5 Penyebab INSTAGRAM gangguan dan Cara Jitu mengatasinya

Instagram menjadi salah satu jejaring sosial yang digemari oleh semua orang dari berbagai kalangan. Bahkan media sosial yang satu ini dapat dikatakan wajib untuk dimiliki bagi para generasi milenial. Keberadaannya pun mampu menyaingi popularitas sosial media yang terkenal lainnya seperti Facebook, Whatsapp, twitter, line dan lain –lainnya. Memiliki fitur berbagi foto dan video sebagai daya tarik dari aplikasi ini membuat para pengguna dapat mempertahankan eksistensinya di dalam dunia maya. Oleh sebab ini lah, jika tiba –tiba instagram mengalami sedikit saja masalah, para pengguna bisa cepat merasakannya. Mereka pun ingin segera mengatasinya dengan cara apa saja.


Biasanya masalah yang kerap dihadapi di dalam instagram adalah kendala umum seperti tidak bisa login sampai dengan tidak dapat membuka aplikasi atau memang terjadi karena server instagram sedang down. Kebanyakan dari para customer pasti tidak sabaran ingin segera mengecek beranda instagram atau segera berbagi foto dan video. Jika Anda juga mengalami hal demikian, sebenarnya saat instagram error bisa saja ditangani secara cepat dan tepat. Hanya saja Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Namanya teknologi ada kelebihan juga pasti ada kekurangannya. Terkadang aplikasi instagram mengalami error, hang dan tidak bisa di buka. Pastinya Anda menyadari bahwa bukan hanya Anda yang menggunakan Instagram. Ada lebih dari jutaan orang di seluruh dunia yang menggunakan instagram, ini memungkinkan instgram menjadi lambat dan error karena banyak sekali yang menggunakannya. Namun, selain itu tentu saja kita perlu mencari alasan yang sebenarnya mengapa instagram mengalami gangguan. Pihak dari instagram sendiri pun berusaha untuk dapat mengatasi masalah ini.

Untuk itu, pada uraian berikut ini akan membantu Anda mengatasi Instagram yang bermasalah. Mulai dari caranya mengetahui faktor penyebab instagram error, lalu akan disertai juga tips mudah menanganinya secara mudah, cepat dan tepat. Anda tidak perlu khawatir, Anda masih bisa menikmati kenyamanan berselancar dalam sosmed populer ini, Anda hanya perlu sabar dan perhatikan letak kesalahannya sebagaimana yang sudah diuraikan di bawah ini. Silahkan untuk menyimaknya terlebih dahulu.

Penyebab INSTAGRAM gangguan dan cara jitu mengatasinya

1. Aplikasi belum di Update

Salah satu yang kemungkinan menjadi penyebab Instagram Anda mengalami gangguan adalah belum update aplikasi. Tahu kah Anda instagram adalah salah satu aplikasi online yang sering melakukan update. Biasanya update ini kerap dilakukan dengan tujuan untuk memberikan berbagai fitur baru untuk para penggunanya maupun juga untuk menyelesaikan masalah –masalah yang terjadi di instagram. Sehingga jika Anda belum update ke versi terbau bisa jadi adalah faktor utama akun instagram Anda Error.

Baca Juga :

Cara update nya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi playstore. Selanjutnya, pilih menu pilihan, dan klik Aplikasi dan game saya, carilah aplikasi instagram. Lalu klik update. Namun, bagaimana kalau Anda sudah melakukan update tetapi aplikasi instagram tersebut masih belum bisa di akses juga. Ini biasanya disebabkan oleh kesalahan pada saat proses update tersebut. Anda bisa mengulanginya dengan cara menghapus aplikasi dan unduh kembali ke versi terbaru.

2. Terdapat BUG

Apakah Anda mengetahui apa itu BUG? Bug adalah masalah yang normal dan bisa terjadi pada aplikasi apapun itu. Namun, penyebab bug ini terjadi tidak selalu karena kesalahan aplikasi. Dalam beberapa hal, bisa jadi pemicu timbulnya bug adalah adanya permasalahan pada HP android atau smarphone yang Anda gunakan. Misalnya ada kemungkinan Handphone bingung terhadap tindakan yang dilakukan. Bagaimana caranya menghilangkan Bug? Caranya cukup sederhana saja yakni update versi instagram baru, menghapus cache instagram, restart perangkat dan tunggu penyelesaian masalah internal instagram. Jika sudah selesai, Anda bisa membukanya lagi.

3. Adanya data aplikasi Corrupt

Nah, faktor berikutnya kalau aplikasi instagram tetap tidak bisa dibuka setelah melakukan update atau setelah Anda mengguanakan aplikasi, biasanya permasalahannya terjadi karena adanya data aplikasi corrupt. Untuk mengatasinya tenang saja, Anda hanya cukup melakukan tips pada poin –poin diatas. Solusi pada poin diatas sudah mencangkup menghilangkan data aplikasi corrupt ini. Anda juga bisa menerapkan tips lainnya yakni hentikan aplikasi lain yang sedang berjalan atau terbuka. Terlalu banyak aplikasi yang beroperasi akan mengurangi kinerja dari masing –masing aplikasi tersebut.

4. Server Instagram memang sedang down

Apabila permasalahan diatas sudah Anda atasi namun masih saja belum berhasil. Maka, bisa jadi aplikasi instagram memang sedang down untuk saat ini. Bagamana cara nya supaya Anda tahu bahwa benar –benar server sedang down sementara waktu? Jangan khawatir Anda bisa mengeceknya sendiri dengan mengunjungi beberapa situs terkenal untuk bisa melihat status sebuah web apakah sedang mengalami maintenance atau tidak. Beberapa diantaranya adalah situs independen yaitu :
  • Is It Down Or Just Me?
  • Is It Down Right Now? Website Down or Not?
  • Down Detector

Pada situs tersebut, Anda hanya cukup mengetikkan di kolom “Check it” dengan kunci “instagram.com”. Maka setelah itu Anda akan bisa melihat keterangannya apakah instagram memang sedang down atau tidak sedang mengalami masalah. Untuk mengakses ketiga situs tersebut Anda tidak perlu berbayar karena dapat dengan mudah di akses secara mudah dan gratis. Anda tinggal pilih saja mana yang mau Anda gunakan. Dengan demikian Anda bisa tahu letak permasalahan ada di server atau di HP Anda.

5. Menyimpan banyak data

Selanjutnya, bagi Anda yang tidak terlalu memperhatikan penyimpanan data aplikasi, silahkan untuk mengeceknya terlebih dahulu. Sebab salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi error di aplikasi adalah dengan menghapus riwayat data atau clear cache/ clear data. Cobalah untuk menghapus data yang tidak penting, seperti menghapus cache atau data instagram yang ada di Android. Bagaimana caranya? Cukup sederhana dan mudah. Anda tinggal masuk ke setelan/setting/pengaturan di Handphone Anda.

Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu aplikasi/apps, lalu mencari aplikasi instagram. Setelah menemukannya, Anda akan melihat menu yang mendetail. Selanjutnya, pilihlah Storage, pilih Clear data/clear cache. Ketika proses selesai silahkan untuk kembali login pada akun instagram Anda. Lakukan pembersihan data secara berkala untuk menjaga kestabilan performa aplikasi Anda. Tidak hanya instagram, hal ini juga berlaku untuk semua aplikasi.

Inilah informasi selengkapnya untuk solusi terbaik mengatasi akun instgram Anda yang mengalami masalah tertentu. Niscaya dengan mempraktekkan cara dan tips praktis tersebut Anda bisa menanganinya sendiri dengan cepat. Setelah melakukan penanganan yang sesuai silahkan coba akses akun instagram Anda kembali, apakah sudah kembali normal atau belum? Pastikan untuk Anda melihat penyebab permasalahannya lebih spesifik, sehingga penanganannya nantinya akan lebih sesuai. Yang terpenting adalah pastikan kecepatan internet di HP Android atau smartphone Anda baik.

Informasi ini diberikan untuk memberikan kenyamanan Anda dalam bersosial media. Dengan pembahasan ini diharapkan Anda bisa memahami mengapa instagram tiba –tiba berhenti, instagram sering keluar sendiri atau pertanyaan lainnya mencangkup mengapa instagram macet. Walaupun kerap mengalami error sementara, ini tidak akan membuat Anda rugi. Anda hanya perlu tenang dan mengatasinya. Silahkan menerapkan, Semoga bisa bermanfaat dan semoga berhasil!

Penulis : eztekno.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel