8 Tips menjadi Jurnalis atau Wartawan Freelance Pemula

8 Tips menjadi Jurnalis atau Wartawan Freelance Pemula

8 Tips menjadi Jurnalis atau Wartawan Freelance Pemula

Memiliki hobi menulis dan juga fotografi, mungkin kedua hobi anda ini bisa dituangkan dalam bidang kerja loh. Yap menjadi seorang jurnalis. Namun ilmu menulis saja rasanya tidak cukup untuk menjadi seorang jurnalis, karena kita dituntut memiliki banyak wawasan, mengenai hal A sampai Z.  Karena Sumber Berita terkini ada berbagai macam.

Selain berwawasan luas para jurnalis wajib memiliki kosakata yang banyak juga, karena nantinya anda akan menghadapi banyak orang dengan latar belakang yang berbeda - beda. Mulai guru, dokter, pejabat, insiyur nah para ahli tersebut pastinya memiliki kata khusus yang tidak banyak diketahuiorang, anda lah calon jurnalis yang wajib mengetahuinya.

Pengen jadi jurnalis Yuk simak beberapa tips berikut ini :

1. Terbuka Dan Memiliki wawasan yang luas

SEperti yang saya ungkapkan tadi, menjadi seorang jurnalis mewajibkan anda menjadi seorang memiliki wawasan luas. Kamu gak pengen kan terlihat di hadapan narasumber yang tentunya memiliki latar belakang berbeda beda. Menjadi terbuka anda diwajibkan memiliki pemikiran yang obyektif ketika menilai sebuah berita.

2. Banyak Menulis

Menjadi jurnalis mewajibkan anda banyak banyak menulis atau mengetik, entah itu artikel, berita feature. Belajarlah menulis apapun jangan terpaku hanya dengan satu topik, karena anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi dilapangan.

3. Perluas Kosakata

Hal ini berhubungan dengan wawasan yang luas tadi, Kosakata tiap narasumber pastinya berbeda seperti ketika anda mewancarai seorang dokter maka bahasa bahasa kedokteran yang asing pastinya sering terlontar. Berbeda lagi ketika anda mewawancarai seorang montir kosakata tentang mesin lah yang akan keluar.

4. Pandai berkomunikasi

Ini merupakan syarat wajib pula bagi para jurnalis, karena anda dituntut menghadapi orang yang berbeda setiap kali, pandai bicara dan terampil serta mammpu menyampaikan informasi dengan baik itu sebuah keharusan.

5. Kritis

Menulis Berita Bojonegoro, dan kebetulan anda juga adalah orang Bojonegoro, anda tidak diperblehkan memberikan keberpihakan, anda harus kritis dan obyektif ketika memberikan informasi kepada Masyarakat. Jagnan ada nepotisme di antara kita.

6. Memahami dan taat dengan kode etik jurnalis

Jurnalis memiliki peraturan - peraturan serta kode etik sendiri, biasa disebut kode etik jurnalistik. Nah salah satu hal yang paling disoroti dari wartawan adalah seringnya menerima amplop atau dana pelicin. hal tersebut telah melanggar kode etik jurnalistik.

7. Akurat dan cepat

Di era Online ini kita diwajibkan kerja cepat dan akurat kalau tidak ingin tersaingi dengan media lain. ihat saja bagaimana cepatnya media online Bojonegoro bersaing menghadirkan berita terhangat. Maka kecepatan menulis, keakuratan sangatlah dibutuhkan, dansemua ini akan terasah oleh waktu.

8. Banyak Bertanya

JIka anada merupakan jurnalis baru, maka tak ada salahnya belajar dari jurnalis lainnya yang memiliki pengalaman lebih banyak dibandingkan anda. Nah jurnalis berpengalaman ini nih biasanya memiliki jaringan yangluas pula, so sambil menyelam minum air kan.

Memang menjadi jurnalis dibuthkan otak yang encer terbuka dan kritis. Jangan hanya modal ngomong doank udah berani jadi jurnalis. Di era digital ini ada pula yang namanya Jurnalistik Photography atau kerap dikenal dengan Photojournalis .

APa Sih pengertian Photojournalism Merupakan salah satu cara penceritaan dengan menggunakan media gambar atau foto. Jadi anda sebagai photografer harus memiliki feel ketika menjepret atau mengambil gambar, sehingga gambar yang anda ambil sudah bias menceritakan apa yang sedang terjadi, peristiwa apa yang sedang terjadi.


Tehnik pengambilan gambar pada photojournalism sendiri tak boleh dibuat - buat, anda tidak diperbolehkan mengatur gaya obyek, so its pure. Nah itu tadi sedikit gambaran apa sih pngertian dari Photojournalism. Semoga artikel ini banyak membantu anda ntuk menjadi jurnalis yang cerda, kritis serta obyektif.
Buka Komentar