10 Cara agar akun Medsos (Media Sosial) tetap selalu Aman

10 Cara agar akun Medsos (Media Sosial) tetap selalu Aman

10 Cara agar akun Medsos (Media Sosial) tetap selalu Aman

Keamanan dalam profil akun di dunia maya memang menjadi prioritas agar orang lain tidak bisa menebak bahkan menggunakan profil akun yang kita miliki. jadi kali ini yuk kita bahas apa yang harus dipersiapkan agar akun kita di dunia maya tetap aman dan damai tanpa ada seseorang yang berusaha membuka dan menggunakannya.

Media sosial yang kita gunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter, BBM, Whatsapp, Google+ dan Line. Banyak sekali pencurian akun pada masa ini maka anda wajib mengikuti tips dan trik dibawah ini suapaya akun anda tetap aman. Pengambilalihan akun medsos dapat berakibat fatal karena dapat disalahgunakan seperti Penipuan.

10 Cara agar akun Medsos (Media Sosial) tetap selalu Aman

1. Usahakanlah gunakan password dan username yang menurut anda unik sampai sampai orang lain tidak akan pernah menyadari bahwa itu adalah password anda. saya juga sering menggunakan sebuah kalimat untuk sebuah password akun bahkan saya juga sering menggunakan besar dan kecilnya huruf seperti : AkuSeseorangYangTidakAkanMenyerah . Mungkin terlihat ribet tetapi keribetan inilah yang membuat password kita susah ditebak oleh para penjahat cyber.

2. Masukan Password dengan cara copypaste bukan mengetiknya langsung. Jika anda adalah orang yang sering mengunjungi warnet atau internet publik maka sebaiknya anda mempersiapkan dulu passwordnya pada sebuah flashdisk lalu copypaste ketika ingin login di warnet. Tindakan ini mencegah metode para penjahat cyber yang bernama keylogger (lebih mudahnya keylogger ini adalah suatu trik yang bisa membuat history jari kita di keyboard)

3. Jangan lupa untuk selalu menghapus cache atau history browser setelah anda menggunakannya,karena biasanya di cache browser itu sering tersimpan password nya,jadi jangan lupa untuk menghapus history browser dan cache browser yaa !

4. Jangan Mudah percaya dengan iming iming yang ada di internet. misalkan "Bom like dan comment,caranya tinggal masukan email dan password kalian di link ini" hati hati dengan yang seperti itu karena itu metode para penjahat cyber juga yang sering disebut "phising" cara kerjanya sii jika kalian memasukan email dan password yang ada di link itu maka email dan password kalian akan terkirim ke pelaku penjahatan cyber yang membuat link itu.

5. Ketika Anda sedang berada di warnet/internet publik jangan sampai orang lain melihat anda ketika memasukkan password yang anda gunakan untuk login ke akun anda,jadi sebisa bisa tutupin keyboard nya ketika anda memasukkan password akun anda.

6. Jika anda memiliki akun sosial media (dunia maya) lebih dari satu,maka diusahakan password satu akun dengan yang lainnya berbeda dan jangan lupa mengikuti aturan nomor 1 yang saya berikan untuk mencegah adanya penjahat cyber yang mencoba untuk memasuki akun anda.

7. Jika anda menggunakan wifi-id atau koneksi yang berada di area terbuka,lalu tiba tiba muncul pop-up menyuruh anda memasukkan email dan password kembali maka jangan anda masukkan karena itu juga salah satu metode yang biasean oleh para penjahat cyber.

8. jangan lupa untuk menyimpan password anda,bisa di aplikasi notes atau bahkan dibuku asli dan jangan lupa juga untuk menyimpan tanggal ketika anda membuat akun itu,karena pada saat akun anda dimasuki penjahat cyber,anda masih bisa mengganti passwordnya dengan cara memasukkan tanggal lahir pembuatan akun anda.

9. Berhati hatilah ketika anda akan memperjual belikan akun anda,ketika anda ingin memperjualbelikan akun anda,anda harus menggunakan pihak ketiga (rekening bersama) agar mencegah terjadinya penipuan.

10. Dan yang sangat penting,jangan memberikan email atau password anda kepada orang lain untuk alasan apapun. Pokonya jangan pernah berikan,entah itu kepada sahabat atau bahkan orang asing yang gak jelas tiba tiba minta password anda. Anda berhak melindungi akun dunia maya anda sendiri dan resikonya pun anda tanggung sendiri.

Itulah 10 cara akun Media Sosial supaya tetap aman yang bisa saya bagikan buat anda sekalian. Saya pikir jika anda bener bener melakukan 10 cara di atas maka dapat dipastikan akun anda akan tetap aman.

Penulis : ROBI-KUN
Buka Komentar