Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepanjangan TKJ dan Penjelasannya lengkap

Mastimon.Com - TKJ, Merupakan salah satu singkatan yang sudah umum digunakan oleh para pelajar Sekolah menengah Kejuruan (SMK). Mengapa? Karena Kepanjangan dari TKJ itu sendiri adalah Teknologi Komputer dan Jaringan yang adalah salah satu bidang jurusan yang ada di Sekolah kejuruan tersebut. Tidak semua SMK Menyediakan Fasilitas untuk jurusan TKJ, Namun tidak jarang juga banyak SMK mengutamakan jurusan ini karena faktor peluang pekerjaanya lebih besar di bandingkan yang lain. Inilah yang juga menjadi alasan kebanyakan siswa siswi yang baru lulus ingin menekuni bidang yang terkenal ini.

Lihat Juga : Hosting Terbaik

Buat Anda sekalian yang sedang menyimak article ini tentunya sedang mencari informasi dan penjelasan secara lengkap seputar Jurusan Teknik Komputer ini. Anda berminat untuk mengambil jurusan TKJ? Sebelum menentukan pilihan anda, alangkah baiknya untuk menyimak pembahasan kita pada article ini terlebih dahulu. Dalam article ini sobat akan mendapatkan pengetahuan dasar apa itu TKJ? Bagaimana pembelajaran TKJ? Alasan mengapa memilih jurusan ini? Dan peluang apa yang akan kita dapat? Juga Tips –tips lainnya seputar Teknologi komputer dan jaringan ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa simak uraiannya di bawah ini.


Apa itu TKJ?

Seperti yang sudah kita singgung sebelumya di awal article, TKJ adalah sebuah singkatan. Untuk lebih jelasnya Teknologi Komputer dan jaringan ini merupakan salah satu jurusan semacam anak cabang dari studi dalam skala yang lebih luas, yakni teknologi dan informatika. Jurusan lain yang serupa adalah Rekayasa perangkat lunak, Animasi, Multimedia, DKV yang merupakan anak cabang dari Teknologi Informasi. Untuk setiap anak cabang yang kita sebutkan tadi memiliki program keahlian yang berbeda –beda. Oleh karena itu Anda harus lebih selektif dalam menentukan bidang.

Bagaimana Proses Pembelajaran TKJ?

Sesuai dengan namanya, pada jurusan ini akan membahas tentang cara merakit komputer dan menginstalasi program dan jaringan komputer.  Walaupun terdapat materi seputar pemrograman, fokus utama nya adalah di bagian perangkat keras atau hardware serta penggunaan logika dalam sebuah intalasi jaringan. Untuk mata pelajaran yang aktif adalah meliputi Jaringan dasar, Pemrograman Web, Pemrograman dasar, Perangkitan komputer, Simulasi digital, Sistem Komputer dan juga sistem operasi.

Mengapa banyak yang memilih TKJ?

Nah, menurut beberapa penelitian dan pengamatan, banyak anak –anak sekolah mulai tertarik dengan jurusan yang satu ini karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, karena Hobi main komputer. Di era sekarang yang serba canggih, anak –anak remaja sampai dewasa diwajibkan untuk bisa mengoperasikan komputer atau perangkat elektronik lainnya. Pada dasarnya pun sistem di Handphone android atau smartphone sudah di buat mirip dengan komputer bahkan lebih efesien. Selain itu, Dalam dunia Industri banyak membutuhkan tenaga dalam IT lebih dari mesin dikarenakan keefisienan dan juga kemudahannya sehingga dapat membantu dalam meningkatkan hasil industry. Selain itu TKJ sangat fleksibel, pembahasannya cukup luas dan dapat berwirausaha membuka sebuah toko komputer atau membuat program.

Baca Juga : VPS Hosting Indonesia

Uraian diatas merupakan penjelasan secara lengkap tentang jurusan TKJ di SMK. Apabila anda berminat, silahkan untuk mencari informasi nya lebih dalam dan terperinci. Sebenarnya ada banyak istilah –istilah dalam dunia komputer yang perlu kita tahu. Kini anda sudah mengetahui Istilah TKJ (pakbenz.com), Maka perbanyak lah informasi nama dan istilah dalam dunia komputer agar Anda dapat semakin paham dan mantap dalam menekuni salah satu jurusan dalam Teknik dan informatika. Semoga informasi yang di bagikan ini dapat bermanfaat dan Terima kasih.