5 Penyebab AC Mobil tidak dingin dan cara Mengatasinya

Mastimon.Com - Salah satu souvenir di dalam mobil yang memiliki peran penting adalah AC atau Air Conditioner atau kata lainnya lagi adalah pendingin udara. Mengapa penting? Fitur terkenal yang ada dalam ruangan atau kendaraan ini sangat membantu, mengingat cuaca yang sangat panas di beberapa kota di Negara Indonesia termasuk Kota Jakarta.

Apalagi kalau sudah memasuki musin kemarau, setiap hari suhunya bisa mencapai lebih dari 32 derajat celcius. Apa yang anda rasakan di dalam ruangan mobil atau alat transportasi lainnya dengan suhu seperti ini? Pasti perjalanan anda tidak nyaman bukan? Jadi Apabila AC Anda tidak berfungsi dengan baik, anda perlu cek apa masalahnya dan segera tangani.

Biasanya apabila alat pendingin udara ini sedang tidak berfungsi dengan baik, pada saat anda menyalakan AC tersebut ternyata hanya ada hembusan kurang dingin atau kita merasakan hanya angin saja, udara masih tetap panas sehingga membuat berkendara jadi tidak enak. Maka, sudah jelas sekali AC Mobil tidak bisa bekerja secara optimal pada saat di fungsikan.

5 Penyebab AC Mobil tidak dingin dan cara Mengatasinya

Sebelum melakukan penanganan pada AC yang bermasalah atau error kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Bisajadi latarbelakang masalahnya dipengaruhi oleh beberapa faktor kerusakan. Sebagai berikut kemungkinan pemicu AC tidak dapat bekerja dengan baik :
  1. Filter AC Tersumbat, Salah satu bagian pada AC yang penting adalah filter atau saringan. Fungsinya adalah untuk menyaring semua debu dan kotoran. Apabila Anda jarang melakukan pembersihan pada bagian ini, debu dan kotoran akan menempel dan tertimbun di filter yang pada akhirnya membuatnya tersumbat.
  2. Freon Habis atau Kurang, Penyebab mendasar yang sering menjadi faktor AC tidak dingin adalah Freon yang habis atau telah berkurang. Pada dasarnya Freon tidak akan habis, kecuali ada kebocoran pada sistemnya. Penyebab kebocorannya bervariasi, misalnya karena beberapa komponen karet yang sudah lama atau ada yang tidak beres pada kompresornya.
  3. Kondensor Kotor, Bagian ini terletak di bagian depan bersama radiator. Apabila, kondensor kotor akibat debu, lumpur atau kotoran yang lainnya dapat membuat proses kondensasi menjadi tidak berjalan dengan sempurna.
  4. Motor extra fan Mati atau Lemah, Selain hal –hal diatas kemungkinan yang lainnya adalah terletak di motor extra fan yang bermasalahan sehingga kondensasi dalam kondensor tidak bisa berfungsi dengan lancar dan tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin tersebut.
  5. Evaporator Kotor, Debu atau kotoran yang menempel di evaporator adalah debu yang tidak bisa tersaring oleh filter, atau karena terlalu banyaknya debu atau kotoran yang berada pada alat saring.

Nah, setelah mengetahui beberapa poin penting penyebab AC Anda tidak berfungsi dengan baik, Maka anda bisa cek mana kah dari poin diatas yang merupakan salah satu faktornya. Cara mengatasinya tentu bukan suatu pekerjaan yang dapat diremehkan, Semua orang bisa saja melakukan pekerjaan ini tetapi harus memiliki pengetahuan yang saksama tentang perangkat elektronik yang satu ini. Karena kalau salah –salah dan menggunakan informasi seadanya AC Anda bukannya berfungsi dengan baik malah yang terjadi adalah hal yang sebaliknya.

Apabila letak masalahnya hanya pada bagian filter yang kotor, Anda hanya perlu membersihkannya sendiri filter indoor minimal seminggu sekali. Bagaimana cara nya? Ambil alat saring tersebut, lalu cuci saja dengan air bersih dan sabun. Jika sudah selesai keringkan dan pasang kembali pada tempatnya. Untuk Service AC yang paling aman menghindari kerusakan adalah perawatan AC minimal 3 bulan sekali atau 2 bulan sekali tergantung pemakaian.

Baca Juga : Motor Matic Keren 3 Roda dengan harga Terjangkau

Namun, Apabila AC panas karena pengaruh dari sistem atau dari dalam, tidak ada jalan lain selain anda membawanya ke bengkel resmi untuk service AC. Mengingat bagian alat pendingin ini merupakan sektor yang seluruh komponennya berada di dalam, sehingga harus orang yang memang sudah ahli untuk menanganinya. Jangan lupa untuk rutin service AC mu baik itu AC dirumah, AC di kantor, AC mobil atau transportasi lainnya, AC Ruangan pribadi dan masih banyak lagi.

Inilah penjelasan secara singkat mengenai sebab AC atau alat pendingin ruangan tidak bekerja dengan baik disertai solusi yang harus diambil untuk dapat mengatasinya. Semoga dengan adanya Article ini bisa membantu dan bermanfaat untuk sobat yang membutuhkan informasi seputar Air Conditioner (AC) dan bagaimana Cara mengisi Freon AC Mobil, Mengingat sekarang ini kebutuhan alat ini semakin bertambah, maka pasti ada saja yang membutuhkannya, oleh sebab itu kami berbagi. Terima kasih sudah mampir dan baca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel