Penyebab dan cara menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Mastimon.Com - Saat ini ada berbagai cara menghilangkan ketombe yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan penggunaan jeruk nipis secara alami. Namun masih jarang orang melakukan cara paling efektif ini. Padahal tips tersebut dianggap tidak akan ada efek samping. Berbeda dengan cara kimiawi dengan menggunakan obat anti ketombe. Agar Anda lebih jelas, manfaat dan cara hilangkan ketombe. Simak terus ulasan berikutnya.


Ini Dia Penyebab Ketombe Sering Muncul

Siapa yang tak kesal saat ketombe semakin banyak di daerah rambut. Tentu saja, akan sangat menyebalkan karena menganggu penampilan Anda. Bukan hanya pada wanita, ketombe juga bisa mengurangi rasa percaya diri kaum pria. Sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe, apa saja penyebab ketombe yang sering muncul di rambut? Berikut penjelasan selanjutnya.
  • Jarang melakukan keramas. Ketombe yang semakin banyak muncul di kulit kepala memang terasa amat gatal. Petanda Anda jarang sekali mencuci rambut akan menyebabkan minyak dan sel-sel kulit mati mulai timbul di kepala. Jika terlalu lama akan menumpuk dan menimbulkan ketombe.
  • Akibat jamur ragi yang hidup di kulit kepala. Jamur jenis ragi ini mampu membuat iritasi pada kulit kepala. Bahkan dapat memicu sel kulit mati tumbuh semakin banyak, sehingga menyebabkan banyak ketombe di rambut Anda.
  • Kulit Anda kering dan berminyak inilah membuat kulit kepala banyak ketombe. Rupanya ketombe kering berada di kulit kepala dan ukurannya lebih kecil. Akibatnya gatal-gatal di kulit kepala semakin menjadi.

Baca Juga : 5 Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut yang Sehat.

Fakta Jeruk Nipis Mampu Membasmi Ketombe 

Taukah Anda cara menghilangkan ketombe bisa dengan memanfaatkan jeruk nipis? Bahan alami ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin cepat membasmi ketombe berlebihan. Tentu saja, jeruk nipis dan kandungannya bukan sekedar mitos tetapi fakta yang mengejutkan. Oleh karena itu, kenali fakta jeruk nipis berikut ini sebagai pembasmi ketombe di kulit kepala.
  • Jeruk nipis memiliki kandungan citric acid, sehingga dapat menyeimbangkan pH. Dampak positifnya bisa mengurangi produksi ketombe.
  • Jeruk nipis mengandung astringent effect sehingga dapat memberikan keseimbangan tingkat sebum pada kulit kepala dan rambut. Akibatnya rambut kering dan berminyak bisa dicegah.

Lihat Juga : Inilah bahan Alami untuk melebatkan Rambut.

Tips Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

Jangan heran, jika memijat kulit kepala dan rambut dengan jeruk nipis merupakan salah satu cara menghilangkan ketombe. Tentu saja selain terbilang lebih hemat, jeruk nipis sangat manjur mengusir gatal dan ketombe pada kulit kepala. Apalagi bagi Anda yang memiliki ketombe hingga bertahun-tahun, maka disarankan menggunakan perasan jeruk nipis. Begini, tips mengaplikasikan jeruk nipis sebagai obat ketombe alami.

Jeruk Nipis dan Yogurt

Cobalah Anda padukan jeruk nipis dan Yogurt untuk menghilangkan ketombe. Kandungan Lactic acid pada yogurt mampu melakukan eksfoliasi sel-sel kulit mati di kulit kepala. Anda bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan yogurt. Usapkan pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit, lalu keramas dengan shampoo.

Jeruk Nipis dan Minyak Essential

Gunakan minyak essential seperti almond oil, olive oil, coconut oil, atau lainnya yang berfungsi sebagai pelembab kulit kepala. Anda harus mencampurkan 2 sendok makan air perasan jeruk nipis dan 4 sendok minyak essential. Berikan pada daerah rambut dan kulit kepala, lalu bungkus menggunakan handuk hangat. Biarkan atau tunggu 1 jam dan barulah keramas seperti biasa.

Hilangkan ketombe Anda hanya dengan penggunaan jeruk nipis secara rutin. Demikian cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis, semoga bisa lebih bermanfaat bagi Anda semua. Kalian juga bisa membaca beberapa Tips menghilangkan Ketombe ke Blog infokesehatans.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel