10 Peluang Usaha di Desa Berkembang yang menjanjikan di Masa Depan

Mastimon.Com - Peluang usaha bisa muncul dimana saja apabila ada upaya.Tidak hanya di kota saja yang berpotensi bisnis sukses dan berhasil, sekarang ini usaha di desa juga tidak kalah memberikan keuntungan yang melimpah. Banyak peluang usaha diantaranya mampu berkembang dengan pesat serta mampu menjanjikan masa depan yang cerah baik di daerah terpencil sekalipun.

Mencari ide usaha yang cocok memang bukanlah perkara yang mudah. Anda kemungkinan ragu untuk mulai berbisnis atau usaha apalagi di pedesaan. Namun, sebenarnya Anda bisa menemukan jenis usaha yang pas dan membangun inovasi usaha di desa. Tentu saja harus dimulai dari Anda untuk menciptakan peluang tersebut.

Untuk itu, sebagai berikut akan dijabarkan beberapa referensi peluang usaha terbaru yang mampu memberikan jaminan sukses untuk Anda. Dengan tanpa modal atau bermodal sedikit saja, usaha ini bisa menjadi pekerjaan yang berpeluang berhasil dan cepat berkembang. Ingin tahu apa saja? Yuk kita simak deretan informasinya di bawah ini.

10 Peluang Usaha di Desa Berkembang yang menjanjikan di Masa Depan

1. Bisnis Usaha Pertanian

Peluang Usaha pertama yang berpotensi menuai sukses dimasa depan adalah pertanian. Di desa masih banyak lahan yang bisa Anda garap ditambah lagi dari segi tanah yang tersedia juga belum tercemar oleh bahan bahan kimia. Bayangkan kalau Anda tinggal dikota, semakin lama lahan semakin berkurang dan tidak tersedia lahan lagi untuk menanam.

Belum lagi adanya pencemaran udara yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman yang di budidayakan bukan? Anda bisa mencoba menanam beberapa aneka sayuran di halaman atau lahan kecil. Lalu ketika saatnya panen Anda bisa menjualnya di masyarakat sekitar. Apabila sudah dalam skala besar Anda bisa mengirimkan sayuran tersebut kekota yang pastinya lebih mahal.

2. Bisnis Usaha Pertenakan

Berikutnya adalah peternakan. Khususnya Anda yang menyukai hewan hewan ternak seperti halnya ayam, sapi, bebek, mentok dan lain sebagainya dapat memanfaatkannya sebagai modal usaha yang menjanjikan sukses di masa depan. Nantinya Anda bisa menjualnya di daerah sekitar atau mengirimkannya ke kota untuk memenuhi permintaan pasar.

3. Bisnis Usaha berkaitan dengan hewan air

Desa yang letaknya berada di pinggiran pantai atau di dekat sungai sangat cocok untuk menerapkan bisnis usaha yang satu ini. Menjadi nelayan ikan atau membuka sebuah usaha tambak sendiri dengan melakukan budidaya hewan laut bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

Baca Juga :

Hewan laut atau sungai yang berpotensi laris adalah berbagai jenis ikan, lobster, kepiting, udang, cumi cumi dan masih banyak lagi. Lobster sendiri memiliki harga jual yang sangat tinggi tapi nelayan lobster belum terlalu memadai.  Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk menuai kesuksesan.

4. Bisnis Usaha Kerajinan Tangan

Masyarakat di desa umumnya memiliki ciri khas dan budaya yang kaya dan beragam. Inilah yang membuatnya kaya akan kerajinan tangan juga. Kerajinan tangan menjadi kesenian suatu daerah yang penting untuk ditonjolkan khususnya ketika ada wisatawan asing yang berkunjung.

Nah, Anda bisa mengambil kesempatan ini untuk membuat dan menjual berbagai jenis kerajinan tangan khas daerah Anda. Beberapa diantaranya yang banyak dicari adalah kain tenun, gelang ataupun kalung manik dengan corak corak tertentu. Berbagai aksesoris Anda akan sangat laris manis ketika ada pengunjung asing yang datang berwisata ke daerah Anda.

5. Bisnis Usaha menjadi Pengepul

Tahukah Anda istilah pengepul? Pengepul ini adalah seseorang yang pekerjaannya membeli barang atau produk seperti hasil pertanian, perkebunan, perikanan dan lain lain yang selanjutnya nanti akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Pengepul ini secara lebih ringkas adalah sebagai perantara atau distributor antara pihak produsen dengan konsumen.

6. Menjual Aneka Olahan Makanan atau Minuman Khas

Sebagaimana yang kita tahu setiap daerah pasti memiliki khas kulinernya masing masing. Oleh sebab itu, di Indonesia sendiri ada banyak sekali khas makanan yang beraneka ragam. Nah, Anda bisa memanfaatkan situasi ini. Anda bisa memperoleh penghasilan dari hasil penjualan makanan dan minuman khas tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengenalkan kuliner khas daerah Anda kepada pengunjung yang datang ke desa Anda.

7. Bisnis Membuka Toko Kelontong

Untuk membangun toko kelontong sendiri tidak memerlukan tempat atau bangunan berukuran besar. Toko kelontong bisa beroperasi meskipun hanya di teras rumah atau tempat kecil lainnya. Toko kelontong sendiri biasanya berisi dagangan untuk menjual sembako, makanan dan minuman ringan serta berbagai jenis usaha dagang lainnya.

8. Bisnis Usaha Jasa Menjahit

Bagi para penduduk desa memiliki suatu keahlian dalam menjahit dengan mesin sudah cukup menjanjikan bisnis yang berhasil. Hanya dengan bermodalkan mesin jahit saja, Anda sudah bisa memulai usaha. Waktu penyelesaian pekerjaan pun akan lebih cepat.

Banyak dari penduduk lainnya pasti akan memanfaatkan hal itu karena tidak punya waktu untuk menjahit sendiri atau tidak bisa menjahit karena tingkat kesulitan yang terlalu sulit.

9. Bisnis Usaha Sewa Kamar

Panaroma pedesaan yang indah tentu banyak menarik minat perhatian dari para wisatawan asing. Tak jarang bahkan ada yang berniat bermalam atau berwisata selama beberapa hari di pedesaan tersebut. Nah, Anda bisa mengambil kesempatan itu untuk membuka bisnis sewa kamar atau yang biasa kita kenal dengan sebutan homestay.

10. Bisnis Usaha Rumput Laut

Bagi Anda yang mungkin tinggal di desa dekat pinggiran pantai, bisa mencoba bisnis usaha rumput laut. Bisnis ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Sebab kebutuhan akan rumput laut juga banyak mulai dari dikonsumsi secara biasa, bahan pembuat agar agar, bahan pembuat kosmetik dan lain sebagainya. Jangkauan penjualan rumput laut bisa dimulai dari daerah sekitar lalu selanjutnya berkembang dengan dikirimnya keperkotaan atau pasar.

Lihat Juga : caricaraku.com | Blog informasi tentang Bisnis

Uraian diatas adalah daftar nama nama usaha untuk berbisnis yang sukses di pedesaan. Anda tidak perlu merantau jauh jauh ke kota, kalau di kampung saja bisa menjadi wirausaha atau pengusaha sukses bukan? Memanfaatkan sumber daya yang Anda miliki saja sudah cukup tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Semoga informasi ini bisa membantu dan selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel