5 Pertanyaan interview kerja Fresh Graduate dan jawabannya untuk SMA dan S1

5 Pertanyaan interview kerja Fresh Graduate dan jawabannya untuk SMA dan S1

5 Pertanyaan interview kerja Fresh Graduate dan jawabannya untuk SMA dan S1

Saat lulus sekolah SMU, SMK, D3 ataupun S1 yang belum memiliki pengalaman kerja pasti merasa binggung saat menghadapi Interview dengan HRD. Disini blog mastimon.com akan mencoba mengulas beberapa pertanyaan dasar yang biasa di ajukan oleh Tim Recruitment Perusahaan. Jawabannya juga saya berikan supaya anda menjawab dengan benar.

Fresh Graduate atau seseorang yang baru lulus sekolah dengan yang sudah memiliki Pengalaman Kerja pasti pertanyaannya berbeda. Anda akan diberikan pertanyaan dasar yang menjebak dan memancing kemampuan anda berfikir apakah memiliki kemauan kerja yang kuat atau tidak. Seseorang yang belum pernah bekerja pasti di tes untuk tingkat kejujuran dan kerajinan.

Untuk tingkat kemampuan juga menjadi hal yang penting jadi anda bisa melampirkan beberapa Sertifikat Kursus atau Skill tertentu dalam sebuah organisasi saat di sekolah. Saat dilakukan wawancara jangan sok pintar dengan menjawab sesuatu yang tidak di tanyakan oleh pihak HRD. Jawab semua pertanyaan dengan Singkat dan memiliki alasan yang jelas.

Baca Juga : Contoh surat Lamaran Kerja terbaru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

Kebanyakan orang saat di Interview terlalu banyak menceritakan kepribadiannya sehingga lupa dengan pertanyaan yang sebenarnya. Fokus terhadap pertanyaan yang di ajukan. Jangan mencoba melenceng atau bercerita, cuhat tentang kehidupan pribadi. Berikut ini beberapa pertanyaan buat anda yang baru pertama kali melakukan Interview di Perusahaan.

5 Pertanyaan interview kerja Fresh Graduate dan jawabannya untuk SMA dan S1

1. Coba perkenalkan diri anda dan berikan informasi tentang kemampuan anda ?

Nama Saya : Timon Adiyoso, Usia 34 Tahun, Lulusan D3 Manajeman Informatika. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik, bisa mengoperasikan Komputer terutama Ms Office. Saya memiliki kemauan untuk maju dalam Karier dan dapat memberikan yang terbaik buat Perusahaan.

2. Dapat info dari mana Lowongan Kerja di Tempat ini ?

Saya mendapatkan info dari Seorang Teman yang bekerja di Perusahaan ini yaitu Ibu Riana. Saya kenal beliau sudah lama dan sudah seperti keluarga.

3. Apa yang anda ketahui tentang Perusahaan kami dan mengapa anda tertarik untuk bekerja disini ?

PT. Kalimantan Prima Persada adalah sebuah Perusahaan Kontraktor Batu Bara dimana merupakan anak Perusahaan dari PT.PAMA yang sudah memiliki Nama merupakan salah satu Perusahaan besar. Saya tertarik bergabung disini karena inggin mendapatkan Penghasilan buat Orang Tua dan kebutuhan kehidupan saya. Selain itu saya merasa tertarik karena Perusahaan ini memiliki Kedisiplinan yang baik dan saya dapat mengembangkan Potensi saya dalam bekerja.

4. Apa yang bisa anda lakukan untuk Kemajuan Perusahaan kami ?

Saya akan berusaha keras dalam bekerja terutama Kedisiplinan dan mengikuti Peraturan Perusahaan yang sudah di tetapkan. Saya akan mengeluarkan seluruh Kemampuan saya dalam bekerja agar Perusahaan ini semakin maju. Semua pengalaman yang saya dapatkan di sekolah akan saya coba kembangkan di Perusahaan ini.

5. Jika kami terima, berapa Gaji yang anda ingginkan ?

Sesuai UU Ketenagakerjaan yang berlaku dan sesuai dengan Ketetapan Perusahaan.

Pertanyaan di atas adalah sangat dasar dan pasti dipertanyaan oleh Seorang HRD. Saat melakukan Interview ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan yaitu Matihan Handphone supaya anda bisa Fokus. Datang lebih awal supaya anda dilihat orangnya Disiplin. Jawab pertanyaan dengan tegas dan jangan bertele tele.

Saat menjawab pertanyaan usahan pandangan anda jangan kemana mana. Tatap orang yang mengajukan pertanyaan kepada anda supaya mereka menilai bahwa anda orangnya Fokus dalam melakukan sesuatu. Jangan ragu ragu saat menjawab pertanyaan dan yang paling penting jangan pernah berbohong saat wawancara.

Lihat Juga : CV (Curriculum Vitae) terbaru 2018 Gratis format Word (DOC) dan PDF

Jarang sekali saat wawancara menanyakan Tempat Tinggal, Keluarga ataupun kehidupan lainnya. Terlebih lagi yang dilakukan Interview orangnya banyak. Cukup dengan lima pertanyaan di atas maka HRD sudah dapat menilai bahwa anda memiliki kemampuan dan kemauan Kerja yang kuat. Pahami dan ikuti contoh jawaban yang saya buat di atas.

Beberapa pertanyaan dan jawaban saat Interview di atas sering saya gunakan saat saya melakukan Recruitment. Dulu saya pernah menjabat sebagai Foreman, Supervisor bahkan Superintendent (Kepala HRD) di sebuah Perusahaan. Jika anda menjawab lepas dari yang saya berikan contoh di atas maka kemungkinan pihak HRD tidak akan melirik anda.

Itulah beberapa Pertanyaan dan jawaban Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate untuk level SMA, SMU, SMK, D1, D2, D3, S1, S2. Jika anda inggin mengetahui lebih banyak informasi tentang Ketenagakerjaan bisa berkunjung ke situs inspirilo.com. terimakasih sudah berkunjung dan semoga informasi ini bermanfaat.
Buka Komentar