Cara setting MIxer Sound yang benar dan mudah

Cara setting MIxer Sound yang benar dan mudah

Cara setting MIxer Sound yang benar dan mudah

Mixer adalah alat untuk mengatur suara sound dari suara vokal sampai dengan semua peralatan musik band. Pertamakali mengenal alat ini saya melihatnya di Gereja saat menjadi operator Infocus (Layar Proyektor). Karena personilnya terbatas maka saya harus merangkap mengatur suara sound yang keluar supaya tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Pengaturan settingan Mixer sebenarnya cukup mudah jika kita mengenal beberapa komponen yang ada pada mixer tersebut. Setiap jenis dan typenya berbeda beda jadi jangan kaget jika bertemu Mixer dengan tampilan yang bermacam macam. Yang lebih canggih lagi saat ini sudah bisa menggunakan perangkat Komputer, HP atau Ipad saja dalam mengatur suara sound.

Disini saya mencoba membantu memberikan informasi tentang Cara setting Mixer Sound untuk menghasilkan suara yang baik. Sebelum melakukannya anda harus mengenal setiap komponen yang ada. Jika anda sudah mengetahui apa saja fungsinya maka dengan mudah anda bisa mengatur sendiri suara yang keluar supaya terdengan natural atau alami.

Selain suara dari vokal dan alat musik Mixer Sound-Mixing console juga menerima suara dari microfon, CD player, tape deck, atau DAT. Dengan begitu anda bisa mengatur suara yang keluar dengan mudah. Tombol yang ada di papan Mixer cukup banyak jadi jangan coba coba mengaturnya jika tidak mengenal itu fungsinya untuk apa.

Cara setting MIxer Sound yang benar dan mudah

1. Input Channel Jack

Posisinya ada di paling atas mixer untuk input dari Microphone ataupun alat musik. Untuk peralatan seperti Keyboard pada jalur ini harus mengecilkan Gain Sensitive yaitu minimal di angka 0 dB Meter. Pada input Chanel ini terdapat dua jenis yaitu Jack XLR Female dan Jack Phone TRS yang memiliki fungsi yang sama.

2. Tombol LOW Cut Switch

Ini adalah merupakan saklar On/Off untuk memangkas Nada Rendah atau biasa disebut HPF : High Pass Filter. Tombol ini berfungsi untuk menekan adanya suara dari hembusan anggin ataupun dari hembusan mulut seorang vokal di microfon. Saran saya tidak usah menghidupkan saklar ini pada pada saluran musik yang dicolok.

3. Tombol Gain Sensitive (Gain Sens)

Fungsi dari tombol ini untuk membantu menguatkan kepekaan input source. Untuk memperbesarnya cukup memutarnya ke arah kanan dan sebaliknya untuk mengecilkan. Dengan begitu Gain Sens akan memberikan ruang penguatan yang cukup luas pada tingkat depan Pre Amp Mixer. Untuk VCD Player usahakan menyetel Gain Sensitive di bawah 0 dBu untuk menghindari overload level.

4. Tombol EQ High, Tombol EQ Middle, Tombol Middle Freq, Tombol EQ Low

Silahkan atur besar kecilnya untuk setiap tombol ini karena untuk vokal terkadang berbeda beda pengaturannya. Kepekaan telinga untuk mendengar sangat dibutuhkan supaya dapat mengatur suaranya dengan baik. Untuk suara vokal Pria dan Wanita sangat berbeda jadi usahakan suara keluar sama seperti aslinya.

5. Tombol Channel Level Control (Volume Cannel)

Berfungsi untuk membesarkan dan mengecilkan audio level pada channel. Tombol pada mixer console profesional biasanya berbentuk volume geser (slider) yang di dalamnya menggunakan komponen elektronik berupa potensiometer geser (variable resistor geser). Gunakan tombol ini jika suara terlalu besar atau kecil dengan mengesernya yaitu naik dan turunkan.

6. Tombol Main Master Level Control

Pada tombol Master ini berfungsi untuk membesarkan atau mengecilkan Volume secara keseluruhan. Ada dua tombol volume untuk posisi salon sebelah kiri dan sebelah kanan jadi usahakan kedua tombol ini berimbang saat mengeluarkan suara. Cara yang tepat supaya imbang adalah anda mendengarkannya di tenggah dan jauh kedepan supaya suara dapat terdengan secara keseluruhan.

Nah itulah sedikit Informasi tentang Cara setting Mixer Sound yang benar dan mudah. Tutorial ini cukup singkat karena ini adalah tehnik dasar dan bukan profesional. Banyak sekali tombol lainnya yang belum saya jelaskan karena sampai saat ini hanya beberapa tombol di atas yang saya pahami. Selain mengenal Mixer anda juga harus memperhatikan kondisi kabel dan sound yang digunakan.

Penulis : SOLDERKU
Buka Komentar