-->

Daftar Nama pengurus Partai PDI Perjuangan 2019-2024

Anda pasti sudah mengenal salah satu partai bernama PDI Perjuangan atau yang biasa disingkat dengan sebutan PDIP. Megawati Soekarno Putri adalah tokoh populer yang identik dikenal bersama partai PDIP ini sebagai seorang ketua umum. Tidak hanya itu, sebenarnya ada deretan nama tokoh yang berperan penting dalam berdirinya PDIP. Tahukah Anda siapa saja yang termasuk dalam daftar nama pengurus di PDIP terbaru khususnya dalam periode tahun 2019-2024?


Partai ini adalah salah satu partai populer di tanah air Indonesia. Sejarah lahirnya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini sendiri dikaitkan dengan peristiwa 27 Juli 1996. Melalui kepemimpinan Megawati Soekarno Putri, Ia melantik kepengurusan partai PDIP berdasarkan struktur organisasi yang disepakati. Pada bulan Agustus 2019 lalu, ditetapkan nama nama orang penting dalam PDIP.

Struktur terbaru yang diusung tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Mulai dari bendahara, sekretaris, sampai bagian kepala bidang masing masing. Beberapa nama pengurus terbaru PDIP juga tidak banyak berubah. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai anggota dewan Partai PDI Perjuangan terbaru periode tahun 2019-2024, mari kita simak daftar rincian nama dibawah ini yang akan memberikan Anda  gambaran singkat.

Daftar Nama pengurus Partai PDI Perjuangan 2019-2024
  1. Megawati Soekarno Putri sebagai Ketua Umum
  2. Komarudin Watubun sebagai Ketua Bidang Kehormatan Partai
  3. Bambang Wuryanto sebagai Ketua Bidang Pemenangan Pemilu
  4. Djarot S. Hidayat sebagai Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi
  5. Sukur Nababan sebagai Ketua Bidang Keanggotaan dan Organisasi
  6. Puan Maharani sebagai Ketua Bidang Politik dan Keamanan
  7. Yasonna H. Laoly sebagai Ketua Bidang Hukum HAM dan Perundang-undangan
  8. Said Abdullah sebagai Ketua Bidang Perekonomian
  9. I Made Urip sebagai Ketua Bidang Pangan, Pertanian, Kehutanan dan Lingkungan Hidup
  10. Rohmin Dahuri sebagai Ketua Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan
  11. Ahmad Basarah sebagai Ketua Bidang Luar Negeri
  12. Ribka Tjiptaning sebagai Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana
  13. Nusyirwan Soejono sebagai Ketua Bidang Industri, Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial
  14. Sri Rahayu sebagai Ketua Bidang Kesehatan dan Anak
  15. Tri Rismaharini sebagai Ketua Bidang Kebudayaan
  16. Mindo Sianipar sebagai Ketua Bidang Koperasi dan Peningkatan Kesejahteraan Rakyat
  17. Wiranti Sukamdani sebagai Ketua Bidang Pariwisata
  18. Eriko Sotarduga sebagai Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga
  19. Hamka Haq sebagai Ketua Bidang Keagamaan dan Kepercayaan kepada Tuhan YME
  20. Prananda Prabowo sebagai Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital
  21. Hasto Kristiyanto sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen)
  22. Utut Adianto sebagai Wakil Sekjen Bidang Internal
  23. Sadar Restuwati sebagai Wakil Sekjen Bidang Program Kerakyatan
  24. Arief Wibowo sebagai Wakil Sekjen Bidang Program Pemerintahan
  25. Olly Dondo Kambey sebagai Bendahara Umum
  26. Rudiyanto Tjen sebagai Wakil Bendahara Umum Bidang Internal
  27. Juliari Peter Batubara sebagai Wakil Bendahara Umum Bidang Program

Pengumuman terkait dipilih dan dilantiknya anggota pengurus partai PDI Perjuangan ini disampaikan langsung oleh ketua umum Megawati Soekarno Putri di hari terakhir kongres V PDIP di Bali tepatnya di Grand Inna Bali Beach Hotel. Megawati Soekarno Putri merupakan formatul tunggal yang mempunyai hak secara prerogratif dalam memilih dan melantik anak buahnya untuk membantu dalam menyukseskan program partai selama periode 5 tahun kedepan.

Baca Juga :

Beberapa nama yang disebutkan dalam daftar sebenarnya tidak asing sebab beberapa diantaranya merupakan Ketua bidang tetap bertahan. Ada juga yang berpindah bidang sesuai dengan pengaturan kepengurusan baru yang dibuat. Seperti halnya tokoh ternama bernama Komarudin Watubun yang memiliki jabatan tetap sedangkan tokoh lainnya bernama Djarot Saiful Hidayat berpindah bidang. Serta masih ada lagi nama nama lama yang masih bertahan ikut ambil bagian dalam partai PDI Perjuangan.

Selain itu, terlihat juga dua anak dari Megawati yang masih dalam jabatan bertahan sama seperti periode sebelumnya. Mereka adalah Prananda dan Puan Maharani. Megawati Soekarno Putri juga memilih ketua DPD Jateng bernama Bambang Wuryanto yang memegang peranan sebagai Pemimpin bidang pemenangan pemilu. Lalu ada juga tokoh penting lainnya yang menjabat sebagai walikota surabaya memegang peranan sebagai ketua bidang kebudayaan bernama Tri Rismaharini.

Tokoh terkenal yang turut mencuat dan menjadi perbincangan juga adalah Hasto Kristiyanto yang mencetak sejarah selama dua periode sebagai sekretaris jenderal. Sementara untuk kedua tokoh penting Wasekjen lainnya bernama Ahmad Basarah dan Eriko Sotarduga dipilih menjadi ketua seorang bidang di Partai PDI perjuangan. Anda pastinya sudah tidak asing dengan nama nama tersebut.

Hal lain yang terlihat mencolok adalah ketika terpilihnya dua menteri Jokowi yang masuk dalam daftar susunan kepengurusan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini. Siapa mereka? Mereka adalah Puan Maharani yang bertanggung jawab sebagai Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Yang lain lagi adalah Yasonna Laoly yang berperan sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Mereka berdua ditunjuk oleh ketua umum, Megawati secara langsung dengan menjabat sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemerintahan, Pertahanan, dan Keamanan untuk Puan Maharani. Sementara jabatan DPP PDI Perjuanhan Bidang Hukum, Hak Asasi Manusia, dan Perundang-undangan diberikan kepada Yasonna Laoly. Megawati menyebutkan ada alasan terkait dipilihnya dua menteri Jokowi tersebut sebagai anggota kepengurusan PDI Perjuangan yang baru periode 2019-2020 atau dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

Lihat Juga : kabarsebelas.com | Situs Berita Online

Uraian diatas adalah deretan nama tokoh tokoh lengkap yang bertanggung jawab dan memiliki peranan penting dalam PDIP. Sesuai dengan peranan yang mereka emban, mereka telah dipilih dan dilantik oleh ketua Megawati Soekarno Putri untuk masa periode tahun 2019-2024. Dengan demikian mereka akan membantu Megawati selama lima tahun kedepan dalam pengurusan PDIP.

Struktur yang dibuat ini dari Ketua Dewan Pimpinan Pusat atau DPP sampai dengan tingkat sekretaris jenderal. Dengan 27 bidang yang sama dengan susunan kepengurusan PDIP sebelumnya diharapkan kedepannya akan lebih baik lagi. Setelah mengenal masing masing dari tokoh yang bekerja di Partai PDI Perjuangan, kita berharap partai ini bisa mencapai visi dan misi untuk kepentingan negara Indonesia yang lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel