inovatif terbukti dari berbagai karyanya yang intelektual. Beberapa diantaranya adalah pemikiran terkait hubungan antara agama dan negara, demokratisasi, pribumisasi dan pluralime.

02. Hamka

Hamka mempunyai nama lengkap yakni Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Ia juga sering dikenal dengan nama Buya Hamka. Apakah Anda tahu sosok seperti apa beliau? Ia adalah sosok tokoh yang multitalenta dalam ingatan bangsa Indonesia. Selama hidupnya ia terkenal sebagai seorang pejuang, ulama, pujangga dan sastrawan. Hasil karya buku bukunya diminati masyarakat dari berbagai kalangan.

Hamka adalah salah satu tokoh ulama besar dalam gerakan pembaharuan islam di daerah Minangkabau dan seorang penganjur Muhammadiyah. Sejarahnya menjadi seorang ilmuwan besar adalah secara otodidak dan terus matang oleh pengalaman hidupnya.

03. Hasan Basri

Hasan Bahri mempelajari agama Islam sejak ia masih usia yang dini. Ia bahkan khatam Alquran di usia yang masih begitu muda. Ia murid yang sangat cerdas. Bahkan sewaktu bertemu dengan Buya Hamka, ia telah menetapkan cita citanya sebagai seorang ulama seperti halnya Buya Hamka. Sebelum terjun dalam dunia politik, Hasan Basri telah dikenal sebagai dai muda yang sangat berbakat.

04. Abu Bakar Ba’asyir

Abu Bakar Ba’asyir merupakan tokoh agama terkemuka yang mungkin Anda ingat sebagai seorang yang tokoh yang kontroversial di dalam bidang perpolitikan di negara Indonesia. Beliau adalah pemimpin atau pendiri pesantren Al-Mu’min yang telah dituduh sebagai penasehat spiritual jemaah Islamiyah.

Ini merupakan grup separitis militan islam yang memiliki hubungan atau kaitan dengan jaringan al-Qaeda. Meskipun demikian Ia membantah memiliki kaitan dengan jemaah Islamiyah atau terorisme. Namun, dalam sejarahnya, Abu Bakar Ba’asyir terkait berbagai kontroversial sehingga ditahan oleh kepolisian RI.

05. Ma’aruf Amin

Mendengar nama Maaruf Amin, Anda tentu sudah sangat mengenalnya sebagai tokoh penting kedua setelah Presiden. Beliau menjabat sebagai wakil presiden yang diresmikan pada tahun 2019 lalu bersama dengan pak Joko Widodo selaku Presiden RI. Beliau tidak hanya dikenal sebagai wakil presiden tetapi juga ambil andil dalam politisi, ulama serta dosen.

06. Ahmad Dahlan

Tokoh Ahmad Dahlan tidak pernah lepas dari dari sejarah sebagai tokoh agama islam terkemuka yang sangat berpengaruh di Indonesia. Beliau merupakan sosok pahlawan nasional yang begitu berjasa bagi negara Indonesia. Ia mendirikan organisasi Islam dengan nama Muhammadiyah yang merupakan salah satu organisasi masyarakat terbesar dinegara Indonesia.

07. Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq mempunyai nama lengkap yakni Muhammad Rizieq bin Hussein Shihab. Beliau merupakan seorang tokoh dari Indonesia yang terkemuka sebagai pemimpin organisasi FPI yang adalah singkatan dari Front Pembela Islam. Ia selaku pendiri, pemimpin dan ketua umum dari organisasi FPI mengalami berbagai kontroversial karena melakukan aksi aksi penertiban terhadap kegiatam yang bertentangan dengan syariat islam.

08. Ahmad Syafii Maarif

Ahmad Syafii Maarif adalah salah satu tokoh agama di Indonesia yang juga dikenal sebagai seorang tokoh pendidikan dan penulis. Beliau pernah terlibat dalam organisasi Muhammadiyah yang selanjutnya diangkat menjadi seorang guru di sekolah Muhammadiyah tersebut. Ia begitu aktif dalam dunia pendidikan dan memperoleh berbagai master dari Program studi yang ia ambil.

Selain aktif dalam dunia pendidikan tersebut, beliau sendiri merupakan mantan ketua umum dari pengurus pusat Muhammadiyah selama kurun waktu 5 tahun yakni tahun 2000 sampai 2005. Karena rajin menulis, sebagian bukunya yang mengangkat masalah masalah islam mendapatkan apreasiasi dan penghargaan bergengsi.

09. Hasyim Asyari

Pendiri Nahdlatul Ulama atau NU adalah Hasyim As’yari. NU sendiri adalah organisasi islam terbesar yang sudah populer. Beliau sudah dikenal sebagai salah satu ulama yang sangat berpengaruh di negara kita, Indonesia. Sepanjang sejarah hidupnya, ia telah mendirikan pesantren Tebuireng dan berjuang melawan Belanda.

Baik Jepang maupun Belanda pernah berusaha untuk merangkulnya. Tapi ditolak. Sampai pada akhirnya, Pendirian Organisasi Pergerakan membentuk MIAI atau Majelis Islam ala Indonesia, Kyai Hasyim dan putranya yang bernama Kyai Wahid Hasyim diangkat sebagai pemimpin.

10. Hasyim Muzadi

Pernah mendengar tokoh bernama Hasyim Muzadi sebelumnya? Anda pasti setidaknya tahu bahwa beliau adalah salah satu mantan organisasi NU atau Nahdlatul Ulama. Ia juga pernah menjadi pengasuh dari pesantren Al-Hikam di kota Malang. Sebagai sosok ulama, Hasyim Muzadi dikenal sebagai pluralis dan nasionalis.

Apapun yang dianggap penting bagi agama, Indonesia serta NU, beliau siap dan ikhlas melakukan. Oleh sebah itu, namanya tidak pernah lepas dari sebutan pemimpin Indonesia yang cukup tulus,. Ingin tau informasi seputar islam lainnya silahkan baca KAJIAN DUNIA ISLAM.

Uraian diatas adalah daftar nama tokoh penting sebagai pemimpin agama muslim di Indonesia yang patut Anda ketahui. Terutama bagi Anda sebagai salah satu tokoh muslim juga, yang perlu tahu perkembangan terkait pemimpin Islam di negara kita sendiri. Masing masing tokoh pemimpin tersebut memiliki sejarah yang berbeda beda dan ikut ambil bagian dalam berbagai bidang.

Ini hanyalah sebagian informasi yang mencangkup beberapa nama tokoh pemimpin islam yang berasal dari Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi nama yang belum disebutkan. Selain itu, terkait profil, sejarah, biodata, maupun karier mereka yang dibahas secara lengkap tersebut masih harus memuat informasi lainnya secara lebih terperinci. Semoga bermanfaat.