7 Cara penularan Virus Corona yang harus di Waspadai

Mastimon.Com - Penyebaran virus corona begitu sangat cepat di berbagai belahan negara di Dunia. Dalam waktu yang singkat sudah ada banyak negara yang masuk dalam daftar negara yang terjangkit virus COVID-19. Umumnya cara penularan virus corona cenderung lebih terjadi pada anak, namun orang tua harus waspada. Apalagi penyakit ini sangat berbahaya bagi mereka yang sudah lanjut usia dan lemah secara fisik.

Sebagaimana yang kita tahu coronavirus merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit ini juga sudah menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa dengan puluhan orang lainnya yang terinfeksi sehingga memerlukan perawatan yang intensif. Pada gejala atau ciri ciri awal penularan virus ini tidak begitu terlihat bahkan seperti flu biasa. Inilah yang membuat para penderitanya kemungkinan tidak sadar bahwa mereka sudah membawa virus corona dalam tubuh mereka.

Oleh sebab itu, Anda secara pribadi perlu mengetahui proses penularan virus ini. Pertama tama Anda perlu tahu apa saja yang bisa menyebabkan Anda terjangkit virus ini, cara penularannya, gejala dan ciri ciri yang menyertainya sampai cara mencegah virus corona yang ampuh. Nah, untuk cara penularan virus corona ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam cara. Lebih lengkapnya, silahkan simak informasinya di bawah ini.

Cara penularan Virus Corona yang harus di Waspadai

1. Penularan dengan berjabat tangan

Penularan virus corona yang dilansir cepat adalah melalui jabat tangan antara satu orang dengan orang lainnya. Tangan merupakan bagian anggota tubuh yang paling rentan menjadi sarang kuman, virus dan bakteri. Khususnya setelah Anda melakukan berbagai aktivitas seperti batuk atau bersin, membuang sampah, menyentuh hewan, menggunakan toilet, bercocok tanam dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalau Anda berjabat tangan dengan orang lain, maka secara otomatis virus akan berpindah dari satu tangan ke tangan yang lainnya begitu juga seterusnya. Oleh sebab itu, untuk mencegah penularan virus corona sendiri lebih dianjurkan untuk sering mencuci tangan.

Memang sebagaimana yang kita tahu COVID-19 ini tidak menular melalui kulit melainkan menyerang sistem pernapasan seperti melalui mulut, mata dan hidung. Nah, ketika Anda tidak sengaja menyentuh bagian wajah sebelum mencuci tangan, Anda bisa terinfeksi penyakit corona.

2. Tangan menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus

Barang barang atau benda yang terkontaminasi dengan virus bisa sangat berbahaya dan beresiko menjangkit. Apalagi coronavirus ini sendiri mampu bertahan di permukaan benda dalam kurun waktu yang tidak sebentar, berjam jam bahkan berhari hari.

Barang barang yang sering menjadi inang bagi virus corona beberapa diantaranya adalah gagang pintu, meja kerja, keyboard, mouse PC komputer dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu membersihkan benda benda yang sering disentuh.

3. Bepergian ke tempat yang terjangkit

Bepergian ke tempat atau daerah yang terjangkit merupakan cara penularan paling beresiko. Jika Anda bepergian tanpa memperhatikan konsekuensi terkena virusnya, kemungkinan besar Anda bisa terinfeksi. Apalagi sekarang ini kita amati banyak negara sudah terjangkit virus corona. Dari awalnya yang hanya di China kini sudah menyebar sampai ke Indonesia.

Baca Juga :

Tentu ini pasti akibat dari penularan orang yang terjangkit kemudian membawa virus tersebut ke tempat tempat baru. Atau situasi lain bahwa ada orang yang tetap bepergian ke wilayah terjangkit meskipun sudah dilarang.

4. Daya tahan tubuh yang lemah

Tidak hanya virus corona yang bisa timbul karena adanya daya tahan tubuh yang lemah. Banyak penyakit berbahaya lainnya juga muncul karena faktor yang sama. Di sekeliling kita sekarang ada banyak sekali ancaman penyakit, upaya menjaga kebersihan akan sia sia jika Anda tidak meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Pola hidup yang tidak sehat seringkali menjadi cara penularan virus corona yang lebih cepat.

5. Batuk dan bersin yang mengandung virus

Dalam dunia medis penyebaran virus bisa terjadi dari satu orang ke orang lainnya. Keadaan ini disebut dengan transmisi. Nah, cara penularan ini bisa jadi berdampak besar karena melalui batuk dan bersin tersebut memungkinkan  virus keluar dari sang penderita, kemudian terbang dan selanjutnya menempel pada area wajah orang yang sehat seperti mengenai mata, hidung dan mulut.

6. Penularan melalui udara

Penyebaran virus bisa terjadi melalui udara secara langsung. Bagaimana bisa? Hal ini bisa terjadi meskipun seorang penderita tidak melakukan kontak secara langsung dengan orang yang terjangkit. Udara bisa membawa virus untuk hinggap dan menempel di berbagai tempat yang akan menjadi inang atau tempatnya. Oleh sebab itu, masyarakat dihimbau untuk tidak keluar rumah kalau bukan suatu hal yang mendesak. Penggunaan masker pun dianjurkan dalam hal ini.

7. Penularan melalui Droplets

Cara penularan terakhir yang disebutkan ini merupakan faktor yang membuat virus corona mewabah. Penularan melalui droplet sendiri terjadi dengan berbagai macam penularan termasuk yang sudah kita sebutkan diatas. Mulai dari penularan droplets melalui permukaan benda yang terkena percikan cairan virus corona sampai dengan terbang melewati jarak tertentu hingga 1 meter ke orang lainnya dan masih banyak lagi.

Droplet adalah partikel kecil yang bersumber dari mulut sang penderita dengan kandungan kuman penyakit. Umumnya dihasilkan ketika Anda bersin, batuk ataupun berbicara. Namun, partikel droplets sendiri tidak akan bertahan dalam kurun waktu yang lama atau mengendap diudara. Upaya pencegahan yang paling ampuh adalah tetap menjaga kebersihan dan menggunakan masker.

Inilah informasi yang dibahas secara lengkap mengenai proses menularnya virus corona yang patut untuk menjadi pusat perhatian setiap orang. Sampai sekarang, penelitian masih terus berupaya keras untuk mencari tahu sumber, penyebaran serta cara ampuh mengobati infeksi virus corona. Informasi diatas penting  sebagai langkah langkah untuk menjaga diri dari infeksi virus coronayang beresiko fatal ini.

Terus waspada dan menjaga kesehatan diawal akan membuat kecil kemungkinannya keluarga Anda tertular. Virus corona ini sifatnya bukan hanya berbahaya bagi diri sendiri, melainkan juga kepada orang lain disekitar Anda. Menjaga diri Anda supaya tidak terjangkit virus ini patut dihargai untuk menekan angka penyebaran virus yang lebih tinggi lagi. Semoga penularan virus corona bisa segera diatasi dan semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel